7 Hal Penting yang Harus Diketahui Seorang Entrepreneur

Jiwa entrepreneurship itu tidak tercipta secara alami. Tidak ada kode genetik DNA tertentu yang membuat seorang itu jadi CEO atau Bisnis Owner. Kita semua lahir sama, bersih, seperti kertas putih. lalu, pendidikan, pergaulan, pengalaman anda lah yang membentuk anda seperti sekarang ini. Oups, hampir lupa, yang terpenting dari semua faktor pembentuk pribadi adalah PERILAKU. Ya, pilihan perilaku yang anda ambil adalah faktor paling menentukan masa depan anda sekalian.

Entrepreneur itu bukan sekedar bakat

Entrepreneur itu bukan sekedar bakat

Artinya,
Apapun pendidikan anda, bagaimanapun hebatnya pengalaman anda, itu tidak menjadi apapun, jika anda tidak bisa memanfaatkannya dengan baik. Memanfaatkan dengan baik itu artinya melakukan pilihan-pilihan tindakan yang benar dan baik. Atau, dalam bahasa sederhananya, pisau tajam itu bisa berguna atau membahayakan adalah tergantung anda gunakan untuk apa.

Sungguh, tidak ada blue-print sukses itu. Tidak ada jalan yang pasti untuk menjadi sukses. Namun, pola umumnya ada, dan sangat mudah untuk diikuti, asal mau!

Berikut ini ada 7 hal sederhana yang harus anda ketahui untuk bisa berhasil di dunia ini baik sebagai pribadi apalagi sebagai seorang entrepreneur:

1. Serius 

Untuk suskse anda harus serius melakukan hal-hal menyenangkan dalam mencapai tujuan anda. Camkan baik-baik bahwa sukses itu bukan hasil sebuah keisengan, tidak ada pil ajaib yang akan membantu Anda mencapai hal-hal besar tanpa bekerja dengan baik. Ya, kerjakan dengan baik dan sepenuh hati. Bahkan jika ada yang bercerita bahwa dia sukses karena hasil keisengannya, saya bisa pastikan bahwa dia sangat serius mengerjakan hal “iseng”nya tersebut!

2. Fokus

Aturan pertama dari sebuah startup bisnis adalah untuk fokus .
Pertama, Anda fokus membuat sebuah konsep/ide terobosan yang tidak biasa.
Kedua, fokuslah untuk perform ide tersebut. Fokuslah untuk menemukan bagimana caranya men-demontrasikan ide-ide anda pada khalayak calon konsumen anda.
Ketiga,  Anda juga harus fokus pada bagaimana caranya mendistribusikan hasil kerja anda pada pelanggan, baik itu barang dan jasa. Ya pikirkan bagaimana menggaet calon pelanggan menjadi pembeli barang/jasa yang anda punya.
Keempat, Setelah mendapatkan pelanggan, berikutnya Anda harus juga fokus pada peningkatan level bisnis anda. Berpikirlah liar tentang cara meleverage bisnis anda setiap saat.
Jika tidak bisa fokus pada bisnis anda dan tujuan awal anda membuka bisnis, tidak bisa menghilangkan gangguan kanan kiri pada fokus anda, sebaiknya mundur saja, tidak usah diteruskan jadi entrepreneur!
Serius ini…..

3. Kenali Diri Sendiri

Kenali apa kelemahan dan kelebihan anda. Fokuslah untuk mempertajam kelebihan, jangan fokus pada memperbaiki kelemahan. Jika itu bisa dilakukan, maka saya pikir, mudah bagi anda untuk segera sukses besar dalam waktu yang tidak terlalu lama.

4. Bagaimana mempengaruhi orang lain

Seorang entrepreneur sukses itu sangat bergairah dalam mengerjakan tugasnya. Passion! Ya hanya dengan passion, saya dan anda bisa dengan mudah menularkan semangat kepada orang lain. Seorang entrepreneur adalah pemimpin dari berbagai macam tipe sifat manusia. Dia mampu memanajemen seorang extrovert dan introvert sekaligus. Pengaruhilah orang lain dengan tindakan yang bersemangat dan penuh passion.

5. Pelajarilah Cara Kerja bisnis

Pengusaha sukses itu tidak dilahirkan dengan pengetahuan yang lengkap mengenai cara kerja bisnis. Tapi mereka belajar semua hal tentang bisnis, seperti soal permodalan, akuntansi, penjualan, marketing, psikologi pelanggan, hingga ilmu negoisasi. Tidak perlu ahli dan pintar juga disemua bisdang bisnis itu, seorang entrepreneur cukup tahu saja, karena kerja bisa didelegasikan. Tapi INGAT: Anda mungkin bisa mendelegasikan sebagian, tetapi Anda masih harus memahaminya terlebih dahulu .

6. Menunda Kesenangan

Sering saya melihat pengusaha muda yang sepertinya sukses. Biasanya, mereka akan menjadi lebih konsumtif, menaikkan gaya hidup. Inilah perilaku yang mengakibatkan ke-jatuh-an banyak orang. Tundalah kesenangan sementara. Hiduplah sewajarnya. Beberapa pengusaha besar yang saya kenal justru hidup dengan sangat bersahaja, padahal mereka sangat kaya.
Perhatikan, hampir semua orang suka melihat orang kaya yang hidup sederhana, tapi anehnya banyak orang tak mau hidup sederhana padahal dia belum kaya.

7. Tidak ada bisnis tanpa resiko

Seorang entrepreneur itu adalah seorang pengambil resiko. jangan bilang anda seorang pengusaha jika hanya mencari jalan ‘aman’ terus-menerus, karena saya sangat yakin TIDAK ADA Jalan yang benar-benar AMAN dari resiko di dunia bisnis. Ya, TIDAK ADA! Setiap keputusan pasti ada resikonya.