Panduan Wirausaha: Profit Adalah Akibat

Dalam BISNIS, Profit (Uang) adalah akibat dari Usaha (Action) atau Tindakan. Dan tindakan adalah hasil dari STRATEGI.

Strategi adalah buah dari Pola Pikir. Dan Pola Pikir adalah hasil dari KEYAKINAN. Apa yang kita yakini secara sadar maupun tidak, akan mempengaruhi keputusan yang kita ambil.

Sebagai contoh.. Dalam satu kasus, ada seseorang yang di dalam belief/keyakinannya bahwa uang adalah sumber malapetaka. Akhirnya.. Pada saat omsetnya bertambah, justru banyak “musibah” yang terjadi pada dirinya. Akhirnya, pertumbuhan bisnisnya sangat lambat, karena fokusnya selalu terpecah dengan musibah demi musibah.

NILAI Atau Values

Lanjooot… Keyakinan adalah akibat dari Nilai-Nilai (Values) yang ada di dalam diri seseorang. Dan Values tertanam secara sadar maupun tidak sadar dari Lingkungan yang dengan siapa kita berkumpul dan kita kagumi.

Jadi Value tentang bisnis, khususnya Uang/Profit, adalah akibat dari dengan siapa kita berkumpul. Berkumpul dengan orang “sukses” tapi materialistis, kemungkinan besar, akan membawa dampak dalam kehidupan sehari-hari dengan pola hidup materialistis. “Wani pirooo..??”

Orang-orang yang berkumpul dengan para koruptor, memiliki kecenderungan berperilaku layaknya koruptor, menjadi budak uang.uang hanya sebuah akibat dari pekerjaan

Sebaliknya orang-orang yang selalu mandiri dan berkumpul dengan orang-orang sholeh yang memandang bahwa uang adalah suatu akibat, maka dia akan mempunyai POLA yang baik terhadap uang. Dia yang menguasai uang, bukan dikuasai.

Dalam kasus yang lain.. Terkadang dalam bisnis, ada orang-orang yang sering menyalahkan karyawan yang tidak disiplin, tidak melayani, tidak sesuai SOP. Tapi bisa jadi, itu hanyalah akibat/effect dari bagaimana dia memberi contoh kepada karyawan/anak buah kita.

Uang Adalah Efek Samping

Uang adalah akibat, bukan sebab. Root Caused (Akar Penyebabnya) adalah dengan dengan siapa dia percaya (Modelling). Sehingga, dalam pola ini, walaupun orang tersebut bangkrut, dia akan menyadari, bahwa (bangkrutnya) itu adalah akibat dari tindakannya sendiri. Dan dia akan dapat dengan mudah berbenah serta bangkit dengan memperbaiki POLA HIDUP dan Modelling-nya.

Jadi.. Carilah ROOT CAUSED dari problem yang Anda hadapi. Bukan cuma mengobati (baca: menghilangkan rasa sakitnya), tapi mengubah Pola Hidup.

Semoga Bermanfaat..

oleh Dania Setiabudi

franchise keren cafeos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *