Iklan jamsiku mulai 110414 sampai 14 Mei 2014 Iklan mulai 1 april sd 31 may 2014 Iklan di Kampungwirausaha.com Iklan hingga 24 Mei 2014 Iklan di Kampungwirausaha.com

Panduan Bisnis: Tip Bagaimana Memilih dan Merealisasikan Bisnis

meniru pun adalah sebuah kreativitas

Memilih dan merealisasikan bisnis ini adalah tahapan paling mudah dalam membangun bisnis. Lah kok? Iya, beneran. Ini mudah sekali. Karena merealisasikan bisnis itu hanya memilih satu diantara 3 pilihan:

  1. Meniru bisnis orang lain dan mengembangkannya
  2. Membuat bisnis sendiri yang spesifik, atau
  3. Menjadi makelar (broker)

Nah, gampang tho?

Kesulitan sering terjadi karena saya, ente, dan kita gak paham bagaimana ketiga model bisnis itu dijalankan. Pemahaman sangat penting biar ntar ente gak menyesal karena telah memilih model bisnis yang salah dan tidak sesuai dengan kemampuan pribadi. :)

Okelah, yuk kita bedah dan uraikan satu persatu dari 3 model tersebut, apa keuntungannya, tantangannya, dan apa kelebihan dan kekurangannya. Kita mulai dari yang pertama dulu ya:

 

 

 

 

 

 

Tiru Bisnis Orang lain dan kembangkan

Berbisnis tidak seperti di sekolahan, dimana kita dilarang mencontek. Berbisnis justru kebalikannya, “Banyak-banyaklah mencontek” Hehehe… Wah kalo gitu bisa nih, di sekolah kita masukin kurikulum bagaimana menjadi pencontek yang baik dan benar. Karena mencontek pun ada trik dan tekniknya agar bagus dan tetap keren.

Serius, MENCONTEK itu KEREN!

Kok keren? Coba deh perhatikan: Untuk mencontek sebuah bisnis, yang kita perlukan hanya langkah pengamatan terlebih dahulu. Pengamatan ini tidak perlu modal besar. Bener gak? Yang diperlukan hanya kecermatan dan sedikit kreatifitas. Siapapun dapat melakukannya.

Trus, Gimana sih teknisnya?

Halah, sabar ngapa? Iya..iya segera kita bongkar deh teknisnya.

Begini…..

Pada jaman dahulu kala, konon katanya…..uffftt…maaf, malah ngelantur. Oke, kita mulai:

Amati, Tiru dan Modifikasi:

Meniru itu perkara gampang. namun jika meniru ‘plek’ itu disebut plagiator. Dalam dunia bisnis, membuat barang tiruan itu berbahaya. Urusannya hukum, coy! Meniru yang kita maksudkan disini adalah memodifikasinya. Modifikasi dengan memberi nilai tambah dan pembeda. Itulah yang disebut kreatif.  Apa dan bagiamana kekuatan dan kelemahannya model bisnis seperti ini?

  1.  Keuatan (Strength) : Jika memilih model bisnis seperti ini, maka sebenarnya anda memiliki kekuatan berupa inovasi dan kreatifitas yang tidak dimiliki oleh orang lain sebelumnya. Bisa jadi, produk modif kita akan lebih bagus dan laris dari pendahulunya. Karena ada nilai tambah dan variasi baru disana. Konsumen jadi memiliki alternatif. Kekuatan nilai tambah inilah yang menjadi kunci.
  2. Kelemahan (Weakness) : Memilih model bisnis meniru dan modifikasi, ingatkan diri untuk bisa mengukur kemampuan. Perhatikan, apakah kemampuan pengamatan ente sudah bagus apa tidak? Modifikasi adalah hasil dari pengamatan. Setelah itu, ukur pula seberapa kreatifkah kita dalam memberi nilai tambah yang jadi pembeda dengan produk sebelumnya? Karena idenya berasal dari ide orang lain, maka biasanya produk kita akan segera saja ‘dibanding-bandingkan‘ dengan produk pendahulunya. Inilah tantangan terbesarnya.
  3. Peluang (Opportunity): Tiru dan Modifikasi ini peluangnya lebih bagus dari pada sebuah bisnis baru. Mengapa? Karena konsumen sudah mengenal ‘genre‘ nya dari produk sebelumnya. Selain itu, ente jadi punya model panutan untuk ‘create a new one‘. Bukankah bisnis yang ente tiru adalah bisnis yang sudah sukses di pasar? Kan jadi lebih enak tuh, tinggal amati sekali lagi, lihat apa yang kurang dan apa yang lebih dari bisnis itu, dan LENGKAPILAH!
  4. Ancaman (Thread): Ancaman terbesar dari model ini pasti datang dari bisnis yang kita tiru itu. Lah iyalah. Tentu mereka akan berjuang sekuat tenaga untuk menjaga konsumennya. Dan, disini adu kreatif akan segera tersaji: Jreeengggg…..!!! Tapi jangan khawatir terlalu banyak, justru disinilah asiknya. Persaingan akan membuat kita makin segar dan kreatif.

Terakhir, bisnis model ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) ini  lebih mudah karena saya dan ente tidak perlu banyak melakukan riset, trial dan error seperti jika membuka bisnis yang benar-benar baru.

Entrepreneur, nanti kita bahas lagi model bisnis yang lain ya, yaitu:

Ditunggu ya artikel selanjutnya.

Dan sekarang, Bagimana? Siap melakukan pengamatan? Lets Go!!

banner sabunherbalku.com
enervi iklan mulai 230114 hingga 280414 pusat jilbab murah mulai 160414 hingga 190714 buat website murah-iklan mulai 160114 hingga 190414 Herbeauty Masker, Masker Wajah Alami pusat jilbab murah mulai 160414 hingga 190714
Facebook kita