Kesempatan dan Peluang Bagus: Helm SNI

Sedikit ide karena kemungkinan permintaan akan tinggi…

Sejak 1 April 2010 yang lau, diberlakukan aturan wajib mengenakan helm berstandar Nasional (SNI) bagi pengendara sepeda motor. Hukuman dendanya bila tidak menggunakan helm SNI ini, tidak tanggung-tanggung yaitu sebesar Rp. 250.000,-

Siapa mau mengambil kesempatan ini sebelum trennya habis?

Helm SNI berklasifikasi helm terbuka (open face) dan helm tertutup (full -face)  adalah:

Bahan helm harus dibuat dari bahan yang kuat dan bukan logam, tidak berubah meskipun berada  di ruang terbuka pada suhu 0 derajat C sampai 55 derajat C selama 4 jam, tidak terpengaruh oleh radiasi ultra violet, serta harus tahan  oleh pengaruh bensin, minyak, sabun, air, deterjen dan pembersih lainnya.

Konstruksi Helm juga ada aturannya, bahwa konstruksi harus terdiri dari tempurung keras dengan permukaan halus, lapisan peredam benturan dan tali pengikat ke dagu. (Sumber: www.bsn.go.id)

Sepeda motor pada akhir tahun 2008 tercatat berjumlah 49 juta unit dengan pertumbuhan nasional sekitar 10 persen per tahun, diperkirakan akhir tahun 2010 jumlah sepeda motor mendekati 60 juta unit.  Angka yang fantastis. Diatambah lagi, biasaynay setiap sepeda motor paling tidak memiliki 2 buah helm. Sehingga diperkirakan seara kasar, dibutuhkan sekitar 100 juta unit helm ber-SNI.
Memang, sekarang terlihat penjual helm sangat banyak, namun sepertinya tahun ini masih dibutuhkan tambahan pedagang helm ber SNI ini mengingat kebutuhannya akan semakin besar, karena aturan penggunaan helm SNI secara bertahap akan berlaku di seluruh wilayah Indonesia, bukan di jakarta saja.

Anda tertarik dengan angka-angka statistik di atas?

Hayo segera berburu produsen helm SNI……hehehehehe…

Informasi merek helm dari liputan 6:

Berikut jenis Helm yang sudah Standar Nasional Indonesia (SNI), seperti dikutip dari Traffic Management Center Kepolisian Daerah Metro Jaya:

1. NHK
2. GM
3. VOG
4. MAZ
5. MIX
6. INK
7. KYT
8. MDS
9. BMC
10. HIU
11. JPN
12. BESTI
13. CROSX
14. SMI
15. SHC
16. OTOKOGI
17. CABERG
18. HBC
19. Cargloss Helmet

Sementara helm-helm bermerek terkenal yang belum memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) antara lain :

1. Nolan
2. Arai
3. AGV
4. Shoei
5. Shark
6. KBC

Originally posted 2010-04-14 02:41:33.

25 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.