Ide Bisnis Modal Kecil: Cara Unik Lelang Nama Domain

Sebelum aku melangkah leubih jauh tentang apa yang akan Aku sampaikan, izinkan newbie ini berkisah sedikit  tentang siapa aku , ini penting agar teman-teman tidak berpikir bahwa bisnis ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah mahir atau profesional saja.

Aku terjun di Bisnis online akhir tahun 2009 tepatnya bulan November,  tepat sebulan setelah aku menikah . Boleh dikatakan saat itu aku tidak tau apa itu bisnis online. Jangankan bisnis online,  untuk  mengoperasikan komputer saja aku tidak bisa ( maklum aku SMK aja ga lulus, Cuma tamat aja 😀 )

Itupun dapat pinjaman komputer dari istri tercinta, setiap hari aku diajari cara mengoperasikan komputer, sebulan bisa 3-4 kali kompter aku servis karna selalu eror 😀 .

Kalau mau online ya harus nebeng ke warnet, pagi anter istri kerja ke sekolah, kebetulan dulu istriku berprofesi sebagai Guru SMU, sekarang sudah pensiun, cukup suaminya saja yg banting Mouse :D.

Kalau sore jemput istri pulang. Selama istri kerja akupun nongkrong di warnet.

Oke aku rasa cukup perkenalanya, biar teman-teman tau saja bahwa sampai sekarang aku tidak bisa mengoperasikan komputer dengan baik, yang aku tau ya, cuma buka facebook, google n sedikit corat coret di world.

Jadi bisnis ini bisa dipakai oleh siapa saja oke.

Disini aku hanya akan memaparkan garis besarnya saja, soal teknis yaang lebih detailnya bisa teman-teman pelajari sendiri ya

Bisnis ini sebetulnya bukan bisnis baru atau bisnis aneh, sebetulnya kita sudah tau dengan bisnis ini bahkan diluaran sana sudah banyak yang menjalaninya.

Cuma apa yang aku jalani ada sedikit perbedaan dengan yang pernah teman-teman tau, yaitu Bisnis Domain! Iya bisnis domain, tapi perlu dicatatat ini bukan bisnis jual beli web ya .

Hanya jual beli domain saja.

Disekitar tempat tinggal teman-teman pasti banyak toko, instansi atau perusahaan . dan kebanyakan dari mereka masih terbatas di dunia offline untuk pemasarannya.   Masih sedikit sekali mereka yang sudah kenal atau merambah ke dunia online.  Nah, disnilah peluang yang akan kita ambil.

Coba sesekali teman jalan keliling kota lalu catat nama toko atau perusaahan yang teman lihat. Pulang, lalu buka internet. Apakah mereka sudah punya Domainya ( web )  ?

Nah ini sasaran kita, kita akan bikin studi dengan sebuah toko oleh-oleh khas daerah. Hampir disetiap daerah pasti ada toko yang menjual makanan khas daerah tersebut.  Bukan  1 atau 2 toko oleh-oleh di daerah kita pastinya, akan banyak sekali.

Langkah pertama

Langkah pertama adalah kita ambil domainnya, misal kita tinggal di kota magelang, maka orderlah domain dengan nama www.oleholehmagelang.com, lalu kita buatkan Blognya, untuk menghemat teman-teman bisa custom domain di blogspot saja. Caranya bisa teman cari sendiri di google, dan gak perlu dibuatkan blog yang mewah, cukup instal templet yang sederhana saja, kasih note web dijual.

Langkah ke-dua

Oke langkah pertama sudah, domain sudah ditangan kita, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data alamat toko yang menjual oleh-oleh khas Magelang. Kumpulkan saja sebanyak yang teman-teman sanggup. Lebih banyak lebih baik.

Langkah ke-tiga

Kalau langkah ke-dua sudah ditangan, yaitu data alamat kontak toko oleh-oleh.  Langkah selanjutnya adalah kita persiapkan surat penawaran.   Buatlah sebuah surat penawaran domain  yang sudah kita order. Dalam surat penarawan domain itu kita sampaikan mengenai pentingnya sebuah bisnis  mempunya nama domain yang bisa diakses oleh orang kebanyakan dari  internet. Berikan pemahaman secara singkat tapi jelas.

Jangan berikan harga, ingat dalam surat penawaran itu teman-teman hanya mencantumkan info pentingnya marketing online dan terakhir teman tawarkan domain yang bagus dan cocok untuk  bisnis mereka ( yaitu domain yang tadi sudah kita punya ) dan data kontak kita, tentunya.

Buat surat penawaran sebanyak  kontak yang sudah dikumpulkan tadi.

Lalu kirimkan melalui jasa pengiriman.

Oke langkah penawaran sudah kita lakukan, tugas kita selanjutnya adalah menunggu mereka menghubungi  teman”. Dalam hal ini kita akan bermain diHukum rata”. Semakin banyak kita kirim surat penawaran semakin banyak kemungkinan akan yg menghubungi.

Dari pengalaman Aku, dari 7 surat penawaran setidaknya ada 3-4 orang yg menghubungi.

Nah setelah ada yg menghubungi, taro ada 3 toko yang menghubungi kita, jangan langsung kita kasih harga. Disini kita akan mainkan lagi perasaan mereka. Bikinlah semacam lelang domain. Kalau aku biasanya akan memanfatkan facebook sebagai sarana lelang.

Aku undang mereka untuk berteman di facebook.  Aku bikin sebuah lelang kecil” untuk menentukan siapa yang paling berani bayar tinggi.

Aku tidak menekankan teman’ menggunakan facebook sebagai sarana lelang. Karna tidak semua orang mau, bahkan terkadang mereka yang punya gengsi tinggi akan langsung menawar dengan harga bagus saat tau kalau kompetitornya berminat juga dengan Domain tersebut.

ingat, mainkan perasaan mereka, kita sampaikan juga bahwa Domain ini bukan Beliau saja yg minat tapi kompetitornya juga minat

==================================================================================

Sebetulnya model bisnis jualan Domain ini sudah banyak yang menjalinya, Cuma perbedaan dari apa yang aku jalani adalah

  1. Aku selalu menawan nama” domain yang benar-benar tertarget
  2. Aku selalu menjemput bola, yaitu dengan langsung mengontak target, tidak dengan menunggu .

Jangan terpokus seperti yang aku sampaikan diatas, kalau study diatas menggunakan keyword, kadang aku bertaruh hanya dengan 1 nama perusahaan saja.

Logikanya kalau anda punya nama perusahaan “ ikan berenang “ tentu ga akan rela kalau nama ‘ikan berenang’ dipegang oleh orang lain, sementara nama ‘ikan berenang’  itu sudah menjadi icon kejayaan anda. Pasti sekuat tenaga anda berusaha menguasi nama domain tersebut.

Soal harga yang akan anda patok itu akan kembali kepada berapa banyak penawaran yang masuk, seberapa besar perusahaan yang  jadi target anda. Kalau lagi Hoki dan fokus aku bisa menjual Domain antara 1-2 juta. Tapi kadang kalau dapatnya ikan teri, 500ribu aku syukiri aja. ( Secara kita order Domain hanya Rp.85.000,- 🙂 )

Catatan : disini kita hanya jual nama Domain, bukan menjual web atau jasa Build web. Kalau akhirnya mereka ingin sekalian membangun webnya dan mempercayakan ke teman-teman,  sementara skil teman-teman mentok, jangan takut. Teman’ bisa lemparkan proyeknya ke orang yang ahlinya. Di google banyak sekali jasa build web atau toko online.

Pasti masih banyak pertanyaan yang ada dalam benak teman-teman  gak akan cukup kalau sampai detail aku sampaikan disini, intinya teman-teman tau bagaimana peluang ini.

Salam Sukses.
Berdasarkan kisah yg dialami sendiri oleh : Kang juhadi 

Semoga bisa menginspirasi…….

15 Comments

odinkclassic

peluang. . .
orang gila butuh ide gila untuk mencapainya
dan ide gila butuh orang gila untuk menjalankannya..

hahahaha
mantap… I LIKE IT!!!!

Reply
sikabayan

saya juga main jual domain .. saat ini ada lebih dari 50 domain yang sudah saya beli .. terakhir penawaran pada salah satu domain saya sekitar USD$5,000 tetapi tidak saya lepas .. karena saya maunya lepas di USD$35,000 … soalnya 4 huruf dot com saja .. jadi memang jualan domain ini ada pasarnya di luar sana .. bahkan ada info domain bisa dihargai lebih dari $300.000 … padahal modal beli domain “cuma” USD$10 😀 …. 😀

Reply
irfan

mas mnta no kontak tlpon.a ? sms atau miss call saja k no 083808000893. saya msh da prtnyaan dan penasaran mas.
terima kasih

Reply
dhenia

cukup terinsfirasii…
thanks yya info nya.,..
oo..yya..lw boleh mnta no kontak.a ..saya pngn share…coz baru mau blajar bisnis…

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *