Bisnis Makanan Unik: BATAGOR KERING

Siapa yang tidak kenal batagor?

Kini Batagor dapat dikemas dan dibawa sebagai oleh-oleh. Tentulah bukan batagor biasa, tapi ini batagor kering. Batagor Kering ini di kemas dalam plastik kecil sebagai camilan yang lezat dan bergizi.

Bahan :

  • Tepung tapioca  1kg
  • Ikan tenggiri 500 gr
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir 1 sendok the
  • Meria bubuk 2 sendok the
  • Kaldu ayam bubuk 1 sendok makan
  • Bawang putih 50 gr
  • Putih telur 540 gr ( ± 11 butir )
  • Minyak goring 1 liter

Cara Membuat :

  1. Campur ikan tenggiri dan bawang putih, haluskan dengan food processor. Tuang dalam mangkuk besar.
  2. Tambahkan bahan lainnya kecuali minyak goring. Uleni hingga dapat dibentuk dan kalis.
  3. Bentuk adonan memanjang kecil-kecil.
  4. Panaskan minyak, goreng adonan di atas api besar setengah matang ± 5 menit.

Angkat dan tiriskan.

  1. Goreng kembali adonan di atas api sedang hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan.
  2. Biarkan uap panasnya hilang, kemas atau sajikan

Untuk 32 pak @ 100 gr

Perhitungan Harga Jual :

Bahan :

–          Tepung tapioka 1 kg                             Rp.    6.000,-

–          Ikan tenggiri 500 gr                            Rp. 20.000,-

–          Garam secukupnya                               Rp.  200,-

–          Gula pasir  sendok teh                            Rp. 100,-

–          Merica bubuk 2 sendok teh                  Rp. 200,-

–          Kaldu ayam bubuk 1 sendok makan  Rp. 250,-

–          Bawang putih 50 gr                                   Rp. 1.000,-

–          Putih telur 540 gr (±11 butir)               Rp.  7.500,-

–          Minyak goreng                                            Rp. 9.750,-

Biaya Non Bahan :

–          Biaya tenaga kerja *                                 Rp.   3.000,-

–          Perawatan alat  *                                      Rp.   2.000,-

–          Bahan Bakar*                                               Rp.   3.750,-

–          Kemasan                                                        Rp.   3.200,-

Total Biaya Produksi                                Rp. 56.950,-

 

Notes : Perhitungan diatas sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan harga terbaru.

Perhitungan diatas menghasilkan 32 pak Batagor Kering, dengan total biaya produksi sebesar Rp. 56.950,-. Jadi harga pokok penjualan Batagor Kering adalah :

Rp. 56.950 : 32 pak = Rp. 1780,-/pak atau Rp. 1.800,-/pak

Harga jual diatas adalah harga jual pokok, Anda dapat menjual Batagor Kering dengan keuntungan sesuai yang Anda inginkan.

Keterangan tanda * :

  • Biaya tenaga kerja, asumsinya 1 orang tenaga kerja untuk satu kali produksi.
  • Perawatan alat, asumsinya alat bisa aus dan membutuhkan biaya perawatan.

Tips :

  • Agar tidak meletus masukkan adonan yang banyak ke dalam minyak panas dan tutup wajannya. Buka tutup wajan dan angkat adonan jika bunyinya sudah tidak bergemuruh.
  • Pastikan adonan terendam minyak goreng saat menggoreng.
  • Rasa pedas Batagor Kering dapat diperoleh dari bubuk merica atau cabe.
iklan sejak 19 Sept 2016 hingga 20 jan 2017

45 Comments

admin

Jadi pengen tahu rasanya amplang kalimantan nih..belum pernah makan soalnya….

Reply
admin

biar nggak laper langsung praktek aja dan dinikmati, selamat mencoba…

Reply
admin

jualan kue kering, jualan saja, nanti akan ketemu ide-ide langka dan keatif….nanti akan muncul pembeda dari usahamu, asal serius insya Allah SUKSES….

Reply
turisuna

Wah jadi pingin buat nie, moga-moga bisa selezat yang ada di gambar, yummmyyyy

Reply
Yeni

makasih atas bagi-2 resepnya….

kebetulan putra-putriku doyan banget ama batagor

perlu q coba resepnya nanti

tengkyuuu…..

Reply
Delan

Batagor kalau nggak salah dari kata BAso TAhu GOReng ya. Tapi yang ini kok nggak ada baso dan tahunya ya? Tapi biar begitu aku mau coba bikin, siapa tahu bikin ketagihan.

Reply
gea

Selama ini cuman bisa nyantapnya aja… pingin tau nih proses bikinnya… kalo gitu ijin nyalin resepnya ya mbak…
trims.

Reply
ai

utk yg sdh di goreng 1/2 matang,klau mau di goreng lg apa hrs nunggu dingin dulu apa tdk mb…??
trmksh info nya…sy tunggu jwbnya krn mau praktek nih mumpung sabtu2…

Reply
essy

copas ya……
mau dicoba ah…..
siapa tau lwt sini bis aberhasil
tahan berapa hari siy kalo di packing gt…

Reply
melly

Bahan :

* Tepung tapioca 1kg
* Ikan tenggiri 500 gr
* Garam secukupnya
* Gula pasir 1 sendok the
* Meria bubuk 2 sendok the
* Kaldu ayam bubuk 1 sendok makan
* Bawang putih 50 gr
* Putih telur 540 gr ( ± 11 butir )
* Minyak goring 1 liter

Cara Membuat :

1. Campur ikan tenggiri dan bawang putih, haluskan dengan food processor. Tuang dalam mangkuk besar.
2. Tambahkan bahan lainnya kecuali minyak goring. Uleni hingga dapat dibentuk dan kalis.
3. Bentuk adonan memanjang kecil-kecil.
4. Panaskan minyak, goreng adonan di atas api besar setengah matang ± 5 menit.

Angkat dan tiriskan.

1. Goreng kembali adonan di atas api sedang hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan.
2. Biarkan uap panasnya hilang, kemas atau sajikan

Reply
As - sundawi

Bismillah…Tambah inovatif aja nih ide nya…lanjutkan gan..mo tanya ni, kalo 1 pack nya isi berapa..?

Reply
admin

hahahahaha…keren….siap melanjutkan.
kalau mau tau isinya, coba Aja bos…ntar kalo udah jadi tinggal dibagi 32 pak…kan jadi tau berapa isinya… 😉

Reply
wiwin

hemmmmmm pas deh mau bikin usaha msh bingung, kayakx bisa dicobain deh…… doain sukses yo mbak

Reply
bunda queen

aku coba bikin og jadinya bantet, gak bisa kriuk sampe dalem yah mbk? mohon solusinya

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *