Panduan Wirausaha: 4 Aspek Cara Mengiklankan Produk yang Paling Efektif

Bagaimanakah sebuah iklan yang baik itu?
Iklan yang bagus adalah iklan yang bisa mempengaruhi pembaca/pemirsanya untuk melakukan sesuatu seperti yang diminta oleh iklan tersebut. Caranya?

Manfaatkan sisi psikologis calon pembeli/pembaca iklan anda. Sedikitnya ada 4 hal yang harus di ‘sentuh’ dalam membuat iklan yang efektif, seperti:
1. Aspek Perhatian (Awareneess/Attention/Attraction)

2. Aspek Ketertarikan terhadap sesuatu (Interest)

3. Aspek keinginan emosional menggunakan testimoni (Desire)

4. Aspek “call to action”

 

contoh iklan jadul yang efektif

contoh iklan jadul yang efektif

Oke, mari kita bahas satu persatu:

 

1. Aspek Perhatian (Awareneess/Attention/Attraction)

Untuk menyentuh aspek ini, anda harus bisa membayangkan, mengira-ngira apa yang sekiranya menarik perhatian calon pelanggan. Masuklah ke dalam pikiran pelanggan dengan mencoba menyelesaikan persoalannya. Tawarkan solusi, jangan tawarkan masalah baru….

Bikinlah kalimat tanya yang mengejutkan, memberi jalan, memberi solusi, dan menunjukkan cara (how to) untuk mencapai apa yang pelanggan inginkan atau harapkan.

Contohnya:

“Sehatkah pemutih wajah yang sekarang anda gunakan?” ini lebih baik dari pada kalimat “Sabun Pemutih wajah baru”

 

2. Aspek Ketertarikan terhadap sesuatu (Interest)

Banyak iklan dan brosur yang saya temui mengabaikan aspek ini. Padahal pada aspek inilah kita berharap target kita bersedia meluangkan waktunya untuk membaca lebih detail iklan atau brosur kita. Oke, di aspek ini, mari kita bangun minat target dengan memberikan janji solusi atas masalah mereka. Penuhi harapan mereka dengan kalimat-kalimat yang menunjukkan seberapa bagusnya fitur dan keuntungan yang anda tawarkan pada mereka. Jelaskan sejelas-jelasnya keuntungan yang akan diperoleh jika memilih produk/jasa anda.

Contoh:
“Akan lebih putih 4 tingkat  secara alami setelah menggunakan sabun herbal Susu ANEILA selama 3 minggu berturut-turut” bukan kalimat seperti ini Sabun herbal susu adalah pemutih alami”

 

3. Aspek keinginan emosional menggunakan testimoni (Desire)

Pada tahap ini, aspek emosional akan dibangun dengan memberikan data statistik yang menggugah, atau bahkan mencantumkan testimoni untuk membangun kepercayaan pada produk yang kita tawarkan. Ya, gunakan data statistik atau testimoni dari orang yang terkenal.

Contoh:

SABUN HERBAL ANEILA ini sabun herbal best seller, sudah terjual lebih dari 3 juta unit hanya dalam waktu 6 bulan sejak diluncurkan” atau “Jokowi saja menggunakan sabun herbal anggur ANEILA untuk membantu dietnya sehari-hari”

bukan seperti ini “Ini sabun herbal best seller” atauSabun herbal anggur untuk membuat langsing”

 

4. Aspek “call to action”

Inilah aspek paling penting dari sebuah iklan. Call to action!

Bimbinglah target anda untuk melakukan apa yang anda inginkan. Gunakan kalimat-kalimat perintah untuk bertindak sekarang juga. Dan jangan lupa juga berikan batasan waktu atau diskon tertentu:

“Telepon sekarang……..” , “Kunjungi SABUN HERBAL ANEILA sekarang!….” , “Dapatkan di…..” , “Pesan sekarang …..”

lalu batasan itu seperti “berlaku untuk 5 orang” , “Hanya hari ini” , “Harga naik tgl…” , “Stok terbatas, hanya 50 unit” dsb.

data base toko online 1nop-2des17

One Comment

grosir kain batik murah

terima kasih kampung wirausaha telah memberi informasi dan ilmu yang baik, semoga ilmu yang didapatkan menjadi inspirasi bagi kita semua dan menjadi jalan menuju masa depan yang lebih baik.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *