Panduan Waralaba: 6 Alasan Utama Membeli Franchise

Ini bagian kedua dari 10 artikel serial panduan waralaba.

Membeli waralaba menjadi pilihan bisnis yang menarik, karena tingkat resikonya yang relatif lebih kecil. Mengapa? Waralaba hampir tidak lagi memerlukan banyak “trial and error” karena semuanya sudah dilakukan oleh pemilik merek sebelum usahanya diwaralabakan. Pemilik merek, sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendukung kesuksesan investornya. Tentulah pemilik merek sangat berkepentingan menjaga nama baik usaha waralabanya dengan berusaha menjadikan usaha waralabanya punya reputasi 100% sukses bagi pembeli waralabanya.

Apa saja benefit membeli waralaba tertentu?
Pertanyaan itu harus ditanyakan oleh siapapun yang ingin membeli sebuah merek usaha waralaba. Dalam sebuah riset, alasan utama membeli sebuah usaha waralaba adalah:
41% menjawab membeli waralaba karena membeli merek dan sistem yang sudah teruji
35% menjawab untuk investasi dengan “return” yang lebih tinggi dibanding deposito dan sejenisnya; dan hanya
18% menjawab membeli waralaba karena ingin menjadi pengusaha.

Menurut analisa saya, sedikitnya ada 6 hal yang dapat dijadikan alasan untuk membeli sebuah waralaba, yaitu:

Pertama

Pembeli waralaba berhak menggunakan brand atau merek yang sudah dikenal oleh publik. Asumsinya, dengan menggunakan brand atau merek yang memiliki jaringan dan sudah dikenal, tentu akan lebih memudahkan anda untuk memasarkan produk atau jasa. Bahkan, kemungkinannya cenderung lebih mudah menang dalam persaingan dengan usaha sejenis yang berada di sekitar kita.

Kedua

Membeli waralaba adalah membeli sistem bisnis

¬†yang sudah teruji, karena sebenarnya membeli waralaba itu adalah membeli sebuah ‘sistem’. Dengan begitu, anda tidak perlu repot lagi membangun sistem yang baik dan tidak perlu trial dan error untuk membangun sistem itu. Karena pemilik waralaba/franchisor akan membantu memberikan dukungan baik dari aspek sistem manajemen, keuangan, pemasaran, alur pasokan, serta bagaimana mengelola sumber daya manusia.

Ketiga

Adanya dukungan penuh dari pihak franchisor. Franchisor akan membantu franchisee (pembeli waralaba) baik dari mulai membuka usaha, survei lokasi, training karyawan, menjalankan usaha, supply bahan baku, bimbingan operasional, maupun bimbingan pasca launching.

Keempat

Adanya ‘sharing experience’. Inilah yang paling mahal dalam sebuah bisnis, yang sangat berguna ketika anda menghadapi kendala-kendala ketika menjalankan usaha di lapangan.

Kelima

Adanya promosi berkesinambungan dan bersamaan. Dengan kekuatan jaringan waralaba, tentunya akan memungkinkan untuk biaya promosi yang lebih murah, efektif dan efisien karena bisa dijalankan secara bersama-sama. Promosi ini akan sangat efisien karena biaya promosi akan ditanggung oleh seluruh jaringan bisnis waralaba secara bersama-sama.

Keenam

Adanya kepastian supply produk. Sehingga pembeli waralaba tidak perlu susah-susah lagi membeli produk karena sudah disupply oleh pemegang merek. Dan enaknya lagi, produk-produk tersebut sudah dibuktikan dapat diterima oleh pasar.

Demikianlah 6 alasan utama memberi usaha waralaba. Oke, kita akan bertemu kembali pada bagian ketiga serial panduan waralaba ini: Uji Kesiapan Diri Sebelum Membeli Waralaba.

Panduan waralaba, serial panduan mengenai seluk beluk waralaba/franchise meliputi:

6 Syarat Usaha Waralaba
– Alasan Utama Membeli Waralaba
– Uji Kesiapan Diri Sebelum Membeli Waralaba
– Step by step Membeli Waralaba
– Investigate Before Investing
– Memilih Lokasi yang Strategis
– Menjadi Pembeli waralaba (Franchisee) Ideal
– Franchisee Mistakes
– 20 Kunci Sukses Franchisee
– Kiat Sukses Sang Juara Franchise
franchise keren cafeos

3 Comments

bobby setyawan

tak bermaksud offensive namun pada perkembangannya saya melihat waralaba sebagai bisnis yang punya akselerasi bagus di awal namun cukup sulit untuk bertahan di pasar karena adanya standarisasi yang baku dan mengikat. akankah kedepannya lahir waralaba dengan ketentuan yang lebih fleksibel karena kalau tidak berubah nama besar waralaba akan kalah oleh bisnis lain yang terus bermunculan dengan inovasinya masing – masing. salam wirausaha.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *