Inilah Cara Marketing Murah, Hasilkan Penjualan Maksimal

Pengen menggenjot penjualan dengan marketing yang heboh, apa daya dana tak cukup. Mungkinkah marketing dengan biaya murah tapi efektif dan menghasilkan penjualan maksimal? Anda perlu membaca artikel ini, kalau itu masalah yang sedang anda hadapi sekarang.

Banyak cara marketing berbiaya murah, dan ini hanyalah beberapa. Kreatifitas anda diperlukan di sini. Karena keterbatasan dana hanyalah tantangan yang harus ditaklukkan oleh entrepreneur sejati.

1. Gunakan komunitas

Inilah gunanya berkomunitas, Anda bisa mendapatkan pelanggan dari komunitas. Anda tidak perlu jauh-jauh berpikir bagaimana mengiklankan bisnis Anda. Lihat dulu disekitar Anda, Anda harus memanfaatkan komunitas yang ada disekitar Anda. Jika Anda tidak pernah mengikuti komunitas, Anda harus segera bergabung dan jelaskan bisnis Anda kepada mereka.

2. Kolaborasi Bekerjasama Pemasaran dengan Pengusaha Lain

Anda bisa melakukan kolaborasi dengan bisnis lain. Ini bukan kolaborasi yang mengharuskan Anda merger. Anda bisa menggunakan cara lain seperti bertukar pamphlet atau menggunakan voucher promosi. Cara ini juga berguna untuk bertukar pengalaman antar pebisnis. Ini sering juga disebut bundling. Ajaklah teman anda yang juga menjual barang untuk membuat paket jualan bersama. Misal, jika anda berjualan sabun atau shampo, anda bisa bekerjasama dengan teman anda yang buka jasa Salon Kecantikan untuk promo bersama. Misal, bersama-sama bikin brosur atau alat promosi lain seperti ini: Dapatkan paket perawatan wajah plus-plus, gratis shampo “anda”. Dan sebagainya.

data base toko online 1nop-2des17

3. Suruh pelanggan ajak temannya

Walaupun terlihat sepele, ini adalah hal yang lumayan penting dalam berbisnis. Misalnya, Anda bisa melihat mana pelanggan yang senang dengan produk Anda. Dan jangan ragu untuk memberitahu mereka agar mengajak beberapa teman agar juga menggunakan produk Anda. Cara ini sangat ampuh, jika Anda bingung sebenarnya ini adalah cara apa, ini adalah cara promosi dari mulut ke mulut. Atau anda bisa gunakan sistem member-get-member, yang memberikan komisi kepada pelanggan anda yang mengajak temannya. Komisi tidak harus berupa uang, namun bisa berupa diskon produk anda yang lain atau sekedar buah tangan atau gift.

marketing kreatif

marketing kreatif, gak harus mahal. Yang penting efeknya!

4. Berikan diskon

Jangan sungkan-sungkan untuk memberikan diskon kepada pelanggan Anda. Misalnya, Anda dapat memberikan diskon ketika sudah membeli produk Anda 3 sampai 4 kali. Cara ini dapat sangat ampuh untuk menarik pelanggan. Gunakan juga kupon yang dapat dikumpulkan beberapa kali untuk mendapatkan potongan harga. Selain diskon, Anda juga bisa memberikan sample atau gratis.

5. Anda yang menjadi marketer

Ini adalah cara yang terakhir, Anda yang menjadi marketing untuk bisnis Anda sendiri. Sebenarnya, ini adalah hal yang wajib Anda lakukan, Anda harus habis-habisan mempromosikan bisnis Anda sendiri. Ini adalah cara marketing paling murah dan bahkan gratis. Walaupun Anda tidak terlalu bisa untuk berpromosi, Anda bisa menggunakan cara lain. Misalnya bertukar kartu nama atau promosi lewat sosial media pribadi Anda. Pertama yang bisa Anda lakukan adalah Anda bisa berpromosi kepada keluarga, saudara dan teman dekat-dekat Anda.

Oke selamat praktek dan mengasah kreatifitas. Tidak ada yang tak mungkin jika kita mau. Selamat berpromosi!

10 Comments

joko bagus

Bermanfaat sekali tulisannya, semoga tuhan membalas kebaikan anda, amin, cuman saya nanyak frofit itu sebaiknya berapa persen

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *