Iklan jamsiku mulai 110414 sampai 14 Mei 2014 Iklan mulai 1 april sd 31 may 2014 Iklan di Kampungwirausaha.com Iklan di Kampungwirausaha.com Iklan di Kampungwirausaha.com

Ide Usaha Modal Kecil: Belajar Bisnis Online dari NyariLokak.com

Pernahkah terpikir bahwa Faceboook yang berpenghasilan milyaran rupiah sebulan itu, awalnya juga hanya proyek iseng? Atau tokobagus.com dan berniaga.com yang sekarang menjadi leader untuk situs jual beli d Indonesia? Atau bagaimana konsep berita update perdetik yang diusung oleh detik.com begitu berhasil mencuri hati pengguna internet di Indonesia. Kabarnya, detik.com diakuisisi oleh trans corp senilai 800M rupiah! Dahsyat!

Itulah potensi pasar internet Indonesia yang luar biasa. Besar, massive dan terus tumbuh. Hingga, kini harusnya banyak dari kita yang mestinya mulai berpikir untuk menggarap pasar online Indonesia dengan serius, karena bisnis ini tidak memerlukan modal terlalu besar. Modal utamanya adalah kreatifitas dan keberanian mengambil kesempatan. Modalnya adalah kemampuan mengambil celah dan segmentasi pasar.

Okelah, kali ini saya akan mengulas sedikit tentang bisnis dot com ini. Lah kok tiba-tiba bicara soal bisnis online? Sebenarnya tidak tiba-tiba, saya sudah melakukan bisnis dot com ini sejak 2 tahun yang lalu, dan hasilnya -menurut saya- lebih dari cukup.

Beberapa hari terakhir ini saya sangat tertarik dengan sebuah ‘website jual-beli’ baru yang menurut saya unik dan bidikan pasarnya berani:

NYARILOKAK.COM

Berdiri di Palembang Sumatera Selatan, membidik pasar lokal Sumatera Selatan, menurut saya, sangat cerdik. Wajar bila pertumbuhannya begitu luar biasa. Web site ini di gawangi 2 orang bersahabat: Asep Puyak Putra dan Rulianto Kurniawan (a.k.a Boytra ). Kampung Wirausaha berhasil mewancarai sakah satu pendiri NYARILOKAK.COM; Asep Kuyak Putra. Berikut sebagian petikan wawancaranya:

Siapa sih pencetus ide dan founding father nyarilokak.com ini? Apa yg melatarbelakangi ide tersebut?

Pencetus ide awalnya adalah Rulianto Kurniawan (a.k.a Boytra ), dia adalah pencetus lahirnya Nyarilokak.com sebagai startuplokal Palembang, ide itu muncul ketika dia melihat bahwa di kota sebesar Palembang yang sangat potensial marketnya, malah tidak ada sebuah situs/web iklan baris yang bener2 fokus dan nge-branding. Kalo yangg nasional sih kita udah taulah yah? Berniaga dan tokobagus. Sebenarnya di Palembang pun sudah ada beberapa web sejenis sebelum kami, tapi web nya terkesan asal dan gak diurus dengan baik, akhirnya ya tenggelem gitu aje.

Kami mau serius mengembangkan Nyarilokak.com ini. Karena ini niatnya adalah startuplokal Palembang, maka dalam pemilihan nama pun dipikirkan baik-baik, mungkin temen-temen banyak menanyakan Nyari Lokak itu apa?

Dalam bahasa Palembang :

Nyari = cari,

Lokak= Rejeki/peluang/gawean,

Jadi Nyari Lokak adalah cari gawe, gitu gan. Dan kata Nyari Lokak itu sendiri sudah sangat melekat di keseharian wong Palembang.

Singkat cerita, setelah membeli domain tidak serta merta nyarilokak.com itu diurus. Karena kesibukan si Ruli, nyarilokak.com tetap jadi embrio, tersimpan di hosting dalam waktu cukup lama. Saya sendiri adalah teman akrab Ruli dari SMA, kita sering sharing tentang banyak hal, sebelum Nyarilokak.com ini kita juga ada project bersama.

Kalo bisa dibilang Moment lahirnya Nyarilokak.com adalah ketika kami berdua pulang dari Seminarnya Bang Ippho, di sanalah titik balik lahirnya Nyarilokak.com , kami bersinergi menyatukan dua kekuatan, dan secara resmi pada tanggal 25/06/2012 Nyarilokak.com di launching ke Publik.


Ke depannya; mau seperti apa situs ini berkembangnya, visinya?

Kami sudah menyusun beberapa Marketing Plan, buat NyariLokak.com, tepat nya ada 18 step yang saya bagi kedalam 4 fase, untuk visi jangka pendek (fase1).

NyariLokak.com Mempunyai Visi : “Menjadi PELOPOR website jual beli yang Terdepan di PALEMBANG”.

Kita maunya NyariLokak.com itu melekat di Pikiran wong Palembang, bahwa kalo mau nyari lokak yo? Di Nyarilokak.com.

Hal itu konsisten kami lakukan, alhamdulilah Progresnya luarbiasa! hari ke 5, setelah launching sudah 100 UV/day (100 kunjungan unik perhari; RED) dan sudah 230 iklan terlisting, Hari ke 8: alexa : Traffic Rank in ID: 32,687. (Makin kecil trafific rank Alexa, artinya pengunjung situs itu makin ramai dan ini dapat dilihat di alexa.com). Sesuatu yg patut di syukuri.

Oh iya, bisnis ini menjanjikan gak sih? Berapa modalnya? Bagaimana dapat duitnya?

Wah kalo prospek nya, ini menurut kami berdua yah gan, sangat menjanjikan. Seperti yang kita tahu trend iklan baris pernah meledak di tahun 2008-2009 dan sekarang mulai meredup, tapi saya yakin trend itu akan terulang, dan ketika trend itu terulang kami sudah melekat di hati dan pikiran orang Palembang dan Indonesia, aamiin :D

Untuk modalnya sendiri gak terlalu gede yah, kalo di itung-itung sih sekarang sudah habis kurang lebih $200.

Bagaimana dapat duitnya?

Kalo untuk sekarang kami gak terlalu pikirin dapat duit nya darimana, yang penting adalah Trafik! Trafik! dan Trafik!

Kato guru ane sih, kalo web banyak trafiknya mau diapain aja bisa, maksudnya sumber income nya bisa dari mana aja, tinggal kita pilih, jadi di awal ini kami gak terlalu pusing mikirin, ini untungnya dari mana,hehe, just do it n moving forward aja.

(Tambahan dari redaksi: Memang dalam bisnis dot.com, hal terpenting adalah trafik pengunjung. Makin ramai pengunjung sebuah website, makin berpotensilah dia untuk menghasilkan. Seperti juga sebuah toko di dunia nyata, makin ramai dikunjungi, logikanya makin besar hasilnya. Misalnya, dari 1000 orang kunjungan perhari pada sebuah toko online, ada 1% saja yang melakukan transaksi, artinya 10 orang melakukan transaksi setiap hari. Itu sangat luar biasa. Nah, untuk kasus NYARILOKAK.COM ini, karena masih baru, semuanya tentu masih gratis. Seiring berkembangnya waktu dan trafiknya, mungkin suatu saat, web ini akan membuat semacam listing premium yang berbayar, atau cara-cara lainnya)

Mengapa memilih model bisnis ini?

Sebenarnya saya juga seorang Publisher, Publisher galau tepatnya, saya sadari makin kesini, Google makin ketat, Kalo mau Survive yah harus bangun website yang baik. Kata temen2 sih ini bisnis AntiBanned :D selain itu jg web2 model gini nih kan, masuk kategori UGC (user generated content), saya kira Google update Algoritma apapun UGC akan tetap aman, karena memberikan manfaat yg jelas bagi user :D

(Publisher maksudnya: publisher periklanan google; atau yang lebih dikenal dengan Google Adsesnse.)

Apa saja yg harus dipersiapkan untuk membuat bisnis seperti ini? infra struktur apa? Keahlian apa yang diperlukan?

Kalo persiapan sih gak ada yah, Cuma kita kalo pagi sarapan aja yg banyak, biar kuat Online sampe lama,hehe *jitak* hehe

Saya sadari setiap bisnis itu baik kalo di tekuni dan di fokusin, suhu-suhu di sini pasti juga udah berbusa-busa tuh bilang kaya gitu, intinya adalah fokus. Ya, kita emang boleh punya banyak sumber income, tapi tetap harus ada satu yg menjadi induk nya, dan saya bersama Ruli sudah berkomitmen Nyarilokak.com harus sukses! Harus Besar! Dan harus untung! Hehe…
Kalo ditanya infra struktur apa? Ini ane kurang ngerti juga jawabnya gimana ye pak Lurah, hehe. Intinya kami berdua nyatuin kekuatan masing-masing aja, Ruli hebat coding, dan ane Jago Marketing (keliatan banci tampil yah,hehe). Kita saling support kalo ada kurang-kurang tiap individu gak segan turun tangan tanpa diminta. Alhamdulilah ane selama ini ngerasa klop dengan Ruli, semoga ke depan kami makin kompak. Dan Nyarilokak.com makin dikenal masyarakat luas, aamiin.

=======

Oke, sahabat warga Kampung Wirausaha yang kreatif, apa yang dapat kita pelajari dari artikel ini? Silahkan berkomentar dan bertanya di kolom kementar ya….

 

Comments

  1. subhan naro says:

    pingin selalu dikirim infonya. Sip…

      (Quote)  (Reply)

  2. Bisnis online tidak akan terbangun dengan modal kecil, karena garis bawah kesuksesan adalah modal besar dari sebuah rangkaian kecerdasan, luwes, globally, istiqomah dan tawadhu. Sebagaimana telah diberikan contoh oleh para sahabat rosul, antara lain Abdurrahman bin Auf, bahwa dia mampu mengglobal dengan sifat dan sikap seperti yg telah disebutkan.
    Sekarang jaman telah berubah, media super cepat sudah terbangun di atas infrastruktur yang kuat. Sekali lagi untuk mengingatkan bahwa, modal dasarnya tetap sama dan … tetap besar

      (Quote)  (Reply)

    1. Pak Lurah says:

      karangan bunga,

      Great….modal terbesarnya bukan uang ternyata… :)

        (Quote)  (Reply)

      1. Setujuuuuu….modal gak selamanya uang….
        Buat kawan2 lain yg butuh inspirasi lain, kunjungi:
        riza.web.id
        Terima kasih…semoga Indonesia menjadi “BANGSA PENGUSAHA”…aamiin…

          (Quote)  (Reply)

  3. fariz says:

    inspirasi luar biasa..
    hebatttttt

      (Quote)  (Reply)

    1. Pak Lurah says:

      sehebat yg baca dan koment nih :)

        (Quote)  (Reply)

  4. Cari Duit says:

    Wachhh mantapp…

      (Quote)  (Reply)

  5. rian says:

    setelah baca ini..jadi semangat untuk mengembangkan dan mengoptimalkan web yang untuk jualan online..
    semoga juga bisa sukses dan besar seperti nyarilokak.com

    fokus, ulet, tekun dan harus banyak belajar dari master-masternya… :razz:

      (Quote)  (Reply)

  6. Sering banget kendor semangat di bisnis dunia maya karena terbentur berbagai hal. Tapi baca artikel ini bikin semangat naik lagi . Kampungwirausaha.com memang top banget :razz: :razz:

      (Quote)  (Reply)

banner sabunherbalku.com
enervi iklan mulai 230114 hingga 280414 pusat jilbab murah mulai 160414 hingga 190714 buat website murah-iklan mulai 160114 hingga 190414 Herbeauty Masker, Masker Wajah Alami pusat jilbab murah mulai 160414 hingga 190714
Facebook kita