Peluang Usaha Sampingan Buat PNS

Apapun latar belakang pekerjaan anda, berwirausaha dapat dilakukan disela-sela waktu kerja. Setiap orang pasti mempunyai waktu luang dan telah diberi karunia kemampuan mengelola waktu yang dimilikinya, juga untuk anda yang kebetulan sekarang sedang bekerja sebagai PNS. Jadi sebenarnya banyak sekali peluang usaha sampingan untuk PNS seperti anda.

Banyak jenis bidang usaha yang bisa ditekuni oleh siapa saja. Kita yang bekerja di instansi pemerintahan sebagai PNS sekalipun bisa menekuni salah satu bidang usaha yang kita pahami. Apa aja bidang usaha yang pas buat sampingan kerja PNS?

Beberapa contoh di bawah ini bisa dijadikan rekomendasi.

Ternak

kurang lebih setahun yang lalu, saya berkunjung di salah satu kandang ayam dengan kapasitas 10 ribu ekor ayam pedaging dengan dua orang pengelola/karyawan yang bertugas memberikan makan, vaksin dan membersihkan kandang. Karyawan tersebut biassa disebut dengan “anak Kandang”.

Laba yang dihasilkan oleh kandang tersebut mencapai puluhan juta rupiah sekali panen dalam masa dua bulan ternak. Dan yang lebih mengejutkan bagi saya adalah, ternyata pemilik kandang tersebut adalah seorang guru SD Negeri. Usaha sampingan yang sangat inspiratif, meskipun pekerjaan utama sangat sibuk dan menyita waktu, tapi dapat menghasilkan puluhan juta rupiah dengan bantuan dua orang “anak kandang”.
Cerita di atas adalah salah satu contoh, bahwa seorang PNS pun memiliki banyak kesempatan untuk berwirausaha khususnya ternak, bisa ternak ayam baik kampung, petelur, pedaging maupun bangkok, ternak sapi, ternak kambing , dan lain sebagainya.

Bertani

Sumber inspirasi usaha sampingan lainnya adalah bertani. Daerah yang berlahan subur utamanya di pedesaaan banyak dimanfaatkan oleh beberapa PNS yang berdomisili di daerah tersebut sebagai lahan pertanian. Untuk bertani tidak harus memiliki lahan sendiri yang luas, salah satu pilihannya dengan menyewa lahan atau bekerja sama dengan pemilik lahan.

Bertani pun tidak harus dikelola sendiri, seperti halnya beternak, kita bisa mengerjakan beberapa pekerja atau petani di pedesaan. Jenis komoditi pun beragam tergantung dari tingkat kesuburan tanah dan jenis tanaman yang cocok di lahan tersebut, misal buah-buahan, sayur mayur, rempah-rempah dan jenis-jenis lainnya.

Dagang dan Jasa

Bedagang juga bisa dijadikan pilihan sebagai usaha sampingan yang cukup mudah. contoh jenis dagang yang dapat dilakukan adalah dagang makanan, pakaian, aksesoris dan lain sebagainya. Lokasi dagang pun dapat menyesuaikan, bisa di rumah maupun di luar rumah. Selain dagang, usaha dibidang jasa juga layak untuk dilirik, misalnya laundry rumahan, potong rambut, dan lain-lain.

sabun cair goats milk Aneila