Kisah Pengusaha Sukses: Basrizal Koto, Pengusaha Sukses yang Tak Tamat SD

BasKo atau nama lengkapnya Basrizal Koto lahir di Pariaman, SumBar tahun 1959.  Ia seorang pengusaha sukses berbisnis di banyak bidang, seperti: media, percetakan, pertambangan, peternakan, perhotelan properti, dan lain-lain. Masa kecilnya yang serba kekurangan memaksanya bekerja keras dan bertekad kuat melawan kemiskinan. Dia tak mau menyalahkan keadaan. Karena memang sudah takdirnya dilahirkan dari keluarga yang serba kekurangan. Menyalahkan takdir, sama dengan menggugat ketentuan ALLAH, katanya. Dia benar-benar memulainya dari nol. Jangankan modal uang, sodal pendidikan pun dia tidak punya. Basko, bahkan tidak menamatkan Sekolah dasarnya. Seperti kita paham, budaya lelaki di Sumatera Barat adalah budaya perantau. maka, dengan ijin ibundanya, pada saat kelas 5 SD, ia memilih untuk merantau ke Riau, dibanding meneruskan sekolahnya.

Basrizal Koto Pengusaha Sukses yang Tak tamat SD

Basrizal Koto Pengusaha Sukses yang Tak tamat SD

Apa kunci suksesnya?

Sebelum pergi, ibunya memberi nasehat panjang padanya. Dan intinya adalah 3K, yaitu  pandai ber-Komunikasi, cari segala Kemungkinan, manfaatkan Kesempatan dan peluangnya, serta bekerjalah dengan Komitmen yang tinggi. Prinsip inilah yang ia diterapkan dalam bisnis-bisnisnya hingga seperti sekarang. Dia ingat, pertama kali di Riau, ia berangkat saat fajar ke terminal bis dan menawarkan diri menjadi kondektur oplet. Kehidupan menjadi kondektur oplet itu memberinya banyak pelajaran hidup soal komunikasi dan komitmen itu. Selain menjadi kondektur, beliau juga pernah berjualan pisang, petai, jadi supir hingga jadi makelar kenderaan. Semua dijalaninya sebagai sebuah proses pembangunan dirinya.

Terampil komunikasi, jaringan, menepati janji, dan menjaga kepercayaan akhirnya membawa kesuksesan untuk menaklukkan kemiskinan, membangun kerajaan bisnis, dan menciptakan lapangan kerja.

Jumlah perusahaannya kini telah mencapai 15 perusahaan, dan sejak 2006 dia juga terjun ke bisnis pertambangan batu bara di Riau, menyediakan TV kabel dan layanan internet di Sumatera. Beberapa perusahaan yang masuk Grup MCB miliknya adalah PT Basko Minang Plaza (pusat perbelanjaan), PT Cerya Riau Diri Printing (CRMP) (pencetakan), PT Cerya Zico Utama (properti), PT Jaya Bastara Muda (tambang batubara), PT Riau Agro Mandiri (penggemukan, impor dan ekspor ternak), PT Agro Mandiri Riau Perkasa (pembibitan, pengalengan daging), PT Indonesian Mesh Network (TV kabel dan Internet), dan PT Hotel Best Western dan sekarang berganti nama menjadi Premier Basko Hotel Padang.

Ketika ditanya apakah yang membuat pak Basko mampu berkembang dan bertahan terus, maka beliau menuliskan rangkaian kalimat berikut, yang sangat menginspirasi saya:

Tidak ada kata menyerah.

Tidak ada kata menyalahkan atas kemiskinannya.

Tidak ada kata kecewa dan keluhan.

Tidak ada kesombongan.

Tidak ada kebencian.

Tidak ada kedurhakaan kepada orang tua.

Tidak ada kata memanjakan anak-anaknya.

Tidak ada kata malas.

Tidak ada kata tidak bisa.

Tidak ada behenti, terus berlari.

Tidak ada kata tidak layak.

Tidak ada kata nyaman.

Tidak ada kata tidak bersyukur.

Kecuali kata terima kasih Ya Allah atas segala-galanya.

H.Basrizal Koto

Semoga juga menjadi inspirasi para pembaca sekalian…. Let’s Do It!

franchise keren cafeos

5 Comments

T-preneur

wah thanks artikelnya ya, sangat bermanfaat sekali. ini ada usaha yang mantap dan nan dahsyat kreatifnya. namanya t-preneur (T-shirt entrepreneur indonesia) menjual kaos motivasi pengusaha. bisa di cek produknya di http://t-preneur.com/

Reply
nurhayati

Luar biasa…semoga allah memberika petujuk jalan yg d ridoinya serta d berikan kemudahan segala urusanq.saya ingin mewujudkan impianq dengan mengikuti jejakmu pak,insyallah saya bisa aminn..

Reply
dahrun priyadi

iya saya kenal orang ini.. beliau adalah mertua dari bos saya.. sungguh luar bisasa pak basko (Y)

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *