Lin Jinhua: Buruh Pabrik Jadi Seorang Milyader

Kampungwirausaha.comLin Jinhua adalah mantan seorang pegawai pabrik pupuk milik megara, yang kini telah menjelma menjadi satu dari sekian miliarder yang ada di dunia. Kembali lagi China mencetak daftar seorang miliarder kelas mendunia dari negaranya.

Pria dengan umur 52 tahun itu juga seorang pimpinan perusahaan yang memasok bahan baku pembangkit listrik tenaga surya dan film dari Hangzhou First PV Material.

Pada sebuah akhir pekan diceritakan Lin menjual nilai saham perusahaannya tersebut hingga melonjak 44% di saham China, Shanghai Stock Exchange. Dan Hangzhou First mampu mencetak perolehan US$ 1,6 miliar yuan pada 60 juta lembaran saham.

Saham tersebut terus mengalami lompatan sampai 10%, tak pelak Lin dan istri Zhang Hong mempunyai 78% saham pada perusahaan dan sebutan miliarder disandangnya. Total saham yang kini dimiliknya seharga US$2,2 miliar.

Di tahun 1982-1994 Lin masih menjadi seorang pegawai pabrik pupuk di Provinsi Zhejian, kemudian Lin pindah kerja ke perusahaan plastik.

Lin Jinhua dan Forbes

Lin Jinhua, masuk 400 orang terkaya di China versi majalah Forbes

Selepas bekerja pada dua perusahaan itu, Lin memilih bekerja pada bisnis perfilman kepunyaan sang ayah. Lantas lahirlah Hangzhou First PV di tahun 2003 di dampingin istri juga, Lin Jianqing saudara kandungnya.

Lalu di beberapa tahun setelahnya di negara China menjadi pasar pembakit listrik tenaga s urya terbesar di dunia. Dan satu di antara industri itu dinahkodai Li Hejuen, miliarder juga.