Ide Bisnis Modal Kecil: Usaha Asinan Untungnya Manis

Yang Khas dari Asinan

Jika orang diminta menyebutkan jenis makanan yang identik dengan kota bogor, salah satu jawaban yang pasti disebut adalah asinan. Ke Bogor tak lengkap rasanya jika belum menikmati makanan yang satu ini. Namun,bukan berarti orang harus ke Bogor untuk bisa makan asinan. Kini, usaha asinan sudah banyak tersebar, tak hanya di Bogor tapi juga di kota-kota lainnya. Peluang usaha asinan sangat besar, mengingat makanan ini sudah memilki konsumen tetap.

Walaupun bernama asinan, rasa makanan ini jauh dari kata asin. Ada yang mengatakan, nama asinan berasal dari salah satu bahan baku yang digunakan di dalamnya, yaitu sawi asin. Cara penyajian makanan ini sangat mudah, Anda tinggal menambahkan kuah merah yang terasa segar, manis, dan asam di atas sayuran dan buah-buahan segar.

Terdapat tiga jenis asinan yang populer di pasaran, yaitu asinan sayuran, buah-buahan, dan campur (buah dan sayur). Asinan sayuran biasanya terdiri atas sawi asin, kubis, mentimun, taoge, tahu, dan kol segar. Sedangkan buah-buahan yang biasa dijadikan bahan asinan adalah nanas, salak, jambu, ubi, bengkuang, dan pepaya.

Deskripsi Usaha Asinan

Bahan Baku

Bahan baku utama asinan adalah sayuran dan buah-buahansegar. Segar tidaknya sayuran dan buah-buahan tersebut akan menentukan enak tidaknya cita rasa asinan. Bahan baku segar ini bisa diperoleh baik dipasar tradisional maupun modern. Sebaiknya Anda membeli bahan baku di pasar tradisional karena harganya jauh lebih murah. Satu hal yang harus diingat saat membeli bahan baku adalah pilihlah sayuran dan buah-buahan berkualitas baik-yang segar, tidak bercacat, dan tidak busuk.

Tempat Usaha

Tempat yang paling strategis untuk berjualan asinan di antaranya di lingkungan sekitar pasar, mal atau pusat perbelanjaan, kompleks perumahan, kawasan perkantoran, dan di pinggir jalan raya yang ramai. Carilah tempat usaha yang nyaman dan terjaga kebersihannya sehingga calin konsumen semakin tertarik untuk membeli.

Perlengkapan Usaha

Beberapa perlengkapan yang harus Anda miliki saat membuka usaha asinan diantaranya gerobak dengan etalase yang cukup untuk menyimpan sekaligus memajang sayuran dan buah-buahan atau asinan yang telah dibungkus. Selain itu, Anda juga membutuhkan beberapa toples untuk menyimpan kuah asinan , air gula merah, sawi asin, tahu, kacang tanah goreng, dan sambal. Pisau untuk mengiris buah dan sayur,piring/mangkuk,gelas,sendok dan garpu, serta kantong plastik adalah beberapa perlengkapan lain yang wajib Anda miliki

Karyawan

Di awal usaha, Anda bisa hanya mempekerjakan seorang karyawan. Karyawan tersebut bertugas untuk melayani pelanggan, sedangkan proses meracik asinan sebaiknya Anda kerjakan sendiri. Sebelum mulai bekerja, ada baiknya jika Anda memberikan pengarahan – pengarahan kepada karyawan agar proses pelayanan kepada konsumen berjalan lancar.kisaran upah karyawan adalah Rp 600.000 sampai Rp 800.000.

Promosi

Mempromosikan usaha bisa dilakukan antara lain dengan memasang spanduk ditempat usaha, menyebar brosur atau leaflet di lingkungan sekitar, menyediakan layanan pesan antar untuk pelanggan di wilayah dekat tempat usaha, dan menawarkan pemesanan dalam jumlah besar. Peluang layanan dalam jumlah besar ini sangat besar karena asinan termasuk salah satu menu yang sering dihidangkan di acara-acara arisan, pesta pernikahan, dan lain-lain. Tak ada salahnya untuk memberi tahu orang atau kerabat terdekat mengenai usaha Anda, baik lewat telepon maupun SMS. Bagaimanapun, jalinan pertemanan bisa menjadi sarana pemasaran dan promosi yang efektif. Berikut adalah perkiraan biaya yang harus Anda keluarkan untuk membuat spanduk, brosur, dan leaflet.

Harga Asinan

Asinan dapat dijual antara Rp6.000-Rp9.000 per porsi. Namun, khusus asinan campur, Anda bisa mematok harga yang sedikit lebih tinggi, misalnya Rp10.000. Itu karena bahan yang digunakan lebih beragam. Asinan berkualitas baik adalah yang tidak menggunakan bahan pengawet.

Risiko Usaha

Risiko berjualan asinan adalah produk ini tidak tahan lama. Ia hanya bisa bertahan dua sampai tiga hari. Oleh karena itu, sebelum berjualan Anda harus bisa memperkirakan jumlah porsi asinan yang bisa terjual. Selain itu, saat musim hujan, omset penjualan asinan biasanya akan menurun. Itu karena asinan adalah jenis makanan yang enak dikonsumsi di siang hari, terutama pada saat udara panas. Risiko lain adalah menurunnya pasokan beberapa jenis buah-buahan pada saat tertentu, yang diiringi dengan kenaikan harganya. Untuk menanggulangi risiko ini, Anda bisa meniadakan atau mengganti buah tersebut dengan jenis buah lainnya sampai pasokan kembali normal.

Contoh Resep

Asinan Sayuran

Bahan-bahan:

300 gr sawi asin

100 gr taoge

250 gr kacang tanah goreng (untuk taburan)

3 buah tahu putih (dipotong kotak)

2 buah mentimun (dipotong tipis)

Segenggam antanan(jika suka)

 

Bahan-bahan kuah:

3 sdm ebi kering (direndam ± 15 menit dalam air hangat, tiriskan dan haluskan)

10 buah cabai merah ukuran sedang (dihaluskan)

8 buah cabai rawit merah (dihaluskan)

300 gr gula pasir

½ sdt terasi (dihaluskan)

1 sdm garam

3 sdm cuka masak

1 ltr air

 

Cara membuat:

.   Kuah: didihkan air bersama ebi kering,cabai merah, cabai rawit merah, dan terasi yang telah dihaluskan. Masukkan gula pasir, garam, dan cuka masak. Setelah mendidih, angkat dan saring menggunakan saringan halus. Lalu dinginkan.

.   Cuci semua sayuran, lalu tiriskan.

.   Iris sayuran di atas piring dan tuangkan kuah secukupnya.

.   Sajikan dengan taburan kacang tanah goreng.

Analisis Usaha Asinan

Asumsi

  1. Masa pakai gerobak 2 tahun
  2. Masa pakai toples 2 tahun
  3. Masa pakai perlengkapan lain 2 tahun

Investasi

Biaya Operasional per Bulan

Pemasukan per bulan

Penjualan asinan:

100 bungkus/hari x Rp7.000/bungkus x 30 hari =Rp21.000.000

Keuntungan per Bulan

Laba       = total pemasukan-total biaya operasional

= Rp21.000.000 – Rp 15.464.166

= Rp5.535.834

Lama Balik Modal

Lama balik modal  = total investasi/laba

= Rp2.500.000/Rp5.535.834

= 0,45 bulan –»14 hari

Tips Menjalankan Usaha

  1. untuk membedakan asinan buatan Anda dengan yang lainnya, Anda bisa menambahkan kreasi lain pada asinan, misalnya dengan menambahkan ebi goreng.
  2. mengingat setiap konsumen memilki selera yang berbeda-beda ada yang suka pedas,ada juga yang tidak, sebaiknya Anda menempatkan kuah giling di toples terpisah.
franchise keren cafeos

9 Comments

nugroho bayu

😛
istri orang Bogor ,, rumah sekarang di Jatim,,asinan belum ada nh disini,,peluang gede nih!!!

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *