Buatlah Karyawan Anda Bangga, Maka Bisnispun Meroket

Pentingnya Membangun Citra Positif Perusahaan

Perusahaan atau bisnis usaha anda, seberapapun besarnya, atau seberapapun ‘masih’ kecilnya, harus memiliki sebuah citra positif di benak karyawan anda. Jika bisnis anda seperti itu, maka tim (karyawan) anda akan sangat bangga pada pekerjaannya, efeknya akan meningkatkan produktifitas secara umum dan jangka panjang. Tim akan menjadi lebih kuat, lebih kompak dan mungkin akan jadi sangat efisien.

Ketika karyawan anda sangat menghormati dan menghargai organisasi tempat mereka bekerja, maka produktifitas, kulitas kerja, serta kepuasan kerja mereka akan meningkat. Beneran ini! SUER deh!

Pertanyaannya,

Apakah karyawan dan tim saya benar-benar merasa bangga bekerja di perusahaan saya? Gimana sih caranya menimbulkan rasa bangga itu?

Rasa bangga itu bisa dibangkitkan dengan membuat tujuan yang jelas, ukuran kesuksesan, etika, dan kualitas kepemimpinan yang ada diperusahaan anda. Juga bisa ditimbulkan  dengan produk yang dihasilkan oleh perusahaan anda adalah produk yang benar-benar berpengaruh dan bermanfaat di masayarakat pembelinya. mari kita simak panduan manajemen usaha kecil sederhana membuat karyawan bangga sehingga bisnispun meroket:

Leadership Owner

Oke, kita bicarakan bagian kualitas kepemimpinan di perusahaan anda ya… karena inilah yang berkaitan langsung dengan kualitas anda sebagai owner perusahaan. Seorang owner sejatinya adalah seorang leader atau pemimpin puncak di perusahaan.

Untuk membuat suasana atau budaya kerja yang baik di perusahaan anda, maka tanggung jawab sepenuhnya ada pada kualitas anda sebagai leader. leader yang baik akan menghasilkan tim yang super. Maka, langkah-langkahnya, anda harus JUJUR, menjadi teladan kebaikan dalam segala hal, budaya yang baik berasal dari tindakan yang anda contohkan, bukan sekedar tulisan-tulisan di SOP yang anda buat.

Misal, jika anda menginginkan disiplin kehadiran dan tepat waktu menjadi budaya di kantor anda, maka andalah yang lebih dulu melakukan itu, dengan datang tepat waktu, kalau bisa lebih dulu dari karyawan anda.

Atau, misal anda pengen ada budaya shalat DHUHA di kantor anda, maka anda lah yang terlebih dahulu melakukannya untuk contoh baik.

Produk  yang Berpengaruh

Hasilkan dan juallah produk yang benar-benar baik secara kualitas maupun branding dari perusahaan anda. Yakinkan bahwa produk keluaran dari perusahaan anda adalah produk yang keren, bermanfaat dan mempunyai value yang baik.

Produk yang ‘keren luar dalam’ akan membuat tim anda sangat yakin dan bangga pada pekerjaannya. Ini sangat membantu kualitas kerja tim anda. Cara paling sederhana untuk hal ini adalah memberikan pengalaman langsung pada karyawan untuk merasakan langsung manfaat dan kualitas produk anda.

membangun super team dalam bisnis

membangun super team dalam bisnis

Saya mewajibkan menggunakan produk dari bisnis saya untuk dipakai oleh karyawan-karyawan saya agar mereka merasakan kualitasnya secara langsung tidak hanya dari buku atau SOP tentang product knowledge. Kebetulan, salah satu produk saya adalah sabun cair, maka saya membagikan sabun cair susu kambing ANEILA produksi perusahaan kami pada tiap karyawan untuk dipakai sehari-hari.

Cara-cara Lain Menaikkan Kebanggaan Karyawan

– Kegiatan Sosial

Adakan kegiatan sosial untuk memperlihatkan coorporate social responsibility (CSR), seperti sedekah, donasi, pengumpulan dana, dan kegiatan sosial lainnya. Ini selain bikin bangga karyawan, juga menjadi semacam  cara untuk “mengambil hati TUHAN”  dan menjadi bahan bakar bagus buat perusahan anda. Libatkan karyawan anda dalam kegiatan-kegiatan sosial itu.

– Pola Bisnis Welas Asih, bukan Perang

Lakukan praktek bisnis yang JUJUR, penuh welas asih dan kasih sayang pada semua jaringan pemasaran, supplier dan konsumen. Permudah segala “urusan keluar” dari perusahaan anda, sehingga anda dan perusahaan anda dikenal sebagai perusahaan yang terpercaya dan ‘cincay’ sehingga sangat menyenangkan berbisnis dengan perusahaan anda. Tanamkan mindset silaturahmi dalam bisnis anda, bahkan untuk pesaing anda. Bahwa bisnis adalah silaturahmi yang saling untung dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Bisnis bukan soal menang kalah, apalagi peperangan. Bisnis adalah soal hubungan baik!

– Hindari Praktik Bisnis Negatif

Karyawan akan kurang termotivasi untuk bekerja dalam sebuah organisasi yang dipandang negatif oleh masyarakat. karyawan akan selalu merasa perang bathin jika bisnis anda adalah bisnis yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan meski cara itu curang, tidak jujur dan lain perbuatan negatif.

– Ingatkan pada Karyawan Bahwa Mereka Beranfaat pada Masyarakat

Selalu mengingatkan pada tim anda bahwa apa yang mereka kerjakan itu sangat berguna pada orang lain, mempunyai visi besar membangun bangsa, dan menghasilkan produk yang benar-benar berkualitas, jujur dan memiliki pengaruh sangat baik pada konsumen dan masyarakat lain. Bahwa mereka melakukan perkerjaan yang nilainya tinggi ….

Inilah panduan manajemen usaha kecil sederhana membuat karyawan bangga sehingga bisnispun meroket yang bisa anda praktekkan. Selamat membangun usaha hebat anda!

sabun cair goats milk Aneila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *