Panduan Wirausaha: Untuk yang Sedang Galau Dililit Hutang

Percakapan antara seorang Entrepreneur yg sedang galau dengan Gus Tanto Abdurrahman, semoga bisa menjadi bahan renungan kita semua…..


: Gus.. saya pusing… masalah saya begitu banyak… orang orang sudah tidak percaya lagi sama saya… hutang banyak… istri minta cerai anak sudah tidak lagi menghargai saya… saya malu gus… saya harus bagaimana… saya ingin lari saja.. menenangkan diri dimana sebaiknya..

Gus Tanto : he he he…. hal begini saya pernah alami, saya tau persis gimana rasanya… dulupun sempat terpikir utk lari… sampai akhirnya, Allah memberikan hidayah dan maunahnya….

Saya anggap semua peristiwa buruk yang menimpa saya adalah proses pembersihan dari dosa dosa saya… yaa banyaklah… dosa riba,dan masih banyak lagi dosa lain…

Awalnya saya coba ikhtiar lalu pasrah… hasilnya… ??? gak selesai juga..
akhirnya tak balik…. pasrah total… aktifitas yg “ngemis” bantuan kemanusia yg sering kita sebut ikhtiar salah kaprah itu tidak lagi saya lakukan…

Saya gak lagi… konsultasi sana sini, saya hanya mepet Ulama yg membimbing saya… mulut saya kunci utk mengeluh sama manusia, saya kumpulkan “keluhan-keluhan” itu tiap hari lalu setelah tahajut saya tumpahkan keluhan saya ke Allah…

Saya gak lagi, mikir strategi bisnis… saya gak lagi belajar mengelak dan lari bahkan mengakali tanggung-jawab saya dgn berbagai trik dan jurus atau apapun itu namanya… krn memang hutang WAJIB dibayar…

Saya gak lagi, mengandalkan tenaga saya utk mencari solusi kesana kesini yg juga saya sebut namanya ikhtiar… karena memang itupun hanya akan saya jadikan alasan utk menjawab sang penagih hutang…

Akhirnya…. saya pasrah… pasrah total…
Saya mepeeettt ke Allah… 5 waktu jamaah.. dhuha gak pernah putus…
Sholat malem selalu saya pake buat curhat ke Allah… saya bayakin deres Qur’an… ternyata ini yg sebenarnya disebut ikhtiar…

Setelah hal ini saya lakukan ISTIQOMAH… solusi datang…. jalan selalu muncul… peluang datang dengan sendirinya…

Dan tidak perlu extra capek utk mengeksekusi akan berbuah hasil yg secara nalar jika kerja dengan fisik dan otak dalam waktu sesingkat itu tdk mungkin dapat hasil yg sebesar itu…

Akhirnya… ikhtiar saya ke langit… bukan lagi mengandalkan otak dan logika… karena memang rizky itu hal ghaib… tdk akan pernah bisa di raba dengan yg serba indra… hanya dengan kejernihan dan ketenangan hati saja…

AKHIRNYA aktifitas fisik kerja yg saya lakukan saya niatkan bukan lagi untuk hasil, tapi dalam rangka mensyukuri nikmat sdh diberi anggota badan yg lengkap, dan saya niatkan “SETOR” keringat ke Allah…

terserah Allah setoran keringat saya mau “dihargai” dgn bentuk rizky seperti apa…

KUNCINYA…
Jangan pernah ngelawan takdir Allah…
Kondisi apapun saat ini yakinkan bahwa itu adalah kondisi terbaik buat kita menurut Allah…
Gak ada kata TAPI dalam menjalankan takdir Allah… mau enak ayooo… mau menderita ayooo…. mau banyak masalah ayooo…. Apapun kondisinya jangan pernah ada perlawanan terhadap takdir Allah…

T: kog gitu gus…
Tapi gus masalah saya… hutang saya… istri saya…

Gus Tanto: Yah emang gitu, emang kalo banyak masalah kenapa, emang klo banyak utang kenapa… , emang kalo istri minta cerai kenapa.. emang kalau anak gak lagi percaya kenapa… ya biarin aja.. lha wong itu kehendak Allah… bukankah smua hal dimuka bumi in terjadi atas kehendak dan izin Allah… ya sudah di adepin… anteeeeeeeeeeeeeeeeeeeng…. diadepin jangan lari…

Saya: tapi gus…
Gus Tanto: stttttttttttttttt……… sudah… gak usah nglawan takdir Allah….
Dijalanin saja, gak usah protes… itu cara Allah memuliaknmu jika memang Allah satu satunya tujuanmu…

Saya: Subhanallah…. iya gus iya…

Gus Tanto: Subhanallah saja belum cukup…. klo hati sudah bisa ngomong terucap lewat mulut, karena paham betul bahwa takdir Allah sedang berjalan…
Harusnya yang terucap:
Alhamdulillah… Akhirnya saya ngrasain juga punya utang banyak… resikonya paling di omelin deptcolector, dan setau saya gak ada cerita di omelin deptcolektor trus mati gitu gak ada cerita…

Alhamdulillah… Akhirnya saya ngrasain juga di hinakan orang… jadi begini rasanya dihina orang… gini rasanya gak punya harga diri… Alhamdulillah Yah…

Alhamdulillah… akhirnya ngrasain digugat cerai ama istri… yah sudah apa adanya kita sampaikan klo tidak bisa menerima kondisi kita yah sudah, mau cerai sekarang mau nanti sama saja… krn pada dasarnya istrinya tdk mau menerima kondisi kesusahan,…

Saya: Tapi gus… beraaaaaaaaatt

Gus Tanto: stttttttttttt jangan nglawan takdir Allah… saya gak pernah bilang kalau ini ringan… memang mendekatkan diri dan berjuang menjadi kekasih Allah itu bukan hal yg mudah… perlu perjuangan, perlu pengorbanan… dan yang paling berat adalah MENGORBANKAN SMUA HAL YG BERHUBUNGAN DENGAN NAFSU DAN KEINGINAN KITA… jadi ah sudah lahhhh…… itu pilihan… , mau dengan cara ini silahkan kalau ada cara lain menyelesaikan masalahmu dengan tuntas selain ke Allah, nanti tlg kasih tau saya… saya ingin tau juga….

Gus Tanto (Tanto Abdurrahman)

Gus Tanto (Tanto Abdurrahman)

Gus Tanto (Tanto Abdurrahman) adalah seorang entrepreneur, Ustadz, pembimbing Spiritual, bertempat tinggal di Jogja.
Silahkan ke FB : Gus Tanto (Tanto Abdurrahman)

21 Comments

grosir kopi dan cemilan

aduh…gimana ya pak lur???dari cerita2 yang diterangkan pada saya bahwa Allah idak akan merubah nasib suatu kaum jika kaum itu sendiri yang merubahnya…padahal utang itu kan nasib,bukan takdir…mohon bimbingan lebih lanjut…

Reply
embang

Insya allah….saya sudah membuktikannya sendiri…12 kartu kredit lunas setelah saya berpasrah dan melakukan tahajud. padahal saya sudah melakukan berbagai macam cara untuk melunasinya, mulai dari cari duit tambahan, kredit tanpa agunan, gali lobang tutup lobang…tapi malah hutang bertambah. pas dipuncak pusing itu saya shalat tahajud…dan itu adalah tahajud pertama kali saya……saya curhat…Alhamdulillah … 2 hari kemudian saya diberi jalan yang tidak saya perkirakan dan rencakan sebelumnya dan mendapat rejeki yang tidak diduga duga…12 kartu saya lunas semuanya….

Reply
Alamsyah

Berat mas…. Berat muatan ceritanya, berat buat diamalkan tapi berat pula hasil yang didapat jika mampu menjalaninya. Inspiratif dan menenangkan…menyadarkan bahwa tidak ada masalah yang tak bisa diselesaikan jika “mepeeetttt” kepada Alloh SWT, karena bagi-Nya semua masalah yang bahkan kita anggap paling berat sekalipun “sangat ringan” untuk diselesaikan.

Ijin share artikel seputar kewirausahaan mas, blog sederhana yang masih belajar http://www.artikelwirausaha.com

Salam wirausaha

Reply
gino

ceritanya sama persis apa yang sedang saya alami saat ini gus tanto,sungguh-sungguh pedih dan sangat pedih,apa yang sudah saya miliki selama bertahun tahun masuk daftar sita bank,bahkan usaha yang saya rintis juga tidak lagi bisa berjalan,bahkan dengan merubah systempun tidak mendapatkan hasil,sampai saat ini juga beaya untuk hidup sehari-hari mengandalkan hutang baru yang entah kapan saya bisa membayarnya,sungguh sangat sedih,saudara,temen tetengga semua pada alergi kalau melihat saya,seakan saya ini penyakit yang menular dan berbahaya,mohon pencerahanya gus,langkah yang bagaimana yang harus saya tempuh,sholat tahajud,duha,hajat wirid semua sudah saya lakukan

Reply
bunda farah

Saya seorang ibu yang sudah 15 tahun lebih menjadi tulang punggung. Saya ingin belajar pasrah total kepada Allah, tanpa mengemis kepada manusia untuk mengatasi kesulitan membayar hutang. Mohon pencerahan dari panjenengan Gus.
Ditunggu sangat. Terima kasih.

Reply
Tiana

Terkadang kita dalam menyelesaikan suatu masalah selalu bergantung pada cara berpikir ala manusia, padahal apabila kita menyerahkan semuanya dengan menggunakan cara Allah swt…tentu hasilnya tidak akan disangka sangka diluar pemikiran manusia. Bukan dengan pengertian uang jatuh dari langit sebesar hutang kita, tapi Allah akan memberi jalan keluar dengan menghadirkan seorang penolong ataupun mendatangkan kita sebuah ide dlm menyelesaikan permasalahan kita.

Reply
nanda arianda

ceritanya sama dengan saya,,tapi saya sudah berikhtiar dan melaksanakan semuanya,,dan alhasil jalan saya makin sempit,,sekarang saya tidak mempunyai pengharapan lagi dan tidak mengharapkan apa-apa lagi,,karena saya sudah lelah sekian tahun menjalani,,sampai dihujat,,dizholimin,,cukup den pokoknya.alhasil penyakit datang,,karena kondisi terhutang susah makan susah tidur pikiran kalut,,itu sudah cukup untuk mendatangkan penyakit,,mgkn takdir saya untuk neraka,,karena sekuat apapun saya berusaha hasilnya saya pengen bunuh diri,,karena sudah menemui jalan buntu,,dan doa pun saya panjatkan dengan khusyuk alhamdulillah tidak dikabulkan juga,,,dan saya sudah tidak bisa bertahan menanggung semuanya,,,itulah sepenggal cerita hidup saya mudah-mudahan anda tidak sampai mengalaminya,,,saya tidak meminta lagi saya tidak berdoa lagi,,hanya menunggu ko it aja

Reply
yan

Dengan rasa penuh malu kepada Allah berdoa memperbaiki sikap dan ibadah, seperti gus lakukan, alhamdulillah sebagian problem satu persatu mulai terselesaikan, jadi jangan ragu lagi ayo lakukan, kalaupun doa belum terkabul Allah tetap menguji kita karena dengan kesulitan itu Allah mendengar hambanya mengiba hanya kepada Nya…

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *