UKM Sukses: Annur Budi Utama, Mahasiswa yang Sukses Bisnis Percetakan

Mahasiswa Teknik Industri angkatan 2008 UGM ini bernama Annur Budi Utama. Dialah pemilik Deepublish, usaha percetakan buku, yang awalnya hanya untuk memenuhi kebutuhan teman-teman sesama mahasiswanya. Memulai usaha pada tahun 2009, modalnya cukup besar sekitar 16jt-an rupiah, kini (2013) omsetnya mencapai 250 juta rupiah.

Awalnya Hanya Bisnis Foto Copy

“Saya kenal bisnis percetakan dan fotokopi pada November 2009 lalu berkembang pada Januari 2010 fokus buku bertema pendidikan di bawah bendera Deepublish hingga sekarang, hasilnya lumayan,” kata Annur Budi Utama di Yogyakarta.

Produk cetak yang dipilihnya untuk dikembangkan adalah buku-buku bahan ajar di kampus. Biasanya kan dosen pengasuh mata kuliah itu memberikan bahan ajar dalam bentuk pointers atau slideshow. Annur Budi Utama dibawah perusahaannya, Deepublish, mengolah bahan tersebut menjadi sebuah buku. Dia bekerjasama dengan mengajak dosen pengampu mata kuliah untuk jadi penulisnya. Dan BLAM!!! Ternyata kebutuhan untuk bahan ajar yang ringkas, terstruktur itu memang jadi kebutuhan penting bagi mahasiswa, maka bisnisnya pun bisa berkembang.

Target Pasar yang Spesifik

Semakin kesini, Deepublish tidak hanya memproduksi buku ajar, kini bahkan melayani pembuatan proceeding seminar, jurnal, hingga buku-buku self improvment tentang life skill. Annur, sangat jeli menarget ceruk pasar yang berbeda, yaitu kalangan pendidikan tinggi, kampus dan mahasiswa serta dosen. Yang menjadikan deepublish disukai penulis yang kebanyakan dosen dan guru tersebut, adalah nilai roalti penulis yang lumayan besar. “Kami jadikan dosen dan guru sebagai penulis dengan royalti hingga 25 persen,” kata Annur. Biasanya royalti penulis hanya 10% atau kurang, lho….

Selain di lingkungan UGM, produk bukunya dipakai juga di lingkungan Universitas Pasundan Bandung, Instiper, Universitas Islam Indonesia, buku untuk anak-anak SLB di Madiun juga di Salatiga. Saat ini, satu buku yang ditulis oleh seorang pelaut kini jadi buku yang wajib dibaca karyawan PT Pelindo terkait bagaimana menjadi pelaut yang baik. “Kami melakukan terobosan, menciptakan banyak penulis baru dari dosen-dosen yang selama ini hanya presentasikan dalam bentuk slide atau pointer mata kuliah jadi utuh buku lengkap dengan nomor ISBN,” katanya.

Bisnis, Selalu Saja Soal Pantang Menyerah

Kisah sukses merintis usaha jasa percetakan dan penerbitan bukan berarti tak menemui hambatan. Saat order cukup banyak, delapan karyawan yang bekerja memilih berhenti. Akibatnya untuk proses pengerjaan produksi penerbitan buku harus dijalankan sendiri hingga menemukan karyawan baru. Soal kunci sukses usaha jasanya, memanfaatkan pasar dengan ceruk kecil. Buku-buku yang diterbitkan bisa order model print on demand atau dalam jumlah terbatas. “Mungkin itulah bedanya kami dengan penerbitan yang lain. Kami yakinkan dosen agar mau jadi penulis dan kalau perlu dibantu how to dengan panduan menulis, video tutorial, pasalnya tidak semua dosen jago menulis,” katanya.

Bisnis itu harus Tertarget dan Terukur

“Bisnis itu harus dengan target yang jelas. Jika sudah menemukan visi bisnis yang tepat, penentuan target, wirausaha muda tidak mudah goyah. Hal pokok, sekarang sudah saatnya tinggalkan bisnis yang berbasis oportunity atau peluang tapi berbisnis itu harus dengan passion, mencari profit atau laba sebesarnya, itu harus,” katanya.

iklan sejak 19 Sept 2016 hingga 20 jan 2017

5 Comments

iAM

jujur saya terkesan dengan pengalaman teman kita ini melihat peluang pasar. Omset 250 jt-an . tapi di tulisan akhir kok saya jd simpati. Masa omset 250 gaji karyawan cuma 800rb (part time). kacian kan, kita hidup di negara koruptor sudah pasti hidup di sini seperti di medan perang. Kita pengusaha inilah yg bisa memberi nilai lebih.
Hebat saya iri hihihi….

Reply
Londo_gumak

hmm.. itu ide sangat bgus..
saya ingin mencobanya di daerah saya.
klo boleh tau bagaimana langkah awalny dulu mas annur???
boleh saya liat contoh suart kerjsama dengan dosen??apakah to the point aja?

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *