banner sabunherbalku.com

Ide Bisnis di Kampung: Penangkaran Burung Love Bird, Cantik Untung Selangit

Pernah mendengar burung Love Bird? Pasti sudah lah ya. Burung cantik nan imut itu kini menjadi primadona baru, karena saat ini harganya yang sedang bagus-bagusnya. Bayangkan, dibeberapa tempat penangkaran burung Love Bird, harga 2 juta untuk sepasang anakan Love Bird dianggap biasa. Mungkin bagi kita yang bukan penghobby burung, ini adalah hal aneh. Namun apa sih yang aneh jika sudah bicara kesenangan dan hobby? Ya gak?. Nah, kita sebagai seorang entrepreneur harus bisa melihat peluang ini sebagai sebuah kesempatan. Berani coba?

Okelah, kita kali ini coba membahas tips-tips sederhana untuk membuka usaha penangkaran burung Love Bird ini. Siapa tau usaha ini akan menjadi usaha sampingan yang menguntungkan buat kita. Ok Kan??!

Pengetahuan dasar dalam beternak burung Love Bird ini mutlak diperlukan agar tingkat keberhasilan penangkaran kita jadi semakin baik. Carilah dan belajarlah bagaimana membuat kandang, ukuran kandang yang ideal, tanda-tanda khusus burung Love Bird ketiaka birahi, obat-obatan yang diperlukan untuk mencegah penyakit, kualitas makanan dan sebagainya. Okelah, kita bahas secara singkat, ya….

Cara membedakan Love Bird jantan dan betina

Mudah sekali mengenali Love Bird jantan dan betina. Rabalah bagian dubur burung Love Bird. Rabalah bagian cpit udang didaerah duburnya. Love Bird jantan akan terasa keras dan lancip, sebaliknya yang betina akan terasa lembek dan tumpul. Love Bird betina akan mencari dan mengumpulkan rerumputan untuk membangun sarang, dan dia selipkan di antara kedua sayapnya. Itu menandakan Love Bird betina sudah siap kawin atau sedang birahi.

Makanan Terbaik untuk bururng Love Bird

Kangkung segar adalah makanan alami dan sangat baik untuk burung ini. Perbanyaklah kangkung segar, bersih dan baru dipetik dari rawa yang bebas pestisida dan bahan kimia lain. Dengan makanan yang baik dan cukup, burung Love Bird akan terpacu pertumbuhannya dan diharapkan proses reproduksinya juga meningkat.

Kandang Burung Love Bird

Kandang burung Love Bird yang siap kawin, sebaiknya tidak dibuat bersekat, dan dalam satu kandang diisi 5 atau 6 pasang burung Love Bird. Biarkan burung Love Bird memilih pasangannya secara alami. Burung-burung yang sudah menemukan jodohnya, barulah dipisah di kandang kawin tersendiri yang hanya berisi sepasang saja.

Pakan bagi indukan dan Love Bird muda

Jagung muda sangat baik diberikan untuk indukan yang sedang mengasuh anaknya. Jagung muda yang lebih lunak sangat baik untuk pencernaan Love Bird anakan, karena mudah dicerna dan mempunyai kandungan gizi yang cukup untuk perkembangannya.

Permasalahan yang harus mendapat perhatian pada burung Love Bird

Pada beberapa kasus, Love Bird anakan tidak mampu berdiri tegak dan agak miring. Ini adalah akibat dari kurangnya tempat pijakan pada kandang Love Bird. Atau bisa juga karena pijakan tempat ‘nangkring’ nya licin. Atau juga dapat disebabkan karena dasar kandang yang terbuat dari triplek. Untuk itu hindarilah penggunaan triplek pada dasar kandang anakan. jikapun harus menggunakan triplek, akalilah akar dasar kandang tidak licin. Misalnya, dapat ditambahkan semacam lumut artifisial/buatan.

Yang agak merepotkan, bila sang induk Love Bird tidak pandai menjaga anaknya, atau dia menolak untuk mengasuh anaknya. maka anda sebagai pengangkarlah yang harus menggantikan peran induknya. Anaka Love Bird disuapi setiap 2 jam. Tetaplah meletakkna anak Love Bird pada kotak hangat semacam inkubator. Bisa diberi lampu pijar/dop 5 watt untuk memberikan suhu hangat yang pas. Makanan anakan Love Bird berupa bubur-susu bayi dan air hangat. Suapilah sedikit demi sedikit dengan menggunakan sendok kecil. Hingga anakan Love Bird berumur 4 minggu, barulah bisa di beri makanan keras seperti sayuran dan buah-buahan.

Oke, cukup dulu tips sederhana untuk membuka bisnis penangkaran Love Bird ini. Untuk informasi yang lebih lengkap dan detail, tentunya anda harus mencarinya lewat buku-buku referensi atau datang dan belajar langsung ke penangkar yang sudah berhasil. tentulah itu tidak terlalu sulit, kan?! Selamat mencoba.

Comments

  1. Tarkum Aditiya says:

    dahsyat

  2. risris apriady says:

    insyaallah setelah membaca,dan menellaah dari semua yang telah di paparkan di atas.sangat terobsesi untuk mencoba budidaya burung cuantik ini.trims atas penjelasannya

  3. islamiyah rinaf says:

    alhamdulillah. dapat ilmu yang sangat bermanfaat . INSAALLAH dalam waktu dekat akan saya coba unt membudidayakannya…..trims penjelasannya :razz:

  4. aln.pujo says:

    berguna sekali untuk bisnis burung babe gue,trims :mrgreen:

    1. hamdan says:

      bagaiman kalau terak lovebird dengan sistem koloni / kelompok beberapa pasang ?

  5. sjahrul says:

    kalau boleh tanya ukuran kandang yang ideal untuk lovebird berapa cm, ya?

  6. wahyu says:

    Boleh minta saran ga
    Rencana saya mau nyoba penangkeran burung love brid
    tpi yg jadi masalah Tempat saya itu Tempat Perlintasan Pesawat
    itu juga setiap Jam 1 malm saja satu kli lintas
    yang saya mau tanyakan?
    jadi masalah ga buat si burung cantik ini.
    takutnya Setress denger suara pesawt.
    di tunggu Sarannya Makasih

banner sabunherbalku.com
Share Yuk :)
pusat grosir minuman bubuk powder drink
pusat konveksi kaos polos terbesar dan termurah Herbeauty Masker, Masker Wajah Alami
Facebook kita