Inspirasi Bisnis: Sukses Tanpa Modal ala Bob sadino

Keadaan, sepertiΒ  apapun itu, ya jangan disalahkan. Keadaan kamu sekarang itu memang begitu adanya. Itu hasil kerja dari rangkaian keadaan dan pikiran yang kamu buat sebelumnya.

Jadi,” Jangan Mengeluhkan Keadaan”!!!

Bagaimana dan apapun kata orang, seorang Bob Sadino adalah contoh unik dari seorang pengusaha sukses, sekaligus ‘agak’ gila. Saya banyak terinspirasi dari perkataan, cerita dan motivasi yang om Bob sampaikan. Kali ini kita akan coba mengulas sedikit soal bagaimana memulai sebuah usaha tanpa modal sama sekali. Modal yang disini tentu modal uang, ya…

Pernah sekali waktu, om Bob bercerita, dulu ketika dia belum sesukses sekarang, dia mencari peluang dari menjual kue keliling milik tetangganya. Biasa aja ya? Sabar, yang luar biasa adalah ide dan dialognya. Mari kita simak, yuk!

Suatu hari, om Bob bingung mau punya usaha, tapi dia gak ‘gablek’ duit. maka dia datangi tetangganya yang dia lihat menjual kue buatan sendiri. Dia datang dengan penawaran, bukan meminta pekerjaan.

Perhatikan dialognya kira-kira seperti ini:

Bob: Wah, sepertinya ibu rajin bikin kue ya? Laris, Bu?

Tetangga: Ya Alhamdulillah, dek. Banyak pesenan. (Waktu itu om Bob masih muda, ceritanya…)

Bob: Apa gak capek bu, bikin kue banyak begitu, terus harus jualan lagi?

Tetangga: Ya capeklah, namanya juga usaha.

Bob: Hmm…saya punya ide. Gimana kalau Ibu sekarang gak usah jualan lagi. Biar saya saja yang jualin. Biar saya saja yang keliling bawa kue ibu untuk ditawar-tawarkan. Jadi ibu di rumah aja, bikin kue terus. Soal bagian saya, bisa diaturlah. Gimana ide saya?

Tetangga: Ide bagus! Tapi kalau ntar lakunya dikit, saya malah tekor bayar dek Bob. Maaf dek, saya gak mau…

Bob: Gini, Bu. selama ini, Ibu kan hanya punya waktu menjual kue sedikit. Waktunya malah banyak dihabiskan untuk bikin kue terus. Gimana kalau kita bagi-bagi tugas aja. Kalau saya yang jualin kuenya, saya punya lebih banyak waktu dibanding ibu. Karena waktu saya lebih panjang, lakunya mestinya lebih banyak, kan Bu. Lagi pula, selain itu, Ibu jadi punya waktu yang lebih longgar untuk bikin kue lebih banyak lagi.

Oke deh, kalau Ibu khawatir soal bayaran saya, gini aja, kita coba aja seminggu ini. Ntar, kalau hasilnya gak bagus, Ibu gak usah bayar saya deh…Keuntungan semua untuk ibu. Beneran, kalau seminggu ini hasilnya tidak bagus, saya gak usah dapet bagian.

Tetangga: Hmmmm….. (mulai mikir dia! Hehehehe)
Oke deh, mulai besok ya??!!

Nah, hebatkan…tiba-tiba seorang Bob Sadino muda punya bisnis jualan kue, tanpa modal, tanpa perlu punya keahlian bikin kue. Cara bepikir dan bertindak seperti inilah yang harus kita pupuk terus, agar sukses. Ambillah resiko, ambil juga sebagian resiko mitra yang diajak kerja sama menjadi resiko kita sendiri. Tawarkan sesuatu, bukan meminta sesuatu!

===

Satu lagi, suatu saat Bob Sadino telah sukses. Lalu datanglah seorang pemuda padanya mengeluhkan keadaan yang serba sulit. Intinya dia minta dibantu.

Pemuda: Ampun om Bob, gimana ini, saya selalu gagal.

Bob: Kok bisa gagal?

Pemuda: Lamaran kerja ditolak dimana-mana…termasuk di perusahaan Om Bob.

Bob: Gak diterima kerja, ya bikin usaha dong!

Pemuda: Bikin usaha? Modalnya dari mana??

Bob: Hmmm….gitu ya. Gimana kalau kamu saya pinjemin modal untuk usaha. Biar jadi sukses seperti saya. Berapa modal yang kamu butuhkan?

Pemuda: Berapa ya? Terus untuk usaha apa ya? saya gak punya ide, nih Om.

Bob:Β  Aku sih ada ide buat bisnismu. Ini ada ide bagus. Mau gak?

Pemuda: Wah, makasih sekali om. Tapi gimana kalau idenya ntar gak cocok buat saya?

Bob: Ya, dicoba aja dulu…( sambil mengambil kertas dan alat tulis, menerangkan ide usahanya)

Pemuda: Wah, keren Om. saya coba deh. Tapi Om, maaf nih, gimana nanti kalau gagal?

Bob: Mau berhasil kok takut gagal! Kuno!

Pemuda: Oke, baiklah Om, saya terima dan akan saya coba. Tapi nanti kalau gagal, saya dapet keringanan dalam pengembalian modalnya, kan??

Bob: ……….. #%$#@

Lihat, keadaan apapun, selalu saja bisa dijadikan keluhan bagi seorang yang tidak percaya diri. Masih seperti itu anda?

Semoga tidak ya……..

(Sambil menyelesaikan tulisan ini, saya mbatin dan mikir, kek nya, pasti nanti ada yang minta diperlakukan ‘istimewa’ seperti si pemuda…hehehehehe)

data base toko online 1nop-2des17

16 Comments

Nengah Mardita

om BOB saya nengah dr bali saya seorang pedagang telor keliling dan punya konter pulsa kecil, saya mau tanya setiap ada masalah dengan usaha yg saya miliki,kok saya nggak bisa sabar ya gimana cara mengatasi itu ???

Reply
Rere

πŸ˜₯ om…sya slalu saja dimanfaatin ma tmen2 yg kbetulan mreka punya modal
beberapa kali ngejalanin usaha milik teman sperti loundry,counter hp,angkringan,juga jualan bakso udah prnah sy jlani,smua sukses,maju,usaha jalan,tp setelah berkembang,jalan justryu sya yg mereka singkirin
sy sadar sy punya potensi dalam usaha,tp orangtua g pernah mndukung sy, mreka lebih suka sy bekerja sbagai karyawan,sampai saat ini sy masih dgn tekad sy pengen usaha sndiri,
krna g mmliki modal,sy berencna ingin membuka usaha jasa setrika yg sepertinya tidak terlalu membutuhkan modal banyak
mohon saran dari om bob gmana supaya ide usaha saya bisa berjalan,tentunya om bob lebih berpengalaman untuk mengembangkan sebuah usaha
terimakasih
sukses untuk kita semua

Reply
Don

nah, kita harus bisa berpikir sprti om bob ini,
jangan pernah menyerah kalau menghadapi masalah,
karena memang masalah itu salah satu halangan kita menuju kesuksesan, kalau kita menyerah lalu kapan kita sukses? πŸ˜€

Reply
donny rinaldy

kenalkan om nama saya donny dari medan . saya pekerja tapi uang gaji saya hitung hitung habislah tengah bulan buat bayar uang sekolah anak dan keperluan rumah tangga sehari hari .
ada bisnis menjanjikan om jual sabun herbal kebetulan dimedan belum ada jadi saya mau minta dukungan nya om boleh
klo bisa pinjaman lunak om sekitar 2 juta om beli sabun sekitar 250 pcs dengan harga 7500/pcs dan dengan keutungan sekitar 30 – 40 % om terima kasih ya om

Reply
karna sumarna

om bob sy tinggal di karawang. Di samping kmpng saya ada kawasan industri yg cukup besar & terkenal…kira” usaha apa yg jalani, pnddkn sy SMK….mhn ide,saran & bimbingan nya…mksh. Di tunggu email nya.

Reply
anak kampung

Heran saya!!!!
yang punya website kan om rully, kok pada curhat sama om bob sih??? kan om bob itu tokoh yg diceritakan dalam artikel ini. Yg nyambung atuh kalau baca sesuatu teh!

Reply
kesugihan

segala sesuatu perlu di coba demi meraih kesuksesan,….. masalah bersahasil atau tidak….. waktu yang menentukan…….. manusia sifatnya hanya berusaha

Reply
Beni Enos

πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ sangat sangat baik Om, saya sudah benar menanggapi masalah saya tapi kadang ada rasa putus asa yg selalu saya lawan. selama ini spekulasi saya yg kurang baik sehingga usaha saya kurang cepat nanjak, pengeluaran saya yg gak ter maneg dengan hasil memuat hutang hutang saya bertambah dari tahun ke tahun.

benar memang berserah kepadaNYA adalh kunci jawaban nya, walau sulit mulai malm inmi saya akan lakukan….. TRIMAKASIH

Reply
fikter setiawan

salam kenal om bob……….saya seorang karyawan devoloper property. saya mau nanya nie kalo liat dari motivasi om bob keliatannya keren dan menarik untuk dijalankan. diperusahaan sedang ada masalah dg namanya cash flow dan masalah dg mitra apalagi dg konsumen. beberapa kali sy mencoba mendekati tp malah bhs menuntut yg ada. Saya tetap krj walo ga digaji tiga kali mencoba bersabar krn sy yakin perusahaan bs bangkit. dulu berawal dr jatuh bangun hanya modal 200jt sekarang pengeluaran perusahaan bs 50M. apa kunci dan motivasi saran kpd sy spy sy kuat tahan dan berpotensi jd pengembang dg tdk punya modal om…………..

Reply
Lucia

Salam kenal om bob nma sya luci usia 17 sya mau mnta pndpat ne om kra2 usaha ap yg pas buat ank umuran sya ..

Reply
Lim

Kenapa pada curhat ke bob sadino, bob sadino ga bikin artikel ini, apalagi baca komen disini ..

Reply
Aziizah

nah pengalaman dan masukan dari om Bob bisa jadi motivasi dan penguat saya agar tetap optimis dalam menjalankan bisnis maupun kerja diperusahaan yang saya kuasai
yang akan saya tanyakan,bagaimana caranya agar saya bisa PD untuk menjalani bisnis online tersebut??

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *