Bisnis Makanan Unik: BATAGOR KERING

Siapa yang tidak kenal batagor?

Kini Batagor dapat dikemas dan dibawa sebagai oleh-oleh. Tentulah bukan batagor biasa, tapi ini batagor kering. Batagor Kering ini di kemas dalam plastik kecil sebagai camilan yang lezat dan bergizi.

Bahan :

  • Tepung tapioca  1kg
  • Ikan tenggiri 500 gr
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir 1 sendok the
  • Meria bubuk 2 sendok the
  • Kaldu ayam bubuk 1 sendok makan
  • Bawang putih 50 gr
  • Putih telur 540 gr ( ± 11 butir )
  • Minyak goring 1 liter

Cara Membuat :

  1. Campur ikan tenggiri dan bawang putih, haluskan dengan food processor. Tuang dalam mangkuk besar.
  2. Tambahkan bahan lainnya kecuali minyak goring. Uleni hingga dapat dibentuk dan kalis.
  3. Bentuk adonan memanjang kecil-kecil.
  4. Panaskan minyak, goreng adonan di atas api besar setengah matang ± 5 menit.

Angkat dan tiriskan.

  1. Goreng kembali adonan di atas api sedang hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan.
  2. Biarkan uap panasnya hilang, kemas atau sajikan

Untuk 32 pak @ 100 gr

Perhitungan Harga Jual :

Bahan :

-          Tepung tapioka 1 kg                             Rp.    6.000,-

-          Ikan tenggiri 500 gr                            Rp. 20.000,-

-          Garam secukupnya                               Rp.  200,-

-          Gula pasir  sendok teh                            Rp. 100,-

-          Merica bubuk 2 sendok teh                  Rp. 200,-

-          Kaldu ayam bubuk 1 sendok makan  Rp. 250,-

-          Bawang putih 50 gr                                   Rp. 1.000,-

-          Putih telur 540 gr (±11 butir)               Rp.  7.500,-

-          Minyak goreng                                            Rp. 9.750,-

Biaya Non Bahan :

-          Biaya tenaga kerja *                                 Rp.   3.000,-

-          Perawatan alat  *                                      Rp.   2.000,-

-          Bahan Bakar*                                               Rp.   3.750,-

-          Kemasan                                                        Rp.   3.200,-

Total Biaya Produksi                                Rp. 56.950,-

Notes : Perhitungan diatas sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan harga terbaru.

Perhitungan diatas menghasilkan 32 pak Batagor Kering, dengan total biaya produksi sebesar Rp. 56.950,-. Jadi harga pokok penjualan Batagor Kering adalah :

Rp. 56.950 : 32 pak = Rp. 1780,-/pak atau Rp. 1.800,-/pak

Harga jual diatas adalah harga jual pokok, Anda dapat menjual Batagor Kering dengan keuntungan sesuai yang Anda inginkan.

Keterangan tanda * :

  • Biaya tenaga kerja, asumsinya 1 orang tenaga kerja untuk satu kali produksi.
  • Perawatan alat, asumsinya alat bisa aus dan membutuhkan biaya perawatan.

Tips :

  • Agar tidak meletus masukkan adonan yang banyak ke dalam minyak panas dan tutup wajannya. Buka tutup wajan dan angkat adonan jika bunyinya sudah tidak bergemuruh.
  • Pastikan adonan terendam minyak goreng saat menggoreng.
  • Rasa pedas Batagor Kering dapat diperoleh dari bubuk merica atau cabe.

Comments

  1. pokoknya wenaaaaakk
    ijin simpen di notepda yah mbak….
    enak nih soalnya
    ehehehhe

      (Quote)  (Reply)

    1. admin says:

      monggo….

        (Quote)  (Reply)

  2. Ita Syatila Husna says:

    mbak…sama gak hasil jadinya dengan amplang kalimantan?

      (Quote)  (Reply)

    1. admin says:

      Jadi pengen tahu rasanya amplang kalimantan nih..belum pernah makan soalnya….

        (Quote)  (Reply)

  3. cucu says:

    jadi laperr

      (Quote)  (Reply)

    1. admin says:

      biar nggak laper langsung praktek aja dan dinikmati, selamat mencoba…

        (Quote)  (Reply)

  4. akhatam says:

    Wah boleh juga nih bisnis batagor kering… Sukses gan!!

      (Quote)  (Reply)

    1. admin says:

      ayo dicoba juga…

        (Quote)  (Reply)

  5. mas, saya mau buka jualan kue kering, kalau yg masih langka (ada tapi masih jarang), ada gak yaa???/

      (Quote)  (Reply)

    1. admin says:

      jualan kue kering, jualan saja, nanti akan ketemu ide-ide langka dan keatif….nanti akan muncul pembeda dari usahamu, asal serius insya Allah SUKSES….

        (Quote)  (Reply)

  6. gak mutu says:

    ku mau menikmati jadinya saja…..
    malam2 bikin laper …..

      (Quote)  (Reply)

    1. admin says:

      enaknya..heheheh

        (Quote)  (Reply)

  7. hmmmmmm . . .enak kayanya toohh . . wkwekwek . .

      (Quote)  (Reply)

  8. turisuna says:

    Wah jadi pingin buat nie, moga-moga bisa selezat yang ada di gambar, yummmyyyy

      (Quote)  (Reply)

  9. dhiak says:

    matur suwun

      (Quote)  (Reply)

  10. Yeni says:

    makasih atas bagi-2 resepnya….

    kebetulan putra-putriku doyan banget ama batagor

    perlu q coba resepnya nanti

    tengkyuuu…..

      (Quote)  (Reply)

  11. Delan says:

    Batagor kalau nggak salah dari kata BAso TAhu GOReng ya. Tapi yang ini kok nggak ada baso dan tahunya ya? Tapi biar begitu aku mau coba bikin, siapa tahu bikin ketagihan.

      (Quote)  (Reply)

  12. aat insani says:

    kayaknya enak bgt th,,,

    jadi lapper

      (Quote)  (Reply)

  13. gea says:

    Selama ini cuman bisa nyantapnya aja… pingin tau nih proses bikinnya… kalo gitu ijin nyalin resepnya ya mbak…
    trims.

      (Quote)  (Reply)

  14. Sri Herawati says:

    Ijin nyalin resep ya!! Tks.

      (Quote)  (Reply)

  15. tetep budy says:

    ma..nyusss..

      (Quote)  (Reply)

  16. makanan nusantara memang lebih enak :)

      (Quote)  (Reply)

  17. yellya says:

    hmmmmmmmm menarik banget..kyaknya harus praktek nih…… ^_^

      (Quote)  (Reply)

  18. mai says:

    batagor kok gak da tahu nya….

      (Quote)  (Reply)

  19. jemmy says:

    wies…mantap2…terus berkarya dengan sejuta inovasi dan inspirasi

      (Quote)  (Reply)

    1. admin says:

      tengkyu kang jimmy, jadi makin semangat nih……

        (Quote)  (Reply)

  20. Heri says:

    Salam kenal buat para usahawan/usahawati…

      (Quote)  (Reply)

  21. ai says:

    utk yg sdh di goreng 1/2 matang,klau mau di goreng lg apa hrs nunggu dingin dulu apa tdk mb…??
    trmksh info nya…sy tunggu jwbnya krn mau praktek nih mumpung sabtu2…

      (Quote)  (Reply)

  22. essy says:

    copas ya……
    mau dicoba ah…..
    siapa tau lwt sini bis aberhasil
    tahan berapa hari siy kalo di packing gt…

      (Quote)  (Reply)

  23. bayu says:

    mantaab… coba aaaaah..

      (Quote)  (Reply)

  24. EVI KUSNADI says:

    bisa tahan berapa lama kalau dikemas jenk,….
    mau nyoba2 nich,…

      (Quote)  (Reply)

  25. melly says:

    Bahan :

    * Tepung tapioca 1kg
    * Ikan tenggiri 500 gr
    * Garam secukupnya
    * Gula pasir 1 sendok the
    * Meria bubuk 2 sendok the
    * Kaldu ayam bubuk 1 sendok makan
    * Bawang putih 50 gr
    * Putih telur 540 gr ( ± 11 butir )
    * Minyak goring 1 liter

    Cara Membuat :

    1. Campur ikan tenggiri dan bawang putih, haluskan dengan food processor. Tuang dalam mangkuk besar.
    2. Tambahkan bahan lainnya kecuali minyak goring. Uleni hingga dapat dibentuk dan kalis.
    3. Bentuk adonan memanjang kecil-kecil.
    4. Panaskan minyak, goreng adonan di atas api besar setengah matang ± 5 menit.

    Angkat dan tiriskan.

    1. Goreng kembali adonan di atas api sedang hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan.
    2. Biarkan uap panasnya hilang, kemas atau sajikan

      (Quote)  (Reply)

  26. As - sundawi says:

    Bismillah…Tambah inovatif aja nih ide nya…lanjutkan gan..mo tanya ni, kalo 1 pack nya isi berapa..?

      (Quote)  (Reply)

    1. admin says:

      hahahahaha…keren….siap melanjutkan.
      kalau mau tau isinya, coba Aja bos…ntar kalo udah jadi tinggal dibagi 32 pak…kan jadi tau berapa isinya… ;)

        (Quote)  (Reply)

  27. novie says:

    ijin copas ya bu/pak

    thx

      (Quote)  (Reply)

  28. endah says:

    jadi pengen jg nich cb cb usaha rumahan doa in ya

      (Quote)  (Reply)

  29. SEMUA ORANG BUTUH MAKAN,
    JADI USAHA MAKANAN GAK ADA MATINYA.!!

      (Quote)  (Reply)

  30. oni says:

    kalo di kemas, bisa tahan berapa hr?

      (Quote)  (Reply)

  31. wiwin says:

    hemmmmmm pas deh mau bikin usaha msh bingung, kayakx bisa dicobain deh…… doain sukses yo mbak

      (Quote)  (Reply)

  32. agi says:

    ijin copy yaaah..
    tengkyu.

      (Quote)  (Reply)

  33. pradinie says:

    uuuuuuuuuh yummy…..

      (Quote)  (Reply)

  34. bunda queen says:

    aku coba bikin og jadinya bantet, gak bisa kriuk sampe dalem yah mbk? mohon solusinya

      (Quote)  (Reply)

  35. tatang says:

    Tolong dunk perincian haarga standnya, alatnya? kalo di di daerah magelang sdah ada belum ya?

      (Quote)  (Reply)

  36. reyhan says:

    Ih kira – kira laku ga yaaa…?
    bingung saya …..?

      (Quote)  (Reply)

banner sabunherbalku.com
pusat buat wesite murah mulai 070514 hingga 100814 pusat grosir pakaian murah mulai 070814 hingga 091114
Herbeauty Masker, Masker Wajah Alami
Facebook kita