Panduan Bisnis: Tips Cara Praktis Memasarkan Produk

Pemasaran adalah kunci utama agar bisnis dapat sukses di pasaran. Berbagai jenis aktivitas promosi sering dilakukan untuk memenangkan persaingan. Pada kenyataannya, persaingan adalah olahraga bisnis dan kerja pintar agar konsumen tertarik membeli produk Anda. Kini, perkembangan teknologi informasi memberikan celah untuk memasarkan produk secara global. Namun, ada pula cara menjual produk yang sederhana yang tidak kalah baiknya, yaitu dengan pelayanan yang memuaskan.

Berikut beberapa cara praktis memasarkan produk.

1) Mengenal konsumen

“Tak kenal maka tak sayang” begitu ungkapannya. Pastikan Anda mengetahui dengan baik calon konsumen Anda. Hal ini memudahkan Anda dalam melakukan teknik promosi sehingga mereka tertarik membeli produk Anda.

2) Memberi hadiah

Jika Anda menginginkan konsumen membeli produk, buatkan suatu konsep menarik dengan adanya pemberian hadiah. Hadiah dapat berupa diskon produk atau voucher bagi mereka yang loyal pada awal Anda membuka bisnis. Modal promosi yang murah ini tidak memerlukan biaya besar. Hal lain yang perlu diperhatikan jika ingin konsumen Iebih banyak membeli produk di toko Anda adalah aneka ragamnya produk yang dijual dan kemudahan cara pembayaran, baik dengan uang tunai, kartu ATM (debit), dan kartu kredit.

3) Memahami konsumen

Jika produk yang Anda tawarkan adalah makanan, mungkin saja mereka telah cocok dengan rasa makanan yang disajikan. Jika bisnis Anda bergerak dalam bidang jasa, pelayanan Anda pastillah memuaskan. Namun, dari sekian banyak konsumen, mungkin saja ada beberapa yang merasa kurang puas. Oleh karena itu, perlu suatu cara agar konsumen menjadi loyal, misalnya sebagai berikut.

  • Pemberian paket keanggotaan khusus, termasuk diskon khusus.
  • Paket bonus untuk pembelian barang sejumlah tertentu.
  • Menanggapi saran dan kritik konsumen dengan benar

4) Memberikan garansi

Konflik dan komplain konsumen dapat dihindari bila Anda mampu memberikan jaminan atas produk atau jasa yang diberikan. Jaminan dapat berupa garansi. Misalnya, produk dapat ditukar jika terbukti rusak dalam waktu 3 hari. Hal ini akan memberikan kepercayaan bagi konsumen untuk berbelanja Iebih sering di tempat Anda.

Ilmu pemasaran tentang marketing mix perlu dipahami pula, yaitu 4P sebagai berikut.

  1. Product, mencakup berbagai variasi produk yang didukung 0leh mutu, desain, kemasan, ukuran, karakteristik, pelayanan, dan sebagainya.
  2. Price, harga yang ditawarkan sebaiknya sesuai dengan target yang dituju. Harga barang yang tidak sesuai dengan target pasar membuat barang tersebut sulit terjual.
  3. Place, Lokasi berbisnis sebaiknya mudah dijangkau oleh konsumen.
  4. Promotion, promosi dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut:
    • Direct selling, yakni menjual produk secara langsung “door to door” kepada konsumen.
    • Sales promotion, yakni promosi penjualan yang menawarkan produk pada saat momen penting. Biasanya, kegiatan ini dilakukan pada saat memulai bisnis.
    • Public relation, yakni kegiatan yang berkaitan dengan hubungan masyarakat untuk meningkatkan citra perusahaan, baik skaia bisnis kecil maupun besar. Misalnya, peran serta dalam acara atau kegiatan sosial guna memberikan pencitraan berbeda untuk bisnis Anda.
    • Publikasi, yakni menunjukkan penghargaan atau sertifikasi tertentu yang diraih melalui media cetak atau elektronik.
    • Advertising, yakni iklan yang dapat dibuat dalam bentuk brosur, spanduk, banner, atau ikian di media cetak, radio, dan sebagainya.

Tentang cara dan macam ide untuk beriklan, bisa dibaca disini: 45 Cara dan Ide Promosi

 

sabun cair goats milk Aneila

3 Comments

IC Lock

thanks infonya….sangat mencerahkan, semoga bisnis saya makin mantap dan artikel ini bisa memberi manfaat kepada makin banyak orang

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *