Panduan Bisnis: 7 Hal Jitu Harus Dilakukan Agar Toko Online Anda Sukses

Sebagai seorang penjual online, tentunya Anda menginginkan toko online Anda banyak dikunjungi oleh pembeli agar penjualan Anda dapat meningkat. Namun untuk mendapatkan banyak pembeli tentunya bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk toko online yang tergolong baru. Untuk meningkatkan penjual, tentunya Anda harus menciptakan dan meningkatkan brand awareness pembeli terhadap toko online Anda.
Lalu apa saja cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan branding dan penjualan toko online Anda? Simak 7 tips jitu di bawah ini yuk!

1. Tarik target pasar

Sesuaikan target pasar yang Anda tuju dengan nama brand dan produk yang Anda jual. Misalkan Anda membidik target perempuan muda kelas menengah ke atas, buatlah nama toko dengan kata-kata yang lebih modern dan elegan. Selain itu, buatlah nama toko yang menggambarkan produk yang Anda jual sehingga saat orang ingin membeli produk yang Anda jual, maka ia akan langsung teringat dengan toko Anda.
Dalam hal jual-beli online, calon pembeli tidak bisa melihat dan menyentuh produk yang Anda jual secara langsung. Oleh karena itu, Anda perlu untuk memberikan penjelasan sedetail-detailnya terkait dengan produk tersebut. Tuliskanlah spesifikasi, manfaat, cara penggunaan dan kelebihan produk yang Anda jual pada deskripsi produk. Hal ini tentunya akan membuat target pasar yang Anda bidik semakin tertarik untuk membeli produk yang Anda jual.

tokopedia jual sabun herbal aneila

tokopedia jual sabun herbal aneila

2. Nama toko yang unik

Untuk nama toko, pilihlah kata-kata yang tidak biasa dan pastikan belum ada toko lain yang menggunakan nama tersebut. Nama toko yang unik membuat orang lain cenderung lebih mudah dalam mengingat nama toko online Anda. Mereka pun akan tertarik untuk mengklik toko Anda saat membaca nama toko yang unik.

3. Hindari penggunaan singkatan dan angka untuk nama toko

Penggunaan singkatan untuk nama toko memang memudahkan pembeli dalam menyebutkan nama toko Anda. Namun untuk toko-toko baru, penggunaan singkatan akan menyulitkan pembeli untuk mengingat nama toko Anda dan juga kurang bisa mewakili toko online Anda. Singkatan seperti toko ABC akan membingungkan pembeli, karena bisa saja banyak toko-toko lain yang menggunakan singkatan tersebut. Untuk melakukan branding di awal, sebaiknya gunakan kata biasa (tanpa singkatan). Anda baru boleh menggunakan singkatan ketika toko online Anda sudah berkembang cukup besar dan dikenal oleh banyak orang. Selain singkatan, penggunaan angka pada nama toko juga cenderung membuat nama toko Anda menjadi lebih sulit untuk diingat.

4. Pelayanan bintang lima

Strategi branding yang Anda lakukan tentunya akan mempengaruhi citra dan kesan toko online Anda di mata para penjual. Dalam bisnis online, pelayanan dari penjual tentunya menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan branding toko online. Usahakanlah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli, misal ada calon pembeli yang menanyakan tentang spesifikasi produk, Anda meresponnya dengan cepat. Ketika terjadi masalah dalam transaksi seperti barang sampai dalam keadaan rusak, bantu dan berikanlah solusi kepada pembeli, misalkan dengan retur barang atau pengembalian dana. Sampaikan hal-hal tersebut dengan sopan dan ramah, agar mereka pun menanggapi Anda dengan respon yang positif.
Dengan memberikan pelayanan terbaik, maka pembeli pun akan puas berbelanja di toko Anda dan nantinya akan kembali berbelanja di toko online Anda. Selain itu, dengan reputasi toko yang baik, pembeli yang sudah merasakan kepuasan berbelanja akan merekomendasikan toko online Anda kepada orang-orang yang ia kenal.

5. Aktif di media sosial dan forum

Salah satu cara lain untuk meningkatkan branding dan membuat lebih banyak orang yang mengenal toko online Anda adalah dengan cara aktif di forum dan media sosial seperti Facebook dan Twitter. Media sosial dan forum merupakan salah satu media untuk promosi secara gratis. Oleh karena itu, manfaatkanlah kedua media ini sebagai media promosi toko online Anda. Sering-seringlah untuk share produk dan toko online Anda ke media sosial dan forum, agar lebih banyak lagi orang yang akan mengetahui keberadaan toko Anda sehingga jumlah orang yang berkunjung dan berbelanja di toko online Anda pun akan semakin meningkat. Untuk lebih menarik orang-orang di media sosial ataupun forum, Anda bisa aktif memberikan review tentang produk yang Anda jual.

6. Tingkatkan Search Engine Optimization (SEO)

Tidak sedikit orang yang mencari produk melalui mesin pencarian google dengan memasukkan keyword-keyword produk tertentu yang ingin mereka cari, misalkan saat mereka ingin membeli smartphone Xiaomi Redmi Note maka mereka akan memasukkan kata “Xiaomi Redmi Note” pada kolom pencarian google. Dari situ, mereka akan menemukan website ataupun online shop yang menjual produk tersebut. Agar toko online Anda bisa muncul pada halaman pertama mesin pencarian google saat keyword yang pembeli cari terdapat pada toko Anda, Anda bisa mempelajari teknik Search Engine Optimization (SEO) dan menerapkannya pada toko online Anda.

Anda bisa memasukkan kata yang kira-kira akan dicari oleh kebanyakan pembeli, misalkan “Xiaomi Redmi Note”, secara beberapa kali pada nama dan deskripsi produk. Contohnya, nama produk “Jual Xiaomi Redmi Note”, deskripsi produk “Jual xiaomi rednote dengan harga murah dan berkualitas. Xiaomi Redmi Note merupakan salah satu seri smartphone yang dikeluarkan oleh perusahaan smartphone asal China yaitu Xiaomi. Dengan harga yang murah, Xiaomi Redmi Note memiliki spesifikasi yang tidak kalah dengan smartphone merk lain dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Ayo beli Xiaomi Redmi Note di sini sekarang juga”. Dengan begitu, pada produk Xiaomi Redmi Note yang Anda upload sudah mengandung 5 kata Xiaomi dan 4 kata Xiaomi Redmi Note. Jadi kemungkinan produk Anda muncul pada halaman pertama pencarian google akan lebih tinggi dibandingkan produk dari toko online lain yang hanya mengandung 1 atau 2 kata Xiaomi Rednote.
Namun jika Anda belum terlalu memahami tentang teknik SEO ini, Anda bisa menggunakan jasa SEO yang kini sudah banyak tersedia, untuk meningkatkan visibilitas toko online Anda pada mesin pencarian google.

7. Berikan bonus

Siapa sih yang tidak suka dengan bonus atau diskon? Semua orang tentunya akan tergiur untuk membeli suatu produk jika produk tersebut diberi label diskon atau bonus, misalnya beli 1 gratis 1. Oleh karena itu, untuk menarik lebih banyak pembeli yang berbelanja di toko online Anda, tidak ada salahnya sesekali Anda memberikan bonus kepada pelanggan yang sudah sering membeli produk Anda. Anda juga bisa memberikan bonus pada event-event tertentu, misalnya anniversary pertama toko Anda. Hal tersebut tentunya akan membuat pembeli menjadi lebih loyal dan akan kembali berbelanja di toko online Anda.

artikel di copy dari blog.tokopedia.com

iklan sejak 19 Sept 2016 hingga 20 jan 2017