banner sabunherbalku.com

Ide Bisnis: Kardus Bekas untuk Budidaya Jamur Merang di Lahan Sempit

ini sebuah komen terbaik dari posting terdahulu, karena bagus, kami jadikan headline ajah….

Thanks bos Deden Kanigara atas sumbangan komen berkualitas ini…..

+++++++++

Budi daya “Jamur Merang” skala kecil di rumah pun bisa loh… Cuma butuh ruang berukuran 2x3m dengan menggunakan media dus bekas (umumnya jamur merang menggunakan jerami sebagai media tumbuh).
Prosesnya sama dengan menggunakan jerami, mula2 dus bekas direndam dalam air sampai empuk, kemudian disterilkan dengan cara dikukus sekitar 12jam, setelah itu dibeberkan diatas rak, lalu taburkan benih (spora).
Tutup ruangan dan jaga kelembabannya. Periksa secara berkala.. bila media terlihat mengering, semprot dengan air (harus dengan sprayer jangan pake ember). <<< ASLI LUCU NIH!!! Kalo pake ember namanya Ngguyur, Kang! :D

Setelah 1 minggu akan muncul cendawan2 mungil itu… Segeralah panen, tapi yg kecil banget mah jangan.. biarkan agak membesar (sekitar 1-2hari) dulu.

Bila 1-2 minggu cendawannya tak kunjung muncul…
Segeralah ke toko buku terdekat, belilah buku tentang budidaya jamur merang… pelajari… dan praktekkan…
Jika anda telah berhasil… perbesarlah usaha anda.. maka kelak anda akan menjadi seorang pengusaha jamur merang di daerah anda.. jangan pelit… berikan pelatihan kepada tetangga anda.. terutama para pemuda dan pemudi… biarkan mereka ikut belajar dan berusaha…
Andalah yg harus memasarkan produk mereka…
Bentuklah kelompok… lalu daftarkan di desa dan kecamatan terdekat…
Buatlah proposal ke BUMN terdekat, karena BUMN wajib membantu usaha disekitarnya sebagai bentuk kepedulian sosial BUMN…
Pedoman membuat proposal yang baik… cari sendiri…

Comments

  1. admin says:

    assalam.. teman2 pecinta jamur. saya punya informasi.. di IPB Bogor ada acara Workshop Nasional MUSHROOM DAY FESTIVAL.. isinya tentang kupas tuntas jamur merang dari segi biologis, kesehatan, prospek bisnis nya, PELATIHAN SINGKAT budidaya jamur merang, kuliner hasil olahan jamur pangan, EXPO koleksi Jamur MIKOLOGI IPB dan ada motivasi bisnis juga loh……. acaranya tgl 3 Oktober 2010, dari jam 08.00-15.30 WIB, bertempat di kampus IPB darmaga Bogor.
    HTM untuk pelajar, D3, S0, dan S1 Rp. 35.000
    HTM untuk S2 dan S3 Rp. 50.000
    HTM untuk umum Rp.75.000
    fasiltas yang dapat diperoleh: sertifikat, lunch, snack, seminar kit, souvenir Boneka Horta…

    konfirmasi ikut serta dan pemesanan tiket paling lambat tanggal 2 oktober pukul 16.00 WIB..
    CP: 085697465474

    terimakasih…

  2. ghaptect says:

    Apakah ada lembaga yang bisa melakukan kegiatan untuk intership/magang mungkin selama 1-2 hari gituu untuk melihat secara lebih jelas proses pembibitan jamur dan hasilnya..??? kalo ada khusus untuk jamur saya interest

    1. Deden Kanigara says:

      ghaptect: Apakah ada lembaga yang bisa melakukan kegiatan untuk intership/magang mungkin selama 1-2 hari gituu untuk melihat secara lebih jelas proses pembibitan jamur dan hasilnya..??? kalo ada khusus untuk jamur saya interest  

      di Bandung Utara (daerah Parongpong) ada banyak petani jamur (tiram putih), mereka akan dengan senang hati membantu memberikan pelatihan tentang budidaya jamur (tiram putih).

  3. capaluniq says:

    kalo ada workshoop tentang jamur-jamuran area malang, tolong donk gw dikasih tau…….

  4. Harmono says:

    Budidaya Belut di Air Jernih Potensi Mengiurkan

    Sekarang Indonesia sedang digalakan untuk memakan-makanan yang berprotein tinggi salah satunya adalah belut. Namun belut masih sulit dan jarang di dapatkan dalam pasar–pasar karena belum banyak yang berbudidaya. Peluang inilah yang menggiurkan untuk digarap, dan berpotensi kearah ketahanan pangan dan swasembada belut. Belut dengan kandungan protein sampai 74 persen adalah sangat bermanfaat bagi kecerdasan anak dan cucu kita ke depan. Paradigma berpikir bahwasannya belut dapat berkembang hanya di Lumpur harus dihilangkan. Inti dari itu hewan transeksual ini dapat hidup karena ada air yang sehat.
    Cara budidaya belut ini cukup sederhana, dapat dilakukan ditempat yang tidak memakan lahan banyak seperti di terpal, Seng, di drum yang tidak digunakan atau kolam permanen dll. Kalau ingin terjun menekuni budidaya belut hal yang diperhatikan adalah bibitnya, ciri-ciri belut yang baik antara lain pilih bibit belut yang berukuran “fiberling” seukuran batang rokok/pena seragam waktu pengiriman jangan terlalu lama maksimal 1 jam mengurangi stressing. Pilih belut yang berwarna cokelat kekuningan (oranye) berdada kuning, atau kecoklatan bening dan bertutul hitam. Apabila dipegang/ diangkat tidak melengkung lemas.
    Ditempat penampungan kepala tidak mendongok ke atas dan tenang tetapi bergerak aktif posisi tetap dibawah dan dalam air. Kalau mau mengambil nafas mereka menjulurkan hidungnya keluar air langsung kembali ke dalam air dengan cepat. Warna disekitar insang cerah. Posisi perutnya masih dibawah jangan memilih belut yang sudah terlentang dipastikan tidak lama akan mati. Tidak luka atau cacat karena terkena penjepit/ pancing atau alat waktu menangkap. Pilihlah bibit belut yang dapat besar yakni berwarna kekuning-kuningan, coklat cerah bening, ada toto-totol hitam samar-samar, coklat agak kehijauan disekujur tubuhnya, kepala djendol dan dipunggug bagian ekor bergaris berwarna kuning cerah ada batikan/ motif terlihat jelas dibagian ekor. Bagian kepala ada corat coret berwarna kuning terlihat jelas, bibit yang punggungnya berwarna coklat kehitaman tetapi berdada kuning.
    Budidaya belut di air jernih sangat efisien dan sangat menguntungkan. Caranya belut dari bibit tangkapan diadaptasikan dahulu ke dalam kolam yang komposisinya Lumpur yang nglenyet sedalam lutut orang dewasa, diatasnya gedebok pisang yang benar-benar busuk, diatasnya di taruhi jerami padi setelah itu diatasnya di kasih air jernih. Setelah satu bulan di taruh di kolam mediasi itu kemudian bulan keduanya Lumpur dikurangi tiap hari sampai habis, belum tidak kaget serta jadi terbiasa hidup diair jernih.
    Pemberian pakan pokok yang disatrankan jumlah minimal perhari bulan pertama cacing merah dengan yuyu, bulan kedua dipakani cacing merah, cacahan keong, cacahan anak katak, cacahan ikan, bulan ke tiga diberi pakan keong separo dan anak katak, pada bulan ke empat sampai panen keong utuh dan anak katak utuh. Penggantian air rutin pada saat pemberian pakan yuyu, selama pemberian pakan keong pergantian air dilakukan seminggu sekali kita tetap menjaga air tetap jernih jangan sampai keruh karena pembusukan pakan.
    Budidaya belut masih potensial selain pangsa pasarnya masih terbuka, belut yang mengandung protein besar sangat digemari dari restoran warung makan cafe, swalayan atau pasar luar negeri. Untuk satu kilogramnya dipasaran mencapai 35 ribuan, kalau dijual ke pengepul mencapai 20ribuan. Dari bibit satu kintal bisa menghasilkan 1 ton belut panen. Modal 25juta dalam empat bulan dapat menghasilkan uang 60jutaan keuntutngan bersih setelah dikurangi beban bisa mencapai 20juta, jumlah angka yang menggiurkan.

    Harmono Penggiat Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Ngudi Ajining Tani Banjarmangu, Menyukai Pertanian HP 085291637379

    1. Agus says:

      Harmono: Budidaya Belut di Air Jernih Potensi MengiurkanSekarang Indonesia sedang digalakan untuk memakan-makanan yang berprotein tinggi salah satunya adalah belut. Namun belut masih sulit dan jarang di dapatkan dalam pasar–pasar karena belum banyak yang berbudidaya. Peluang inilah yang menggiurkan untuk digarap, dan berpotensi kearah ketahanan pangan dan swasembada belut. Belut dengan kandungan protein sampai 74 persen adalah sangat bermanfaat bagi kecerdasan anak dan cucu kita ke depan. Paradigma berpikir bahwasannya belut dapat berkembang hanya di Lumpur harus dihilangkan. Inti dari itu hewan transeksual inidapat hidup karena ada air yang sehat.
      Cara budidaya belut ini cukup sederhana, dapat dilakukan ditempat yang tidak memakan lahan banyak seperti di terpal, Seng, di drum yang tidak digunakan atau kolam permanen dll. Kalau ingin terjun menekuni budidaya belut hal yang diperhatikan adalah bibitnya, ciri-ciri belut yang baik antara lain pilih bibit belut yang berukuran “fiberling” seukuran batang rokok/pena seragam waktu pengiriman jangan terlalu lama maksimal 1 jam mengurangi stressing. Pilih belut yang berwarna cokelat kekuningan (oranye) berdada kuning,atau kecoklatan beningdan bertutul hitam. Apabila dipegang/ diangkat tidak melengkung lemas.
      Ditempat penampungan kepala tidak mendongok ke atas dan tenang tetapi bergerak aktif posisi tetap dibawah dan dalam air. Kalau mau mengambil nafas mereka menjulurkan hidungnya keluar air langsung kembali ke dalam air dengan cepat. Warna disekitar insang cerah. Posisi perutnya masih dibawah jangan memilih belut yang sudah terlentang dipastikan tidak lama akan mati. Tidak luka atau cacat karena terkena penjepit/ pancing atau alat waktu menangkap. Pilihlah bibit belut yang dapat besar yakni berwarna kekuning-kuningan, coklat cerah bening, ada toto-totol hitam samar-samar, coklat agak kehijauan disekujur tubuhnya, kepala djendol dan dipunggug bagian ekor bergaris berwarna kuning cerah ada batikan/ motif terlihat jelas dibagian ekor. Bagian kepala ada corat coret berwarna kuning terlihat jelas, bibit yang punggungnya berwarna coklat kehitaman tetapi berdada kuning. Budidaya belut di air jernih sangat efisien dan sangat menguntungkan. Caranya belut dari bibit tangkapan diadaptasikan dahulu ke dalam kolam yang komposisinya Lumpur yang nglenyet sedalam lutut orang dewasa, diatasnya gedebok pisang yang benar-benar busuk, diatasnya di taruhi jerami padi setelah itu diatasnya di kasih air jernih. Setelah satu bulan di taruh di kolam mediasi itu kemudian bulan keduanya Lumpur dikurangi tiap hari sampai habis, belum tidak kaget serta jadi terbiasa hidup diair jernih.
      Pemberian pakan pokok yang disatrankan jumlah minimal perhari bulan pertama cacing merah dengan yuyu, bulan keduadipakani cacing merah, cacahan keong, cacahan anak katak, cacahan ikan, bulan ke tiga diberi pakan keong separo dan anak katak, pada bulan ke empat sampai panen keong utuh dan anak katak utuh. Penggantian air rutin pada saat pemberian pakan yuyu, selama pemberian pakan keong pergantian air dilakukan seminggu sekali kita tetap menjaga air tetap jernih jangan sampai keruh karena pembusukan pakan.
      Budidaya belut masih potensial selain pangsa pasarnya masih terbuka, belut yang mengandung protein besar sangat digemari dari restoran warung makan cafe, swalayan atau pasar luar negeri. Untuk satu kilogramnya dipasaran mencapai 35 ribuan, kalau dijual ke pengepul mencapai 20ribuan. Dari bibit satu kintal bisa menghasilkan 1 ton belut panen. Modal 25juta dalam empat bulan dapat menghasilkan uang 60jutaan keuntutngan bersih setelah dikurangi beban bisa mencapai 20juta, jumlah angka yang menggiurkan.Harmono Penggiat Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Ngudi Ajining Tani Banjarmangu, Menyukai Pertanian HP 085291637379  

      Terimakasih atas infonya Pak Harmono, klo boleh tau panjenengan domisili dimana? dan untuk mempelajari ini dimana?

  5. hasan says:

    Wahh… bagusnya nich bisnis jamur.
    saya butuh INFO TEMPAT PEMBELIAN BENIH nya?

    infonya saya butuhkan.
    mohon dikirim ke email saya.

    trims
    Hasan

    1. admin says:

      hub sy 081220618318 ok

  6. seni says:

    capaluniq: kalo ada workshoop tentang jamur-jamuran area malang, tolong donk gw dikasih tau…….  

  7. seni says:

    sy pengin beli benihnya dong.harganya berapa?apa bisa terus di remajakan tanpa harus beli spora baru tiapkali mau nanam?

  8. alwi haris says:

    kalo di daerah dingin (misalnya Sukabumi) dataran tinggi jamur bagus ga pertumbuhannya, trus minta info dong kalo ada pelatihan yang di jakarta atau detabek dlm waktu dekat, trim’s

  9. dhani says:

    mohon kirim info ke email saya,trims,

  10. M2 says:

    waduh mantap, tentang budidaya jamur merang dengan media kardus….. cuma sayang saya jauh di ujung sumatra… da yang bsa bantu saya ngak tetang info bibit, tentang panduan budidaya, dll… saya pengen ngejalanin usaha ini… meranik… thank’s

    1. Ferry says:

      M2: waduh mantap, tentang budidaya jamur merang dengan media kardus….. cuma sayang saya jauh di ujung sumatra… da yang bsa bantu saya ngak tetang info bibit, tentang panduan budidaya, dll… saya pengen ngejalanin usaha ini… meranik… thank’s  

      Rumah Jamur “Hayati” , jl. Bogor no 34 Binjai (belakang Rumah Sakit kesdam/RS Tentara Binjai)

      Menjual bibit jamur tiram putih F0 (kultur murni/PDA) , F1(media jagung giling), F2 (media jagung giling).

      Menjual bibit jamur merang F0 (kultur murni/PDA) , bibit F1, bibit F2 dan bibit F3 (siap tebar/siap pakai)

      telp : 0817210019

  11. taufan says:

    cara dapetin benih sporanya gmn,tolong infonya?lokasi curup bengkulu (call: 085292371667)

    1. admin says:

      Silahkan hubungi salah satu warga kita juga:

      Rumah Jamur “Hayati” , jl. Bogor no 34 Binjai (belakang Rumah Sakit kesdam/RS Tentara Binjai)

      Menjual bibit jamur tiram putih F0 (kultur murni/PDA) , F1(media jagung giling), F2 (media jagung giling).

      Menjual bibit jamur merang F0 (kultur murni/PDA) , bibit F1, bibit F2 dan bibit F3 (siap tebar/siap pakai)

      telp : 0817210019

  12. taufan says:

    ditunggu secepatnya..

  13. ulin says:

    kalo di semarang … beli benih /spora jamur merang di mana ya? mohon infonya… terimakasih :-)

    1. admin says:

      ulin: kalo di semarang … beli benih /spora jamur merang di mana ya? mohon infonya… terimakasih :-)   

      dari komen yang atas nih, ada ahlinya:
      Silahkan hubungi salah satu warga kita juga:

      Rumah Jamur “Hayati” , jl. Bogor no 34 Binjai (belakang Rumah Sakit kesdam/RS Tentara Binjai)

      Menjual bibit jamur tiram putih F0 (kultur murni/PDA) , F1(media jagung giling), F2 (media jagung giling).

      Menjual bibit jamur merang F0 (kultur murni/PDA) , bibit F1, bibit F2 dan bibit F3 (siap tebar/siap pakai)

      telp : 0817210019

  14. lia says:

    info ttg pelatihan/ tmpt penjual bibit d area sby dung infonya… via email yach.. mksh…

    1. admin says:

      Silahkan lihat komentar-komentar sebelumnya, Ibu lia…..
      banyak yang menawarkan diri tuh…. :)
      semoga bermanfaat.

  15. yuli says:

    di denpasar dimana ada yang bisa share soal jamur ya?

  16. Sherrina says:

    Jika diadakan seminar lagi, mohon saya di informasikan. Terima kasih.

  17. dedy says:

    bagus n sangat menarik.. informasi kl ada seminar lg di jakarta…n kalau sudah besar temapt penjualannya kemana?

  18. eko hariyanto says:

    untuk pemasarannya bagaimana apakah ada yg menampung? nb:saya di salatiga

  19. wiwit says:

    klo ada pelatihan petani jamur tolong diinfokan ya

  20. wiwit says:

    klo ada pelatihan petani jamur di daerah jakarta atau bogor tolong diinfokan ya

  21. rose says:

    kalau ada pelatihan jamur di Jakarta mohon diinfokan juga dong.

  22. Sefiana says:

    Saya ingin mencoba budidaya jamur merang. tolong kasih info yang lebih jelas cara – caranya dan pemasarannya dimana.

  23. ofiq says:

    Saya..tertarik..untuk pembelian bibit dimana?…kalu ada pelatihan di jawa timur kasih info ya???..maksih

  24. eva says:

    boleh dibagi info nya kalau ada lagi pelatihan di IPB, sy sdh pernah jalan dengan jamur tiram tp ada beberpa kendala. tks y..

  25. Cahaya Islam says:

    Ass, temen-temen…
    kalo ada yang butuh informasi lengkap tentang jamur, prospek, analisa bisnis, proese lengkap pengerjaanya dan kendala-kendalanya dan dijamin “GRATIS” silakan berkunjung ke blog saya di link “entrepreneur”…semoga bermanfaat

    1. Tuti Arifianto says:

      Mas/Mba Cahaya Islam link blog nya boleh di share dunk..
      saya mau berkunjung melihat2 prospek nya bisnis jamur.
      saya tertarik hanya saja masih belum tau nantinya mau dipasarkan kemana jamur2 tersebut..

      terimakasih.
      salam..

      Cahaya Islam: Ass, temen-temen…
      kalo ada yang butuh informasi lengkap tentang jamur, prospek, analisa bisnis, proese lengkap pengerjaanya dan kendala-kendalanya dan dijamin “GRATIS” silakan berkunjung ke blog saya di link “entrepreneur”…semoga bermanfaat  

      1. rady says:

        cahaya islam: mana link nya????

  26. […] (buatan China) di Bandung. Ia juga harus mencari tahu sumber-sumber bahan baku. Kemudian, ia harus mempersiapkan tempat usaha, menyusun konsep produk, dan merekrut para staf. Semuanya dilakukan […]

  27. bang nung says:

    ane sangat interes banget nih, tp ane tinggal dijakarta yang hawanya panas banget, apa bisa ya? lalu dimana ane dapat informasinya? workshop, dapat bibit yang dekat? oh ya, ane tinggal di kb jeruk dekat RCTI

  28. pardjowiyono says:

    ~ Prospek jamur merang masih terbuka lebar, bahkan pembeli datang sendiri ke lokasi kita, success !

  29. […] (buatan China) di Bandung. Ia juga harus mencari tahu sumber-sumber bahan baku. Kemudian, ia harus mempersiapkan tempat usaha, menyusun konsep produk, dan merekrut para staf. Semuanya dilakukan […]

  30. WATI says:

    klau daerah sidoarjo dan surabaya utk pelatihan jamur merang dimana ya?

  31. aconx says:

    klau didaerah bgor ad yg jual benih(spora)& tempat budidayanya dimana??

  32. huda says:

    cara lebih detailx gmn mas?

  33. Wah Boleh juga nih,,,budi daya jamur di rumah coz belom punya lahan luas,,,bolehlah untuk belajar coba2 budi daya di rumah.

  34. Mohon info mentor ahli jamur di Jogja

  35. ayipendi says:

    kalo daerah bandung pembibitan bisa di dapetin di daerah mana…????

  36. oni says:

    spora ny dpt dr mana ;;

  37. mas wiji says:

    Gan… klo ada pelatihan di solo, tolong diberi tau ya…

  38. mas wiji says:

    Gan, klo di solo untuk pelatihannya ada G???

  39. aris says:

    klo kita ga pnya gede modal usaha apa ya yg ga terlalu berat modal nya

  40. sunardi says:

    salam sukses untuk petani merang,saya tinggal di area solo membutuhkan suplai jamur merang sekitar 1kwintal/hari, petani area solo yg bersedia suplai ke saya silahkan kontek ke email wsunardi@ymail.com atau ke no. 085229030093

  41. prasetyo says:

    DTC (Drenges Tiram Center) melayani:
    Menjual BAGLOG
    Menjual bibit jamur tiram putih
    Menerima Pendampingan Usaha
    Menerima Pelatihan Budidaya maupun Produksi mandiri

    HUBUNGI KAMI:
    Alamat:
    Tempat Percontohan Budidaya:
    DTC cabang Bojonegoro : Ds. Drenges, Kec. Sugihwaras, Kab. Bojonegoro
    Tempat Produksi:
    DTC cabang Jombang : Ds. Kabuh Kec. Kabuh kab. Jombang
    Telp: 085 648 432 755

    1. prasetyo says:

      Apa sih jamur tiram putih?
      Merupakan jamur konsumsi yang sudah tidak asing lagi bagi pasar.
      Berapa lama jamur tiram putih ini tahan?
      Setelah dipanen, jamur ini akan tahan ± 10 hari dalam kemasan plastik. Lebih tahan lama dari beberapa jamur lainya.
      Bagaimana potensi pemasaranya?
      Tenang…sudah tidak usah dikhawatirkan lagi. Jamur ini sudah tidak asing lagi. Tiram putih mempunyai rasa yang lezat dan dijamin, pasar siap menerima.
      Bagaimana cara budidayanya?
      Sangat mudah sekali, anda cukup membeli BAGLOG, menyiram 3x sehari, Dan panen dech… Dalam 1.000 baglog, panen bisa tiap hari sampai dengan 2-3 bulan looo…
      Berapa nilai keuntunganya???
      BISA DIHITUNG SENDIRI, Per Rp.2.500 (harga baglog) menghasilkan jamur dengan nilai minimal Rp.5.000. Besarrr kaannnnn…
      Ingin Budidaya Jamur titam putih?
      Gampang, hubungi kami!
      HUBUNGI KAMI:
      Alamat:
      Tempat Percontohan Budidaya:
      DTC cabang Bojonegoro : Ds. Drenges, Kec. Sugihwaras, Kab. Bojonegoro
      Tempat Produksi:
      DTC cabang Jombang : Ds. Kabuh Kec. Kabuh kab. Jombang
      Telp: 085 648 432 755

banner sabunherbalku.com
Share Yuk :)
pusat grosir minuman bubuk powder drink pusat grosir baju anak hingga 15 januari 2015
pusat konveksi kaos polos terbesar dan termurah Herbeauty Masker, Masker Wajah Alami
Facebook kita