banner sabunherbalku.com

Mau bisnis anda sukses? Fokuslah ke bisnis, bukan ke uangnya

Minjam uang sama Bank untuk bisnis itu gampang, bangeeet Gampangnya, nggak punya usaha/bisnis atau kerjaan alias penghasilan juga kredit bisa keluar. Gampang…

Tapi masalahnya bukan itu, yang sulit itu bukan bagaimana cara ngajuin kredit sampai cair, yang susah itu PEGANG uangnya ketika kredit itu cair…

Makanya saya sangat tidak setuju kepada mereka yang belum punya bisnis sibuk nyari kredit buat BIKIN BISNIS…
Ini yang salah, hutang itu untuk mengembangkan bisnis bukan untuk bikin bisnis…

Ketika Anda tidak punya uang, saya yakin di kepala Anda banyak sekali ide yang muncul, kalau saya ada uang 1 Milyar, maka saya akan buka bisnis ini, itu, dsb…

Tapi saya berani bertaruh, ketika uang itu ada ditangan, ide yang asalnya ada di kepala itu ngilang semua… hilang… ahirnya itu uang bisa habis nggak karuan… Kebayang kalau itu uang nya dari hasil utang? Yang ada tinggal kewajiban, bisnisnya nggak jelas….

Jadi mulailah ber-bisnis dgn kondisi yang ada disekitar kita. Fokus sama bisnisnya, jangan fokus pada uang nya. Yang sering anda jadi fokus sama uang, ujung2 nya nyari pinjaman alias kredit…

Kalau bisnisnya sudah mulai dan jalan, baru cari pinjaman/kredit untuk mengembangkan bisnisnya (itupun kalau perlu), jadi begitu pinjaman itu cair, tuh uang fokus masuk ke bisnis…
Jangan dibalik !!

Wah, Bapak Rully ini enak aja ngomong, semua kan butuh uang.
Bener !!  Tapi tidak semua bisnis harus dimulai dengan uang besar.

Yang ada, banyak bisnis besar dimulai dari tanpa uang atau dgn modal uang yang sangat sedikit.

Modal besarnya itu KEMAUAN !!!

Saya ngomong gini karena sudah ngalamin, dan banyak temen lain yang juga sudah mengalaminya…

Dulu saya punya Cuci Mobil itu modal cuma 11 juta, Hendi Setiono jadi milyader saat ini dengan modal 3-4jt bikin gerobak kebab turki, mas Arief Theo itu mulai jualan parfurm dgn modal kurang dari 2jt, Muchammad Nur Aziz Hanafi punya omset ratusan juta saat ini diawali dgn modal kurang dari 1jt….Pak Lurah yang dulu juga memulai bisnis hanya dengan 270rb, dan masih banyak lagi contoh kalau mau disebut satu persatu…

Lantas, masihkan uang itu jadi kendala Anda dalam memulai bisnis?

Kalau iya…mendingan tidur aja yuk, nggak usah mikirin bisnis…

by: Rully Kustandar

Comments

  1. wahyu suseno says:

    Wah iya bener, pengalaman itu ilmu yang fakta yang perlu bin perlu… Bagus juga ini pengalamanya untuk dibagikan, supaya pembaca tumbuh motifasi dan timbul kemauan. Apalagi contoh2 itu di perdetail… :grin:

  2. Evan says:

    memang di pikiran kebanyakan orang pingin banyak modal dulu baru mau memulai usaha, setelah saya menyimak
    artikel di atas wawasan saya dalam akan memulai usaha jadi berubah.

  3. aqiqah says:

    Masukan yang menginspirasi untuk action..

  4. azdori hafidz says:

    artikel diatas membuat saya berfikir lebih cerdas…..
    dan membuat saya lebih bersemangat dalam memulai bisnis
    :idea:
    keren-keren

  5. Itu sudah saya parktekkan dan memang benar! : :smile:

  6. yuswandi says:

    betul itu,,,itu jg yg saya jalankan saat ini.ternyata modal utama dalam bisnis itu adalah kemauan dn kerja keras serta ketekunan menjalani nya jgn putus asa psti berhasil..

  7. khaled says:

    artikel diatas saya banget. pinjem di bank 50 juta niatnya mau usaha. eh… 3 bulan berjalan hilang tanpa jejak uangnya. yang ada tinggal angsurannya ke bank 21 bulan X Rp 2 640 000.. hiks2… tetap semangat……. :D

  8. wah bener sekali Pak Rully. Banyak sekali orang yg merasa kalo punya modal banyak, bisnis akan berjalan lancar. Yg harus diwaspadai juga, biasanya kalo orang sudah pegang modal banyak, akan lupa mau diapain itu uang. Yang ada juga bakal dibuat beli ini itu -lah, dengan pemikiran “Ah, sedikit aja kok. Sisanya juga masih banyak”. Secara nggak sadar, modal sudah habis, tapi bisnis masih stuck disitu aja. :grin:

  9. heru says:

    weys,…. gila’… saya tersinggung berat dg tulisan ini,… tq pak, ini betul2 mengubah pandangan saya…

  10. yadi says:

    SALAH BESAR! Boleh jg dong saya menyalahkan statemen anda. Tp saya ga mau bertaruh hehe…. Jalan, ide bisnis tiap orang itu spesifik. Ga ada yg sama. Kayak garis tangan. Anda ngomong gitu krn pengalaman anda gitu. Saya menyalahkan statemen anda krn pengalaman saya sendiri. Jadi? Ga usah nyari kesalahan org. Optimalkan aja potensi masing2.

  11. yuni adyanti says:

    Modal utama segalany adlh kemauan. Setuju bgnt :idea:

banner sabunherbalku.com
Share Yuk :)
pusat grosir pakaian murah mulai 070814 hingga 091114
pusat konveksi kaos polos terbesar dan termurah Herbeauty Masker, Masker Wajah Alami
Facebook kita