Rahasia Sukses Entrepreneur Tulen

Kampungwirausaha.com – Menjadi entreprenur sejati harus siap bersaing dengan siapa pun, di mana pun dan kapanpun. Berikut adalah entrepreneur sejati, yang telah teruji dengan jitu.

Ambil Resiko dengan Berani

Setiap tantangan dalam kehidupan memiliki untung dan  rugi. Sama layaknya dengan pilihan  yang tidak selalu memuat peluang dan risiko. Terbebas dari berani mengambil atau tidak peluang bisnis dengan risiko yang senantiasa membonceng.
Setiap orang yang sukses pastilah memiliki riwayat  perjuangan yang keras dalam mendapatkannya. Sukses di dapat dari seberapa kerja keras yang seseorang lakukan.

Bagaimana kisah Colonel Sanders pendiri Kentuky Fried Chicken (KFC) mengawali usahanya dengan mempromosikan resep andalan ayam goreng di mana usianya tidak lagi muda.
Ia menjajakan resep pada  usia 60 tahun. Kegigihan dirinya dalam memasarkan resep ayam goreng walaupun ratusan kali penolakan diterimanya dari berbagai restoran? Kemudian akhirnya peruntungan nasib mendatanginya. Dan   julukan ‘kolonel’ memperhitungkan kegigihan dirinya dalam berbisnis.

Mimpi yang Besar

Gadis jawa dan falsafah bisnis

Berbisnis itu lembut seperti gadis jawa, namun tegas dengan aturan atau pakem yang ada

Berkeinginan dengan besar itu sah saja, segala pencapaian target manusia berawal dari sebuah mimpi. Dahulu, manusia bisa mencapai dan menjejakkan kaki dibulan  hanyalan angan. Belakangan pesawat terbang terilhami oleh legenda cerita Ikarus yang rela mati menggapai cita-cita, untuk bisa merasakan menjadi manusia burung yang bisa terbang tinggi.

Tahukah AirAsia maskai penerbangan yang didirikan oleh Tony Fernandes?

Warga negara Malasyia yang memiliki mimpi bisa memberikan kesepatan pada siapapun untuk bisa terbang namun dengan ongkos yang terjangkau siapa pun. Dengan tagline  AirAsia “Everyone Can Fly“. Sekarang, armada miliknya menjadi penguasa langit di Asia Tenggara, bersaing dengan “flag carrier” Airline  Malasyia.

Pelanggan/pembeli adalah Raja

Ketika kita pernah mengalami kecewa saat membeli sebuah produk dan produk tersebut tidak sesuai harapan. Lantas  penjual memberikan ganti ketika komplain, malahan konsumen yang sering dipersalahkan.
Namun sekarang  bukan lagi era mengecewakan atau bisa mengelabui konsumen. Lihat saja Produsen minyak skala raksasa Pertamina, yang berjuang mengubah mindset petugas SPBUnya agar selalu mengusung kalimat, “Dimulai dari nol ya, Pak“.

Selebihnya Indonesia masih kalah jauh dengna Jepang. Pelanggan SPBU di sana dihargai dengan service tambahan dalam pembelian BBM. Contohnya, mereka mendapat service dibersihkannya kaca mobil/motornya. Mereka juga membantu mencarikan jalan seusai mengisi SPBU dan lain-lain.

Menghargai SDM

Tenaga kerja yang profesioanal sangat berharga untuk kelangsungan bisnis yang anda jalankan. Pemilik perusahaan seringkali berfikir membayar tenaga kerja dengan murah, alasannya margin dari bisnis yang dijalankannya tipis. Namun bayangkan yang terjadi bila tenaga kerja itu merasa kecewa, terjadilah ketidakdisplinan kerja juga sabotase oleh tenaga kerja?

Contoh yang baik seorang entrepreneur hebat menganggap karyawannya dalah Henry Ford. Di tahun 1913 dia pernah mengumumkan bawa upah untuk karyawannya sangat kecil bila dibanding dengna keuntungan bisnisnya. Henry Ford orang pertama yang mempelopori konsep kerja 5 hari dalam seminggu. Ia menyadari setiap orang yang bekerja butuh lebih dari sehari untuk istirahat.

Ulet

Usaha yang dibangun diawal memang belum bisa menunjukkan hasil statisktik yang bisa menentukan kelangsungan usaha tersebut layak seterusnya jalan atau tidak. Fase tersebut biasanya menggagalkan para usaha untuk terus bertahan. Namun banyak pengusaha yang tersisa dari yang gagal itu.
kisah ibu Martha Tilaar layak dijadikan motivasi.

Ia merintis usahanya di garasi rumah orang tuanya karena belum memiliki rumah. Lantas dijadikan laboratorium tersebut untuk usaha “Martha Salon“. Produk kecantikan yang dibuat oleh bahan alam mulai bermunculan dari sepetak ruangan berukur 6×4 meter di daerah Menteng, Jakarta. Produk Sariayu Martha Tilaarnya tidak lupu dari penilakan dan ditafsir tidak berkelas. Cibiran itu dibuktikan dengan didirikannya Putri Ayu Martha Tilaar pada Mei 1995 , di Kuningan, Jakarta selatan. Hingga akhirnya perlahan, gerai jamu dan kosmetiknya pun berkembang dan memiliki cabang di seluruh Indonesia.

Percaya pada Diri Sendiri

Buckminster Fuller onvestor sukses yang sering melakukan revolusi di dunia tekhnik. Dalam awal hidupnya ia terkenal tidak bahagia, malahan pernah mau bunuh diri. Dia lebih banyak mendengar nasihat rang lain dan mengabaikan rasa percaya dirinya, hingga akhirnya sebelum ia menghembuskan napas terkahitnya, Fuller sukses membuat revolusi dunia otomobil, perumahan, artsitek dan lain sebagainya.

Passion

Hasrat kuat saja tidak cukup utuk seorang entrepreneur sejati, karena hasrat kuat hanya melahirkan etos kerja dan fokus dibidangnnya saja. Entreprenuer haruslah memiliki energi positif yang selalu memotivasinya, ialah: passion.
Greg Hambali pemulia tanaman aglaonema tersohor dengna dunia tanaman hias nasional dan internasional. Pernah mendengar kesuksesan tanaman ‘Pride of Sumatera’ (Pos)? itu adalah salah satu dari karya Greg yang menghantarkan harum Indonesia pada dunia tanaman Internasional. Pos juga termasuk tanaman dengan lelang harga paling tinggi, dan genimal saat kejayaan Greg.

Sedekahlah

Logika ilmu Neuri Lingustik Program (NLP) menerangkan bahwa program sedekah membawa bawah sadar kita menjadi insan yang sanggup merepresentasikan tangan memberi adalah di atas. Di Indonesia dikenal tokoh Ustadz Yusuf Mansyur yang selalu menyinggung ilmu sedekah, bahwa sedekah yang dilakukan adalah jalan kesuksesan bagi setiap pribadi.

Seperti kata petuah dari Winston Churchill, “Make a living by what you get, and make a life by what you give.”
(Anda dapat menghidupi diri dengan apa yang anda dapatkan, namun anda dapat membuat kehidupan dengan apa yang anda berikan)

data base toko online 1nop-2des17