Mau Buka Cabang? Ini 5 Hal Penting yang harus Diperhatikan

Inilah 5 hal yang harus diperhatikan jika ingin membuka cabang Bisnis Anda

Bagi anda yang mempunyai usaha berkembang dan berencana memperluas jangkauan target market anda dengan membuka cabang usaha di tempat-tempat yang berbeda, kali ini kami mempunyai beberapa tips yang sangat pas dan bermanfaat bagi anda. Simak ulasannya berikut ini.

1. Rencana Anggaran yang detail

Hitung dengan benar budget anda. Jangan sampai membuka cabang baru justru menggerogoti bisnis anda yang sudah berjalan dengan baik. Pertimbangkan benar-benar biaya-biaya pembukaan cabang baru, dan buatlah rencana anggaran ketat yang harus anda patuhi. Dan berilah spare untuk pembengkakan biaya dana operasional awal juga biaya promosinya. Misal, jika anda menghitung biaya buka cabang baru sekitar 100juta rupiah termasuk biaya promosinya, maka sebaiknya anda harus menyiapkan paling tidak 130% dana, atau sekitar 130juta untuk antisipasi pembengkakan.

2. Lokasi Lebih Representatif

Lokasi cabang baru harus sama baiknya atau lebih baik dari yang pertama. Baik dalam kategori posisi (lokasi) maupun performanya. Jika perlu, lakukan survey terlebih dahulu di lokasi yang akan dibuka cabang baru, seperti, berapa banyak orang lewat perjam/perhari nya. Seberapa jauhkah dengan sumber keramaian, dsb. Anda bisa melakukan penelitian kecil seperti ini, dan jika memang bagus, maka LANJUTKAN!

3. Memiliki Calon Pimpinan untuk Operasional Cabang Baru

Hal ketiga yang perlu anda pertimbangkan adalah ada atau tidaknya calon pimpinan (manager) yang akan memimpin kegiatan operasional cabang baru tersebut. Membuka cabang baru tak ubahnya seperti memulai awal usaha, sehingga diperlukan tim managerial yang handal untuk mencabai kestabilan. Jika anda telah memiliki kandidat terbaik, maka bersiap-siaplah untuk grand opening!

4. Mempunyai Mekanisme Kerja yang Jelas

Punya cabang usaha baru tentu memerlukan kerja ekstra. Anda harus menentukan bagaimana sistem pengawasannya, menentukan bagaimana cara suplainya, dan sejenisnya. Perancangan sistem itu akan membuat anda lebih terarah dalam pengembangan bisnis anda. Bila mekanisme yang anda susun diprediksi akan berjalan mulus, siap-siaplah untuk memantapkan rencana pembukaan cabang baru tersebut.

5. Pertimbangan Cara Ekspansi

Untuk membuka cabang baru, ada beberapa pilihan yang bisa anda lakukan, misalnya mencari partner bisnis (investor) untuk pembiayaan pembangunan cabang baru tersebut, atau 100 persen dibiayai oleh perusahaan induk, atau juga anda bisa mempertimbangkan untuk mewaralabakan bisnis anda sebagai salah satu cara memperluas jaringan usaha.

iklan dokter gigi nan kreatif

Membuka cabang usaha memang merupakan cara yang ampuh untuk meluaskan jangkauan terget market bisnis anda yang juga akan berimbas pada bertambah besarnya pula keuntungan yang anda dapatkan. Namun jangan lupakan beberapa hal yang anda harus perhatikan di atas. Semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Selamat mencoba, dan Sukses Selalu!!

sabun cair goats milk Aneila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *