5 Tips Jitu dan Sederhana Untuk Bernegoisasi Bisnis

Segala sesuatu ada ilmunya. Termasuk ilmu bagaimana bernegoisasi dengan baik. Lobbying atau negosiasi sangat penting untuk setiap orang, apalagi seorang entrepreneur. Banyak yang kesulitan melakukan negosiasi bisnis. Berikut kita bahas trik sederhana untuk bernegosiasi:

Lakukan Persiapkan Dengan baik

Agar negosiasi berjalan lancar, siapkan diri anda, siapkan data dan siapkan materi yang akan anda sampaikan dengan baik. Ada baiknya lakukan latihan bersama tim sebelum melakukan negosiasi. Persiapan yang baik akan membangkitkan rasa percaya diri sehingga setiap kata-kata anda akan meyakinkan.

To The Point, dan Yakin!

Jangan terlalu banyak berbasa-basi. Sampaikan dengan jelas keinginan anda. Point per point. Tunjukkan jika anda sangat yakin dan percaya diri dengan apa yang anda katakan dan apa yang anda inginkan. Jika anda yakin, maka tidak sulit untuk meyakinkan orang lain. Sebaliknya jika anda ragu dan tidak bisa menyakinkan diri anda sendiri, bagaimana mungkin orang lain bisa anda yakinkan?

teknik sederhana bernegoisasi

teknik sederhana bernegoisasi

Jadilah Pendengar Yang Baik.

Kesalahan yang sering dilakukan seorang negosiator adalah ‘memotong’ pembicaraan orang lain. Jangan lakukan itu, sabarlah mendengar lawan bicara anda, dengarkan dengan tulus dan seksama perkataan lawan bicara anda hingga selesai dan ucapkan terimakasih setelahnya. Nah, setelah lawan bicara anda selesai, barulah anda coba memberikan ide-ide anda.

Kendalikan Diri dan Emosi Anda

Apapaun keadaan yang terjadi dalam bernegosiasi, kontrollah emosi anda. Tetap tenang. Tahan diri dan bersabarlah. Jangan terlalu gembira atau terlalu emosional. Karena sesuatu yang diputuskan saat emosional kelak akan anda sesali. Makin emosional anda, makin terlihatlah kebodohan, karena emosi dan logika benbanding terbalik. Makin emosi, maka makin hilang logika sehat seseorang.

Hormati Lawan Bicara Anda

Posisikan diri anda menjadi orang yang lebih bodoh dari lawan bicara anda, sehingga anda begitu menghargai lawan bicara anda. Hilangkan sifat superior anda sementara. Hormatilah lawan bicara anda, dan anggap dia sangat penting untuk anda. Ini akan membuat suasana jadi cair dan hangat. Jangan SOMBONG. Karena tidak ada orang yang suka bekerjasama dengan orang angkuh.

Itulah beberapa tips sederhana dalam bernegosiasi, semoga ada manfaatnya. Dan selamat bernegosiasi!