Kesempatan dan Peluang Bagus: Helm SNI

Sedikit ide karena kemungkinan permintaan akan tinggi…

Sejak 1 April 2010 yang lau, diberlakukan aturan wajib mengenakan helm berstandar Nasional (SNI) bagi pengendara sepeda motor. Hukuman dendanya bila tidak menggunakan helm SNI ini, tidak tanggung-tanggung yaitu sebesar Rp. 250.000,-

Siapa mau mengambil kesempatan ini sebelum trennya habis?

Helm SNI berklasifikasi helm terbuka (open face) dan helm tertutup (full -face)  adalah:

Bahan helm harus dibuat dari bahan yang kuat dan bukan logam, tidak berubah meskipun berada  di ruang terbuka pada suhu 0 derajat C sampai 55 derajat C selama 4 jam, tidak terpengaruh oleh radiasi ultra violet, serta harus tahan  oleh pengaruh bensin, minyak, sabun, air, deterjen dan pembersih lainnya.

Konstruksi Helm juga ada aturannya, bahwa konstruksi harus terdiri dari tempurung keras dengan permukaan halus, lapisan peredam benturan dan tali pengikat ke dagu. (Sumber: www.bsn.go.id)

Sepeda motor pada akhir tahun 2008 tercatat berjumlah 49 juta unit dengan pertumbuhan nasional sekitar 10 persen per tahun, diperkirakan akhir tahun 2010 jumlah sepeda motor mendekati 60 juta unit.  Angka yang fantastis. Diatambah lagi, biasaynay setiap sepeda motor paling tidak memiliki 2 buah helm. Sehingga diperkirakan seara kasar, dibutuhkan sekitar 100 juta unit helm ber-SNI.
Memang, sekarang terlihat penjual helm sangat banyak, namun sepertinya tahun ini masih dibutuhkan tambahan pedagang helm ber SNI ini mengingat kebutuhannya akan semakin besar, karena aturan penggunaan helm SNI secara bertahap akan berlaku di seluruh wilayah Indonesia, bukan di jakarta saja.

Anda tertarik dengan angka-angka statistik di atas?

Hayo segera berburu produsen helm SNI……hehehehehe…

Informasi merek helm dari liputan 6:

Berikut jenis Helm yang sudah Standar Nasional Indonesia (SNI), seperti dikutip dari Traffic Management Center Kepolisian Daerah Metro Jaya:

1. NHK
2. GM
3. VOG
4. MAZ
5. MIX
6. INK
7. KYT
8. MDS
9. BMC
10. HIU
11. JPN
12. BESTI
13. CROSX
14. SMI
15. SHC
16. OTOKOGI
17. CABERG
18. HBC
19. Cargloss Helmet

Sementara helm-helm bermerek terkenal yang belum memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) antara lain :

1. Nolan
2. Arai
3. AGV
4. Shoei
5. Shark
6. KBC

25 Comments

fulblogger

Helm sangatlah penting bagi pengedara motor.
dan saya setuju dengan adanya standar helm ini dan ini akan membuat pengedara lebih safety

Reply
Daun Muda

Menurut sya sih, helm apapun yang penting kualitasnya,kalo belum memiliki Standar Nasional Indonesia tapi kualitasnya melebihi SNI sndiri gimana coba? :mrgreen:

Reply
admin

hehehehe….fokus kita di bisnisnya kok..masalah aturan di Indonesia kan memang suka aneh gitu…tapi kalo kita jeli, keanehan itu bisa kita manfaatkan, kan? hehehe..go entrepreneur….

Reply
admin

anax kolonx: klo aq pngen bisnis cuci helmnya….tlong dimuat dong di sini,,,ktanya dah ada yg di franchise kan…  

terimakasih atas usulannya, kita coba langsung cari informasi dari sumbernya, tunggu saja…

Reply
Herdoni Wahyono

Kita yang di daerah diingatkan untuk menyalakan lampu di siang hari (roda dua, sepeda motor) dan pakai helm standard SNI atau ditilang. Sebagai warga negara yang baik kita harus mentaati peraturan lalu lintas. Perkembangan kepemilikan sepeda motor memang sangat luar biasa, sehingga hal ini juga merupakan peluang usaha yang bagus bagi penjual helm SNI. Dibutuhkan sekitar 100 juta helm ber-SNI adalah suatu angka yang fantastis. Trims sharingnya sobat.

Reply
adhi

Kalau polisi Nilang orang yg pake helm di bawah ini
1. Nolan 2. Arai 3. AGV 4. Shoei 5. Shark 6. KBC
karena nggak ada logo standar SNI nya itu orang goblok! Helm di bawah sudah melebihi kekuatan standar SNI! Hebat mana sih standar SNI sama standar international..??? tu Helm merk di atas sudah di pake pembalab moto GP, Nolan di pake Stoner, AGV di pake Rossi, Shoei hampir semua pembalab begitu pula yg lainnya. Bahan tu helm sudah karbon kevlar atau sejenisnya. puluhan kali lebih kuat daripada helm SNI yang masih gabus sama plastik. Adu aja kalau nggak percaya, Helm SNI pukul dulu tu merk helm di atas 10 x pun boleh, terus gantian Helm merk di atas pukul Helm SNI dijamin remek Helm SNI. So….logo SNI bukanlah standar mutlak kalau nggak ada logo SNI itu helm nggak selamat! apalagi itu helm impor merk terkenal yg asli. Kecuali helm murahan buatan lokal kalau nggak ada logo SNI nya baru itu helm yg nggak bener dan nggak selamat.

Reply
admin

terimakasih atas infonya….
tapi apa polisinya tahu standar DOT? atau malah pura-pura gak tahu? hehehehe…

Reply
pena aksi

selain helm..kayaknya knalpot juga harus di SNI deh..biar g bnyak polusi lagi….dan ladang bisnis makin banyak..hehehe

Reply
admin

hahahaha..bisa aja si mas ini….
pokoke hidup standarisasi..hidup peluang usaha..hidup entrepreneur….

Reply
firdaus

demi keamanan dan kenyamanan bersepeda motor pakailah helem merek AVA degan teknologi KOREA yang sudah SNI, Jika tertarik kami dapat menyediakan helem bukan hanya ber SNI tetepi juga suhah DOT terlebih pengaman muka (disebut kaca helem) terbuat dariPOLYCARBONATE (PC), dan sudah di cotting UV, sehingga pandangan menjadi lebih jernih, baik dipakai siang hari maupun malam hari jadi sangat aman untuk pera pengendara motor. Anda tertarik hub saya 08161488836

Reply
Bisnis Hot: Jasa Cuci Helm

[…] kendaraan roda dua atau sepeda motor yang sangat signifikan tiap tahunnya, membuat Bisnis Cuci Helm (Salon Helm) menjadi salah satu usaha yang perlu diperhitungakan. Bisnis cuci helm di Indonesia […]

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *