Inspirasi Bisnis : Dari Jakarta ke Surabaya Modal 44.000 Rupiah? Bisa!

Masih ingat iklan mobil Isuzu Panther? Cring…cring….empat-puluh empat ribu! (dengan logat Bali)

Ya, iklan mobil itu mengatakan perjalanan Jakarta-Surabaya hanya menghabiskan BBM senilai 44ribu rupiah saja. Waktu itu harga BBM solar berapa ya seliternya? hihihihi.

Nah, Sekarang pertanyaannya,“MUNGKINKAH sekarang KITA MELAKUKAN PERJALANAN JAKARTA-SURABAYA dengan MODAL 44Ribu?”

Kalau pakai logika orang sekolahan, jelas tidak mungkin. Karena ongkos termurah kereta atau bis kelas ekonomi saja sudah diangka seratusan ribu. Tapi, jika seorang yang bermental entrepreneur, MUNGKIN! Karena bagi seorang entrepreneur, NOTHING is IMPOSSIBLE, and IMPOSSIBLE is NOTHING.

CARANYA?????

Caranya adalah, uang tersebut dibelikan aqua gelas, dan dijajakan diatas kereta api/bus ekonomi. Nah, Jadi mungkin kan?

Dengan menjajakan aqua gelas seperti ini kita jadi bisa melakukan perjalanan Jakarta – Surabaya gratis plus dapet keuntungan dari hasil jualan kita (kalau laku). Jadi pengasong di KA/Bis ekonomi biasanya tidak dipungut biaya oleh kondektur. Satu-satunya yang harus dikorbankan adalah waktu, tenaga dan kenyamanan.

Inilah yang disebut bermental pengusaha. Atau saya lebih suka menyebutnya dengan: Kecerdasan Pengusaha yang menggunakan otak kanan. Demi mencapai Surabaya dengan uang 44rb,kita mampu mengorbankan rasa malu dan rasa lelah. Mental seperti inilah yang seringkali ditanyakan dan tidak dimiliki oleh orang yang bercita-cita jadi entrepreneur, namun sangat pekat dengan ilmu sekolahan, alias produk sekolahan Indonesia.

Sungguh, jangan MUNGKIR, jangan DIBANTAH, sekolah kita (minimum 12 tahun SD-SMA) mengajarkan kita berpikir yang normal-naormal saja, berpikir linier, tidak berani mengambil resiko, takut gagal, malu, gengsi dan sebagainya. Sekolah tidak mengajarkan kita berpikir OUT OF THE BOX, yang terbukti banyak membawa orang menjadi seorang yang sukses luar biasa dengan cara yang mudah dan sederhana. Saya suka menyebut keadaan berpikir out of the box ini sebagai: KISS (Keep It a Simple Stupid). Atau, carilah solusi dengan cara GOBLOK! 🙂

Seorang yang bercita-cita jadi entrepreneur sukses, harus mempersiapkan mental seperti ini, yang berani lelah, berani mengambil resiko ditolak, diusir (oleh kondektur), bahkan menghabiskan waktu yang lebih banyak dari apa yang kita duga sebelumnya.

Okey, ini dulu. Capek ngetiknya. Nanti kalau sudah keluar gila saya, Insya Allah akan kita sambung dengan bahasan tentang:

APA SAJA YANG HARUS KITA PERSIAPKAN SECARA MENTAL UNTUK JADI SEORANG ENTREPRENEUR

Bersambung….ya….  😀

22 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.