7 Cara Mudah Menggaet Konsumen Wanita

Wanita terutama yang sudah menikah dan masih muda atau yang lebih dikenal dengan istilah ‘mahmud’ (mamah muda), adalah target market yang sangat menggiurkan bagi pedagang online maupun offline. Lihat saja, ribuan produk menyasar segmen ini.

Mengapa pasar ‘mahmud‘ sangat bagus? Ya jelaslah. Di usia muda, biasanya mereka mapan dan menjadi pengambil keputusan pengeluaran uang keluarga. Suaminya yang mencari duit, tapi keputusam pengeluaran lebih banyak pada istri-istri usia muda ini. Plus, tidak sedikit pula jumlahnya ‘mahmud’ yang juga berpenghasilan sendiri.

Bagaimana cara menggaet konsumen wanita di industri eCommerce?
Inilah 7 tips merangkul segmen wanita

1. Berikan Informasi Produk Sejelas Mungkin

Melihat dari perilaku konsumen wanita dalam dunia ecommerce, 67% wanita cenderung sering sekali untuk melihat spesifikasi produk. Wanita memiliki perilaku yang detail untuk mengetahui banyak hal yang mereka inginkan, bahkan semua hal. Karena itu spesifikasi produk yang detail menjadi sangat penting bagi wanita.

Biasanya setelah melihat spesifikasi produk, wanita akan cenderung mencari review dari produk yang mereka inginkan. Biasanya dari riview tersebut dapat menarik minat lebih dari konsumen wanita yang ingin membeli produk Anda. Jadi ulasan juga menjadi aspek penting untuk bisnis Anda.

2. Buatlah Konten Audio Visual yang Menarik

Ada beberapa fakta menarik dari konsumen wanita, kebanyakan wanita akan mencari informasi produk yang mereka inginkan dalam bentuk gambar bergerak (video). Dengan video tersebut biasanya mereka akan mendapatkan informasi lengkap selain penjelasan detail dari informasi tertulis yang mereka dapatkan.

Konten audio visual yang di buat dengan apik akan membuat kamu hawa semakin tertarik untuk mencoba produk Anda. Bahkan bisa jadi membuat Anda kebanjiran orderan.

Pasar Ibu-ibu muda atau mamah muda alias mahmud, memang sangat menggiurkan

Pasar Ibu-ibu muda atau mamah muda alias mahmud, memang sangat menggiurkan

3. Berikan Beberapa Pilihan Produk

Hal lain yang dapat menarik konsumen wanita selain hal diatas adalah pilihan produk yang beragam. Menurut survei membuktikan sebanyak 65% wanita cenderung berbelanja produk dengan pilihan merek yang menjadi favorit mereka.

Jadi jika sebuah toko online yang menyediakan beragam produk dan tentunya lengkap, maka akan semakin besar peluangnya untuk menarik perhatian para konsumen wanita. Jadi jangan hanya menyediakan satu produk saja, karena wanita itu sedikit agak sulit dimengerti, lebih baik banyak produk.

4. Kualitas dan Keaslian Produk

Dalam poin ini kualitas dan keaslian produk menjadi sarat mutlak untuk mendapatkan perhatian para konsumen wanita. Seperti sertifikasi produk dan kerjasama langsung dengan pemilik brand produk tersebut. Karena dengan seperti itu dapat meningkatkan kepercayaan mereka.

Wanita itu adalah salah satu konsumen yang sangat detail dan sensitif sekali. Jika mereka kecewa, mereka tidak akan kembali. Maka ada baiknya Anda harus benar-benar memperhatikan poin ini.

5. Utamakan Kenyamanan Konsumen

Selain poin di atas Anda juga harus benar-benar memperhatikan kenyamanan mereka. Di industri ecommerce ada 3 faktor yang mendukung kenyamanan dalam berbelanja online:

  1. •Pertama adalah kemudahan dalam penggunaan platform ecommerce yang Anda gnakan, jangan sampai konsumen bingung dengan platform Anda.
  2. Kedua adalah tersedianya platform mobile untuk mempermudah mereka melakukan transaksi tanpa harus membuka pc.
  3. Ketiga adalah seberapa cepatnya pemesanan produk yang mereka pesan itu diterima.

6. Berikan Banyak Surprise atau Diskon

Untuk poin ini rasanya bukan hanya menarik konsumen wanita saja, tapi semua konsumen akan tertarik dengan kejutan dan diskon. Tidak ada salahnya mengadakan program diskon bagi konsumen setia Anda, tentunya dengan beberapa ketentuan. Program semacam ini dapat mempertahankan konsumen setia bahkan dapat menarik konsumen baru untuk membeli produk Anda.

7. Keamanan Dalam Bertransaksi

Setelah hal-hal diatas terwujud, kita juga harus memikirkan keamanan. Keamanan menjadi faktor sangat penting karena dalam industri eCommerce sering sekali terjadi kejahatan, mulai dari penipuan, barang yang tidak sesuai, sampai dengan jaminan keutuhan barang. Anda harus benar-benar bisa memberikan kemanan untuk mereka, jangan sampai mereka kecewa.

One Comment

Mesin Es Krim

konsumen wanita biasanya lebih gampang di gaet, yang susah itu pria karena rasa cuek akan product knowledge nya emg dah rendah. mkny pria gk suka belanja..kwkwkwkkw

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *