banner sabunherbalku.com

Inspirasi Bisnis: Ini Dia Persiapan Mental untuk Menjadi Entrepreneur Sukses

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya: Dari Jakarta ke Surabaya Modal 44.000 Rupiah? Bisa!

APA SAJA YANG HARUS KITA PERSIAPKAN SECARA MENTAL UNTUK JADI SEORANG ENTREPRENEUR? Setidaknya ada 2 hal yang harus kita perhatikan:

1. Tujuan Inti dari Berbisnis

Semua tindakan yang dilakukan pasti mempunyai tujuan khusus. Pun begitu dalam memulai bisnis. Apa sih tujuan yang akan dicapai?

Sering orang lupa untuk menetapkan tujuan ini. Kalau dalam bahasa agama ini disebut “NIAT”. Karena seseorang akan memperoleh hasil pekerjaannya (baca: amalannya) sesuai dengan NIAT atau tujuannya.

Ada bisnis yang dilakukan hanya sekedar coba-coba, atau untuk menambah penghasilan, atau bahkan karena tidak mempunyai pilihan lain selain berwiraswasta. Ada juga yang menetapkan tujuan hidupnya hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari saja. Bisa dibayangkan apa yang bakal dilakukan selanjutnya jika tujuannya hanya itu.

Ambillah contoh, misal kita berjualan PULSA TELEPON, ya hanya sekedar berjualan pulsa saja yang hasilnya hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tidak ada tindakan dan langkah-langkah “unik” untuk berinovasi menghasilkan layanan baru atau membuka pasar baru sehingga jangkauannya lebih luas. Padahal, kemungkinan itu terbuka lebar di depan mata.

Tujuan Inti berbisnis seharusnya adalah proses menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Bersabar menanti hasil yang besar. Sabar, menjadi kata kunci disini. Nafsu kadang menggiring kita untuk bertindak tergesa-gesa, ingin hasil besar dalam waktu singkat. Mari kita cermati lagi artikel sebelumnya: Dari Jakarta ke Surabaya Modal 44.000 Rupiah? Bisa!. Itu perjalanan dapat kita lakukan asalkan kita mampu BERSABAR, Mengorbankan waktu dan tenaga.

Lihatlah bagaimana Ir. Ciputra berbisnis property. Beliau tidak langsung jadi kaya begitu memulai bisnis. Ia melakukan segala prosesnya, langkah demi langkah, tahap demi tahap, dengan segala perjuangan pengorbana yang melibatkan tenaga, fisik, pikiran dan waktu. Proses itu bahkan memakan waktu puluhan tahun. Dan ia berhasil! sehingga bisa bilang: IT WORKS! yesss!!!

Bagaimana dengan ANDA?

Sudahkah melalui semua prosesnya untuk menuju pada tujuan inti? Sudahkah BERSABAR, ULET dan tak kenal menyerah ada pada diri kita? LET’s GO!!!

2. YAKIN Sanggup Menjalankan

Ragu-ragu sering membuat gagal! Jadi, anda harus yakin bahwa bisnis yang tengah dijalani akan sukses besar, meski banyak hambatan dan rintangan di depan. Nah, Seberapa YAKINKAH anda terhadap bisnis yang sedang dilakukan saat ini?

Untuk menjawabnya sangat mudah. Mari kita lihat apa yang kita kerjakan saat ini:

Jika anda belum mempunyai bisnis, anda bingung mau bisnis apa. Lalu bertanyalah anda pada teman-teman. Jawaban teman sering kali mempengaruhi cara berpikir. Sehingga pada akhirnya anda memilih menjalankan bisnis sesuai saran teman. Padahal kebanyakan bisnis yang sukses adalah bisnis yang dilakukan dengan inisiatif sendiri, berasal dari diri sendiri, keyakinan sendiri. maka mulailah dengan menanyakan diri sendiri, “APA SIH YANG AKU SUKAI?” Mulai dari sana.

Hobby bahkan bisa jadi bisnis anda! Jika anda sudah punya bisnis, mungkin tanpa disadari kita sering melirik jenis bisnis diluar core bisnis kita. Melihat ada bisnis lain yang sepertinya lebih menguntungkan, kita cepat-cepat berpindah haluan, berfokus pada bisnis baru tersebut dan melupakan/melalaikan bisnis lama. Dan “BURUK” nya, cara ini dilakukan berulangkali akibat keragu-raguan pada diri sendiri bahwa bisnis yang sedang dilakukan akan sukses besar nantinya.  Akibatnya sudah bisa ditebak, bahwa kita hanya akan menjadi “PETUALANG” bisnis yang tidak pernah mampu membangun sebuah kerajaan bisnis yang kecil sekalipun!

Bagaimana dengan anda?

Apakah anda sanggup menjalankan bisnis yang sudah dipilih dengan sepenuh jiwa apapun rintangannya?

Ragu itu muncul karena ketakutan terhadap akibat” yang sebenarnya belum terjadi. Pengusaha sukses sering bercerita bahwa mereka sebenarnya hanya bermodal”NEKAT”. Yang dimaksud bermodal “NEKAT” sebenarnya adalah “MODAL TEKAD”. Berani menanggung akibat dari pilihan mereka…apapun itu.

SIAAAPPPPP???????

 

Comments

  1. whiebowo tea says:

    siap bos…..
    siap dengan segala resiko pokonya…heeeee

  2. sanjaya says:

    siap!!!
    masadepan yg cerah telah menanti.
    percaya pd diri dg harapan dan keyakinan

  3. […] keuntungan. Ketidakpahaman makna sebenarnya dari dagang dan bisnis ini membuat kita yang memiliki tujuan mulia untuk berbisnis, justru terjerumus menjadi BERGADANG eh, berdagang. Kita tidak pernah menyadari hal ini sampai […]

  4. ASalim says:

    Ingin sukses perlu usaha ,melalui proses kadang2 harus pula berliku-liku. Semoga sukses selalu.

  5. […] Inspirasi Bisnis: Ini Dia Persiapan Mental untuk Menjadi Entrepreneur Sukses […]

  6. […] keuntungan. Ketidakpahaman makna sebenarnya dari dagang dan bisnis ini membuat kita yang memiliki tujuan mulia untuk berbisnis, justru terjerumus menjadi BERGADANG eh, berdagang. Kita tidak pernah menyadari hal ini sampai […]

  7. fariz says:

    :razz:
    siap, jadi makin semangat

  8. jarwo says:

    bisnis katanya akan lebih mudah jika tema bisnis adalah tema yang kita sukai atau hobby, naaahhh masalahnya kalau kesulitan mencari tau apa yang kita suka dan apa hobby kita gmn gan?? hehehe…

  9. Pak Lurah says:

    jarwo,

    lah piye kui, yg disenangi diri sendiri aja gak bisa nyari… :grin:
    repot iki.

  10. iya, mental dan doa itu utama

banner sabunherbalku.com
Share Yuk :)
pusat grosir minuman bubuk powder drink pusat grosir baju anak hingga 15 januari 2015
pusat konveksi kaos polos terbesar dan termurah Herbeauty Masker, Masker Wajah Alami
Facebook kita