Meski Omset telah ratusan juta, Anda Bukan Pengusaha!

APAKAH AKU SEORANG PENGUSAHA/PEBISNIS?

Benarkah orang yang mempunyai usaha, bahkan sudah berbadan hukum, dia adalah seorang pebisnis/pengusaha sejati? Omset ratusan juta bahkan miliaran adalah seorang pebisnis?

Pebisnis sejati bukan hanya membangun Omset..

Tapi juga membangun TIM dan SISTEM.

Siapa yang akan menggantikan kita (business owner), jika kita ingin liburan? Atau… Maaf, harus berhalangan tetap? Meninggal misalnya.. Apakah bisnis tetap akan jalan terus? Dan mampu terus TUMBUH?

Jika bisa.. Inilah yang dinamakan BISNIS! Bukan sekedar dagang, apalagi Calo alias Makelar.. Ehh, mclaren.. Hehe..

Rajanya sebenarnya siapa?

Ntar sadarnya setelah kondisi kesehatan menurun, atau pasar terjun bebas.. Pada saat omset lagi bagus, gak juga sadar. Padahal.. Membangun rumah itu lebih enak saat cuaca terang, bukan saat badai atau musim hujan.

Banyak yang terlena saat omset bagus, dan tidak membuat GOAL SETTING baru. Sehingga, pada waktunya nanti kondisi pasar selalu akan terjadi kejenuhan. Atau.. Supply barang tak lagi lancar, karena si supplier menemukan partner baru yang “lebih cocok”! Atay malah dia LANGSUNG menembus pasar, karena sudah tau cara bermainnya..

Tidak ada yang lenggeng, kecuali PERUBAHAN. Growth or die..!!
Yang gak mati-mati hanya ada di film Die Hard! Realita tidak semanis itu. Hehe..

Pilar Bisnis

Sebagaimana perusahaan-perusahaan yang telah mapan (berskala nasional atau internsional), SELALU punya 4 PILAR BISNIS yang kuat, yaitu:
1. Sales & Marketing
2. Pengelolaan KEUANGAN (bukan dikendalikan oleh UANG)
3. Tim, alias SDM yang kuat
4. Operasional (dan Produksi) yang ter-SISTEM.

Maaf.. Kalimat PAHIT-nya adalah.. Seseorang belum membangun BISNIS jika belum melewati/membangun 4 PILAR BISNIS ini! Hehe..

INDIKATORNYA sederhana.. Seperti pertanyaan di awal tulusan ini.. Apakah bisnis Anda bisa berjalan bahkan BERTUMBUH jika ditinggal ibadah haji 40 hari atau liburan ke luar negeri selama sebulan? Di sana Anda ibadah dengan khusyuk? Atau sebaliknya, Anda cemas?? Hehe..

Itulah gambaran BANGUNAN bisnis yang sebenarnya.. Mungkin sebagian ada yang bertanya, “KAPAN mulai membangunnya (4 Pilar Bisnis ini)?”

Maka jawabannya adalah: “Apakah Anda yakin, pesaing-pesaing Anda tidak sedang membangunnya? Sedang berhenti di tempat? Atau bersantai seperti orang kebanyakan?”

“Manusia cenderung memilih yang ia sukai daripada yang berat untuknya. Itulah NAFSU!”

SO.. Pilihannya ada pada diri masing-masing.. GROWTH or DIE..!?

Semoga bermanfaat..

ditulis oleh: Kyai Dania Setiabudi

franchise keren cafeos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *