Bisnis Jamur Merang: Pengusaha “DakLing” Bisa Sukses Juga

Dari ‘Dakling’ Jadi Profesional
Ada istilah unik di Indramayu untuk menyebut pengusaha dadakan, yaitu ‘dakling’ alias dadak eling. Untuk mengantisipasi para pengusaha muslim yang minim skill dan pengetahuan manajemen tersebut, JPMI (Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia) Indramayu mengadakan training wirausaha tiga bulanan. Materi yang diberikan biasanya bertema manajemen bisnis. Walhasil, JPMI Indramayu mampu merekrut dan membina lebih dari 400 pengusaha kecil dan menengah di wilayah Kabupaten Indramayu. Dari ratusan pengusaha tersebut, ada 70 pengusaha yang concern dalam pembudidayaan jamur merang.

Darojat, Divisi Jaringan Pengusaha JPMI Indramayu, mengatakan, prospek usaha jamur merang tersebut sangat bagus. “Peluang jamur merang ini sangat tinggi karena permintaan pasar banyak sementara petani jamur sedikit,” ujar Darojat.
Selain permintaan yang tinggi, iklim Indramayu juga sangat baik untuk pembudidayaan jamur. Jamur biasanya dapat hidup di daerah yang tidak terlalu dingin. Iklim Indramayu yang panas dapat disiasati oleh para pembudidaya jamur untuk memproduksi jamur merang sebanyak mungkin dengan mengatur suhu. Tak heran, sudah ada sekitar 150 bumbung jamur merang yang dapat menghasilkan hingga 2,5 kwintal per panen untuk satu bumbung jamur. Jika 1 kg dihargai Rp20 ribu, bisa terbayang berapa banyak penghasilan yang didapat oleh para pengusaha jamur merang tersebut.

Beragam Metamorfosis Jamur
Lezatnya jamur merang tak kalah dengan ayam, daging, dan ikan. Hal tersebut diiyakan oleh sebagian masyarakat yang sudah merasakan kelezatan jamur merang. Selain dijual dalam bentuk jamur segar, jamur merang juga dapat diolah menjadi keripik, kerupuk, pepes jamur, dan rawon. Dari segi pengemasan, JPMI Indramayu juga mulai menyiapkan jamur kaleng agar jamur-jamur tersebut dapat bertahan lama dan lebih mudah dalam hal pendistribusian.

Menurut Darojat, distribusi jamur merang hasil anggota JPMI Indramayu baru dipasarkan ke beberapa pasar daerah dan warung-warung yang berada dalam lingkup Kabupaten Indramayu. Darojat mengakui, untuk satu kecamatan saja, kadang pihaknya kewalahan memenuhi permintaan pasar . Namun, ke depannya, JPMI Indramayu akan mengusahakan agar dapat memasarkan jamur merang kaleng ke supermarket dan hipermarket ternama. Harga yang ditawarkan dari jamur merang tersebut juga relatif terjangkau, mulai dari Rp20 ribu/kg untuk jamur segar kualitas super, Rp10 ribu/kg untuk jamur segar kualitas BS, dan Rp12 ribu/kaleng untuk jamur merang yang dikemas dalam bentuk kaleng seperti yang dijual di beberapa supermarket.

Terkait modal, Anda dapat memulai pembudidayaan jamur merang dengan modal Rp10 juta untuk investasi bumbung. Setelah panen, jamur merang dapat diolah menjadi aneka makanan ringan dengan tambahan modal sekitar Rp2 juta. Untuk masalah modal, JPMI Indramayu siap membantu para anggotanya dalam mencari investor. Selain perusahaan besar seperti Pertamina, JPMI juga menjalin rekanan dengan lembaga keuangan syariah seperti BMT (Baitul Maal wat Tamwil) dalam menyalurkan pembiayaan modal kerja.

Dengan kemudahan akses permodalan tersebut, banyak pengusaha berada di bawah naungan JPMI Indramayu. Beberapa pengusaha tersebut telah berhasil mengembangkan usahanya yang sangat beragam, mulai dari usaha telur asin, keripik pisang, olahan bonggol pisang, hingga jamur merang crispy.

sumber:

eramuslim.com

43 Comments

Hajir

wien: mulai

pelatihan tgl 30 Oktb itu di mana pak diadakannya? apa di Yogyakarta? dari komunitas ini adakah yyang punya info budidaya jamur merang ini, berlokasi di Yogyakarta…?

Reply
tamarinaldi

Hajir:
pelatihan tgl 30 Oktb itu di mana pak diadakannya? apa di Yogyakarta? dari komunitas ini adakah yyang punya info budidaya jamur merang ini, berlokasi di Yogyakarta…?  

Kalo mau belajar jamur kunjungi jejamuran di Desa Pnadowoharjo, sleman. Setelah simpang empat Kabupaten sleman, terus ke utara, nah ada simpang empat belok ke kanan atau timur kira-kira 800 meter. Bisa juga pergi ke sekitar kaliurang km 20-24, disana banyak usaha jamur merang, jamur tiram dan jamur kuping. Atau di dinas pertanian Ngipik sari sebeleum loket karcis ke kaliurang. Anda bisa belajar, atau membeli bibit, baglog, atau produk jadi. Endy

Reply
Simbah

anax kolonx: bpkQ dulu budidaya jamur kgak brhasil,,,   

hehehehehe…….
mbahku juga pernah hidup sekarang sudah wafat….

artinya: ya gak apa-apa kan? nothing spesial dgn kegagalan…kecuali instrospeksi….

Reply
AHMAD

biasanya kan orang lebih banyak memilih nasi ayam goreng dari pada nasi jamur goreng, di lihat di warung2 jg lebih banyak ayam.
gmn cara nya menjual tu jamur?? pangsa pasarnya ke siapa? bingung juga, soalnya ada warung yg jual jamur goreng dan berbagai lalapan, tapi kayanya jamurnya g laku, g selaku ayam gorengnhya.

Reply
Deden Kanigara

AHMAD: biasanya kan orang lebih banyak memilih nasi ayam goreng dari pada nasi jamur goreng, di lihat di warung2 jg lebih banyak ayam.
gmn cara nya menjual tu jamur?? pangsa pasarnya ke siapa? bingung juga, soalnya ada warung yg jual jamur goreng dan berbagai lalapan, tapi kayanya jamurnya g laku, g selaku ayam gorengnhya.  

memang susah kalo mau jual jamurnya saja… karna biasanya jamur digunakan sebagai pelengkap atau bahan tambahan.. kurang pas kalo kita mau jual ” Nasi Goreng Jamur” padahal di nasgor itu juga ada ayamnya… mungkin akan lebih enak dan menarik kalo disebut “Nasi Goreng Ayam Jamur”… “Sop Ayam Jamur”… “Tumis Genjer Cah Jamur”… “Bistik Sapi Cah Jamur”… asal jangan jual “Badan berJamur”…
he..he..he..

Reply
Awee

Klo didaerah saya mie ayam jamur laku sekali..terus ada jug apepes jamur. Tinggal sekreatif kita aj untuk membuat dan menawarkan ke siapa2nya, klo perlu dijual langsung kepasar tradisional..

Yang mau menjadi developer property tanpa keluar modal bisa ke saya..saya akan kasih ilmunya awee.mn@gmail.com

Reply
Deden Kanigara

Budi daya “Jamur Merang” skala kecil di rumah pun bisa loh… Cuma butuh ruang berukuran 2x3m dengan menggunakan media dus bekas (umumnya jamur merang menggunakan jerami sebagai media tumbuh).
Prosesnya sama dengan menggunakan jerami, mula2 dus bekas direndam dalam air sampai empuk, kemudian disterilkan dengan cara dikukus sekitar 12jam, setelah itu dibeberkan diatas rak, lalu taburkan benih (spora).
Tutup ruangan dan jaga kelembabannya. Periksa secara berkala.. bila media terlihat mengering, semprot dengan air (harus dengan sprayer jangan pake ember).

Setelah 1 minggu akan muncul cendawan2 mungil itu… Segeralah panen, tapi yg kecil banget mah jangan.. biarkan agak membesar (sekitar 1-2hari) dulu.

Bila 1-2 minggu cendawannya tak kunjung muncul…
Segeralah ke toko buku terdekat, belilah buku tentang budidaya jamur merang… pelajari… dan praktekkan…
Jika anda telah berhasil… perbesarlah usaha anda.. maka kelak anda akan menjadi seorang pengusaha jamur merang di daerah anda.. jangan pelit… berikan pelatihan kepada tetangga anda.. terutama para pemuda dan pemudi… biarkan mereka ikut belajar dan berusaha…
Andalah yg harus memasarkan produk mereka…
Bentuklah kelompok… lalu daftarkan di desa dan kecamatan terdekat…
Buatlah proposal ke BUMN terdekat, karena BUMN wajib membantu usaha disekitarnya sebagai bentuk kepedulian sosial BUMN…
Pedoman membuat proposal yang baik… cari sendiri…

He.. he… lagi…

Reply
mitha

37.

assalam.. teman2 pecinta jamur. saya punya informasi.. di IPB Bogor ada acara Workshop Nasional MUSHROOM DAY FESTIVAL.. isinya tentang kupas tuntas jamur merang dari segi biologis, kesehatan, prospek bisnis nya, PELATIHAN SINGKAT budidaya jamur merang, kuliner hasil olahan jamur pangan, EXPO koleksi Jamur MIKOLOGI IPB dan ada motivasi bisnis juga loh……. acaranya tgl 3 Oktober 2010, dari jam 08.00-15.30 WIB, bertempat di kampus IPB darmaga Bogor.
HTM untuk pelajar, D3, S0, dan S1 Rp. 35.000
HTM untuk S2 dan S3 Rp. 50.000
HTM untuk umum Rp.75.000
fasiltas yang dapat diperoleh: sertifikat, lunch, snack, seminar kit, souvenir Boneka Horta…

konfirmasi ikut serta dan pemesanan tiket paling lambat tanggal 2 oktober pukul 16.00 WIB..
CP: 085697465474

terimakasih…

Reply
admin

nice info….terimakasih…semoga warga kampungwirausaha bisa memanfaatkan momen ini…..

Reply
sarbini

strategi pemasaran yang baik untuk usaha jamur merang ini gimana yah.. trimakasih sebelumnya..

Reply
widuri

yup….Bisnis jamur aja bisa sukses ^_^

intinya kan, mau bisnis apapun yang penting kita fokus…bukan begitu teman2??? 🙂

txs ya dah banyak memotivasi neh artikelnya 🙂

Reply
taufan

bagaimana saya bisa mendapatkan benih spora jamur?hub saya 085292371667…tolong infonya…lokasi saya di curup bengkulu…

Reply
Christian

haiii tmn2 semua, sy mau tau lbh jauh tentang bisnis jamur merang ini. ke mn sy bs bertanya lebih jauh. tolong informasiny ya. thnx……

Reply
tamarinaldi

Di rumahku jetis pasiraman jogjakarta aku udah coba budidaya jamur tiram, baru mulai 100 baglog. Hasilnya lumayan juga. Sekarang aku sedang rehab sebuah kamar 3×3 yg gak terpakai dan buat rak2 2 hari lagi selesai. Minggu depan aku rencana akan memlihara sekitar 100 baglog jamur tiram. Ada yang mau berbagi, membantu atau kita kerjasama mengembangkan jamur di rumah masing2 kita bisa berdiskusi. Aku siap membagi ilmu buat siapa saja yg ingin berwirausaha karena saya punya beberapa keterampilan yg siap untuk dibagi. Tksh. Endy 081378685910

Reply
vietrie

Halo,mas ..
Aku tertarik dengan penawaran anda,..
Boleh aku belajar budidaya jamur tiram ?? Jamur tiram itu digunakan buat apa aja..?? Apa perbedaan dengan jamur merang ..? MAna yang lebih sulit budidaya jamur merang atau jamur tiram..?? Makasih buat kesempatan bertanya, mas…

Salam
vietrie

Reply
meilinda

saya sangat tertarik dengan budidaya jamur,tlng info lengkapnya.saya bertempat tinggal di madura-sumenep.e-mail:meilinda.vita@yahoo.co.id

Reply
badri

minta info harga spora dan bisa dibeli dimana? than’ks ya bagi yang share infonya….

Reply
meutia

mas saya tertarik belajar budidaya jamur, yang ingin saya tanyakan apakah lokasi seperti di sulsel yang cukup panas dapat menghasilkan jamur yang hasilx lumayan? dan kalo mau membeli bibit jamur di sulsel dimana y?mungkin mas punya infox
makasih…

Reply
umi aryana

kenapa budidaya jamur yg memakai dus bekas harus didlm ruangan terttup? aq pnya tmpat agak luas tapi trbuka,bisa gk ya dipke bwt budidaya jamur..trus mau juga donk beli bibit nya dimana

Reply
Amirul Ikhwan

Assalamualaikum wr wb….para agan jamur….aku di Kalimantan Timur… kira2 bisa ga budidaya jamur yg sip…tolong pencerahaannya tks…

Reply
Dedy

saya sudah membudidayakan menggunakan media kardus, hasilnya lumayan, tapi saya kendala dipemasaran karena jamur tidak tahan lama. mohon info bagaimana caranya kita bikin olahan jamur dan dikemas kalengan ?

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *