9 Peluang Usaha dan Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Banyak yang nanya, bisnis apa yang cocok buat saya, seorang ibu rumah tangga?

Saya jawab, sebenernya apa aja bisa kok dilakukan oleh ibu rumah tangga. Asal dilakukan serius, sesuai passion, maka kemungkinan suksesnya juga akan bertambah besar.

Ibu rumah tangga mempunya keterbatasan “waktu” antara mengurus kariernya sebagai ibu dan pekerjaan/bisnis yang akan dilakukan. Tapi, dari pengalaman, tidak sedikit ibu rumah tangga yang sukses dengan bisnis rumahan-nya yang dilakukan sambil melaksanakan kewajiban sebagai ibu rumah tangga.

Jadi, artinya bahwa menjadi ibu rumah tangga yang sukses tidak menghalangi seorang untuk juga sukses dalam bisnisnya.

Oke, kita coba listing beberapa ide bisnis yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga:

1. Usaha Laundry

Membuka usaha laundry bahkan dapat dilakukan hanya bermodal 1 buah mesin cuci, pengering dan seorang karyawan. Seperti kita ketahui, saat ini masyarakat dengan gerakan yang sangat cepat sangat membutuhkan laundry. Manfaatkan brosur dan nomor telepon, BlacBerry dan teknologi informasi yang bisa membantu mengenalkan bisnis loundry anda. Usahakan, berbeda dengan loundry lain seperti misalnya: PAKAIAN TIDAK DICAMPUR dengan milik orang lain, mencuci menggunakan air  hangat, dsb. Usaha ini bagus dibuka di daerah dekat sekolahan, kampus dan dekat dengan perumahan karyawan pabrik.

2.Menjahit Pakaian

Menjahit pakaian membutuhkan skill tersendiri. Anda yang gemar menjahit, tentu dengan mudah melakukan bisnis ini. Namun bagi yang tidak bisa menjahitpun tetap bisa membuka bisnis ini. Rekrutlah karyawan yang pintar menjahit, dan bayar sesuai order yang datang. Anda harus kreatif dalam pemasaran, buatlah strategi marketing yang cukup efektif, sebarkan brosur ke setiap perumahan, toko kelontong, iklan baris koran, dan tempat strategis lainnya, dan andapun juga bisa sediakan servis jemput bola, yaitu bagi siapa saaja yang ingin membuat pakaian, anda bisa datang kesana dan mengukur ditempat konsumen diskusi disana dan deal disana juga.

3. Mengelola Kursus Jahit

Masih berhubungan dengan bidang usaha diatas. Mengelola kursus menjahit merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan juga lho. Memang disini anda dituntut untuk bisa menjahit juga, namun jika tidak andapun bisa menerapkan metode diatas. Merekrut ahli jahit untuk bisa memberikan pelatihan di tempat anda dengan metode privat/personal supaya lebih efektif sehingga murid pun akan senang belajar. Disini anda perlu modal mesin jahit minimal 5 – 10 buah mesin jahit supaya bisa menerima banyak siswa sekaligus. Anda bisa kerjasama bagus hasil dengan pemberi materi kursus jahit. Dan untuk bagi hasil silahkan anda tentukan sendiri atau anda bisa gaji dia bulanan, monggo silahkan.

4. Bisnis Katering

Nah untuk bisnis kuliner yang satu ini memang seakan tidak ada habisnya. Anda bisa terjun ke bisnis katering jika anda bisa atau hobi memasak berbagai macam menu masakan. Saya rasa ini merupakan ide bisnis yang cocok juga untuk ibu rumah tangga karena kebanyakan dari beliau-beliau ini memang ahli di bidang ini walau tidak semua. Yang perlu diperhatikan dibisnis ini adalah anda harus memberikan layanan menu yang beragam, dan juga bisa memberikan servis antar jemput katering ke konsumen (ini untuk personal atau rumah tangga) sehingga konsumen serasa diberikan servis personal. Jika skala bisnis anda lebih besar, anda seharusnya berani juga membuka katering untuk acara-acara ulang tahun, pernikahan, dan sejenisnya. Mulailah dari yang kecil dan jika anda tetap semangat dan kreatif insyaAllah bisa menjadi yang lebih besar lagi suatu saat nanti.

5. Usaha Mengelola Butik

Sebuah kesempatan usaha yang berkaitan dengan pakaian saya rasa juga banyak digemari oleh banyak kalangan masyarakat. Apalagi jika anda membuat lebih eklusif dan khusus seperti butik, bisa butik busana muslim, butik batik dan sejenisnya. Memang diperlukan modal tempat disini, namun bagi ibu rumah tangga yang memiliki space kosong dirumahnya, bisa juga lho dimanfaatkan untuk buka usaha ini. Kunci dari butik ini adalah strategi marketing yang bagus dan kreatif. Anda harus rajin berpromosi entah itu lokal maupun online. Tentukan usia market konsumen, saya rasa usia muda menjadi target yang cukup bagus mengingat dunia fashion bagi kaum muda terus berkembang danup to date. Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan konveksi atau perajin batik/busana wanita untuk mensuplai kebutuhan butik anda nantinya. Intinya ini salah satu peluang usaha yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga disela-sela kegiatan rutinitas harian mereka.

sabun cair goats milk Aneila

6. Bisnis Produsen Kue

Jenis ide peluang bisnis yang satu ini tentunya diminati juga dong buat anda ibu rumah tangga. Hobi memasak atau membikin berbagai jenis kue memang asik ya. Selain menyenangkan, membuat kue bisa dibisniskan juga. Sangat terbuka lebar pasar kue ini, dan jika anda bisa kreatif dan cerdik dalam marketing insyaAllah anda bisa mengisi pasar bisnis kue yang ada di masyarakat. Anda bisa memulainya dengan membuat berbagai macam resep kui, sudah banyak buku resep yang dijual umum, atau anda juga bisa ikut kursus singkat membuat kue. Intinya banyak cara jika kita ingin memanfaatkan ide bisnis menjadi produsen kue ini. Marketing yang bagus, sebarkan banyak brosur ke area perumahan, iklan baris di koran, dan kerjasama dengan beberapa swalayan untuk menitipkan kue buatan anda menjadi beberapa opsi strategi marketing yang bisa diambil. Saya yakin insyaAllah pasar bisnis kue ini masih sangat diminati dan akan terus berkembang nantinya.

7. Berjualan Busana Muslimah Online

Masih berkutat di dunia fahsion. Anda bisa berjualan jenis pakaian yang satu ini yaitu busana muslim. Selain anda memiliki butik (perlu modal tempat dan stock barang) jika ingin jualan dengan minim modal, jualah secara online. Kerjasama dengan produsen atau toko busana musim dengan harga kulakan diskon lalu bisa anda naikan berapa persen setiap item yang anda jual. Sedikit informasi dari teman saya yang juga berbisnis online jualan busana muslim, sebagai contoh dia kulakan pakaian satu pasang dengan harga Rp.130.000 dan dijual Online di harga Rp.200.000 diskon 10% belum termasuk ongkos kirim. Dia tidak usah stok barang, begitu ada orderan langsung pesan ke produsen yang sudah diajak kerjasama sebelumnya. Ini salah satu peluang bisnis yang mudah dilakukan dan kreatifitaslah yang diperlukan untuk membuat bisnis usaha ini bisa berkembang lebih luas lagi. Aktiflah di sosial media facebook, twitter dan sejenisnya, iklankan produk anda di web dan forum jual beli seperti kaskus, tokobagus, indonetwork, berniaga dan beberapa situs jual beli online lainnya untuk menunjang marketing anda. Respin setiap pertanyaan konsumen dengan cepat dan baik akan sangat membantu meningkakan brand anda dalam berjualan.

8. Broker Online

Untuk jenis peluang usaha yang ke 8 ini saya rasa sangat menarik dan bisa dilakukan oleh banyak orang termasuk ibu rumah tangga. Sebenarnya jenis usaha broker online sedikit berhubungan juga dengan beberapa jenis usaha diatas misal“jualan busana muslimah online” namun disini saya rasa jenis produknya juga bisa kita perlebar. Broker properti, tanah, kendaraan dan masih banyak lagi yang bisa kita garap. Tipsnya mudah, silahkan cari para penjual produk yang ada di beberapa situs jual beli online seperti yang sudah saya sebutkan tadi misal tokobagus, indonetwork, berniaga dan sejenisnya, bisa juga melihat iklan di koran. Ajak kerjasama mereka para penjual, dan silahkan cari pembelinya via online juga, bisa di media serupa atau di tempat lain misal situs sosial media atau forum jual beli. Prinsipnya anda kulakan dengan harga rendah dan dijual dengan anda naikan harganya (atau bisa juga prosentase dari nilai jual yg sudah ditetapkan). Untuk jenis usaha broker online ini memang diperlukan kreatifitas serta juga waktu anda untuk online dalam sehari sisihkan waktu 2-4 jam untuk promosi dan juga mencari produk yang akan anda jual.

9. Menjual Kosmetik dan Sabun Herbal

Bisnis ini tidak ada matinya. Umumnya perempuan suka menjaga dan merawat kecantikan dan kesehatannya. Ini adalah pangsa pasar yang sangat-sangat luar biasa. Selain itu, jika produk yang dijual bagus dan berkualitas, maka re-peat order akan terus terjadi, sehingga bisnis makin berkembang dan maju. Contoh untuk bisnis ini adalah SABUN HERBAL ANEILA yang omsetnya luar biasa. Bisnis yang dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga sambil merwat anak kecil ini mampu meraup omzet hingga 50 juta sebulan. Klik disini untuk melihat bisnisnya.

Ibu Zubaedah, Sukses berbisnis sabun herbal ANEILA. Hp.08122759014, PIN BB 2a5a048f

Ibu Zubaedah, Sukses berbisnis sabun herbal ANEILA. Hp.08122759014, PIN BB 2a5a048f

Yang lebih menarik lagi, ternyata ibu Zubaedah ini juga membuka sistem keagenan untuk produk SABUN HERBAL ANEILA -nya dengan keuntungan yang luar biasa besar hingga 40%. Hanya dengan modal sangat kecil, 850rb saja, anda sudah bisa menjadi agen. Untuk info lebih lanjut, silahkan kontak ibu Zubaedah di SINI, atau call aja di 08122759014 dan ADD PIN BB 2a5a048f.

Sepertinya bisnis ini layak dicoba oleh ibu-ibu dan remaja putri diseluruh dunia.

Demikian, beberapa ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga.

Semoga berguna.

Selamat berbisnis!

data base toko online 1nop-2des17

7 Comments

roni

Bisnis rumahan biasanya modal kecil dengan hasil yang cukup besar jika dikelola dengan rencana, dan strategi pemasaran yang bagus 🙂

Reply
Dewi K.S

Assalamu’alaikum
Top bgt ni ide nya
Mulai dari bisnis tradisional hingga bisnis modern bisa dilakukan dari rumah sesuai dg minat dan bakat kita

Nice article gan
Trims yaa 🙂

Reply
refan

wiiih bener banget ini. sama banget sprti kakak saya kalo ditinggal suaminya kerja di rumahnya seperti yg di atas. pokoknya bisnis online gitu deh. dan dia download TIKI mobile app buat memudahkan bisnisnya. heuheu

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *