UKM Sukses: Resign, Andi Malah Sukses Buka Cetroo Coffe

Pengalaman nyruput secangkir kopi di sebuah kafe ternama di Jakarta, Menginspirasi Andi S. Purbawa membuka usaha minuman kopi dan teh dengan nama ceetro coffee.

Setelah keluar dari tempatnya bekerja diperusahaan agrobisnis, Andi Begitu ia disapa, membuka outlet ceetro coffe pertamanya di sentral market,

Jl. Soekarno Hatta, Kendal Jawa Tengah, awal 2009.

Keahliannya meracik kopi diperoleh pria kelahiran semarang, 10 juli 1982 ini dengan membaca banyak hal mengenai kopi dari buku, majalah maupun internet. Ia pun melakukan trial and error dengan mengadukan berbagai macam kopi dan varian rasa serta melakukan tes pasar yang hasilnya sangat memuaskan.

Respons luar biasa pun ditunjukka konsumen dan pelanggan sejak pembukaan outlet pertamanya. Bahkan beberapa pelanggan berniat mnegajak kerja sama membuka outlet ceetro cooffe dibeberapa daerah. Dari situlah berdiri outlet ceetro coffee yang kedua di pekalongan, Jawa Tengah.

cetroo coffee disukai oleh semua golongan

cetroo coffee disukai oleh semua golongan, ini salah satu booth cetroo coffee di sebuah mall

Menanggapi besarnya respons pelanggan yang tertarik bermitra, sejak 1 januari 2010 cetroo coffee resmi membuka peluang kerja sama kemitraan dengan konsep bussiness Opportunity. Disaat yang sama dibawah naungan PT. Indotrans Mitra Selaras (Brilliant Inti Group) ceetro coffee membuka kantor pusatnya di Pekalongan, Jawa Tengah. “Beberapa bulan sebelum me-launching konsep kemitraan, kami mengurus perizinan usaha seperti Surai Izin saha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan izin dari Departemen Kesehatan (Depkes) untuk produknya. Sementara perizinan lainnya masih dalam Proses,”jelas pria kelahiran 31 tahun silam ini.

Menariknya belum Setahun dimitrakan, ceetro coffee telah memiiki 97 outlet dari 78 Mitra yang tersebar di pekalongan, kendal, cirebon, Bandung, Jakarta, Surabaya, Malang, Madiun, Yogyakarta, Bukit Tinggi, Medan, Makasar, Palopo, Banda aceh, Kupang, dsb.

Produk Inovatif

Andi menuturkan banyaknya pelaku usaha ini membuat citra rasa kopi yang ditawarkan harus lebih unggul di banding pemain lain. Karena itu, ceetro coffee menawarkan 15 varian rasa kopi dengan aroma citra rasa yang penuh sensasi kesegaran dengan snow ice, dan whip cream / ice cream diatasnya dengan aneka topping pilihan.

Adapun beberapa varian menu yang ditawarka seperti Capuccino, Chocolate, Caramel, Vanilla, Mocha, Hazelnut, Tiramisu, Strawberry, MintBerry, Orange, Cofee blend, Papermint, Javaccino, Blackberry, Choconut dan Premiun Jasvan Tea.

Moto kita menyajikan kopi aneka rasa berkualitas internasional namun harga yang merakyat, soal rasa boleh di adu oleh kedai kopi lainnya”. ujar andi bangga.

Harga yang ditawarkan untuk segelas kopi ceetro coffee berkisar antara Rp. 5-6 ribu untuk menu hemat (cup 12 oz) dan harga 6-8 ribu untuk menu hebat (cup14 oz) dan 2,5 ribu untuk premium jasvan tea.

Bussines opportunity

Konsep kerja sama yang ditawarkan ceetro coffee berupa kerja sama berupa Mitra dan Master Franchise. Ada 3 pilihan untuk menjadi Mitra Ceetro Coffee, yaitu paket hemat senilai 7,5 juta (kopi), paket hebat Rp 9 juta (kopi dan teh), dan paket dahsyat Rp 12 juta (kopi dan teh) dengan masa kerja sama 5 tahun dan bisa diperpanjang setiap tahunnya.

Dari investasi tersebut Mitra akan mendapat booth eksklusif, peralatan lengkap(blender, dispenser heater, termos, ice box, water pump/ pompa galon air), produk coffe latte 200 pcs @ 20 per rasa, produk teh 20 gr, cup 14 oz 300 pcs, choco chips dan choco stick, flavour topping jam 5 rasa, x-banner dan flayer, 2 buah seragam, dan prosdur cara penyajian, namun belum terasuk sewa tempat.

Andi menjelaskan Ceetro Coffee tidak memungut franchise fee, royalty fee maupun supporting fee, hanya saja dalam kerja sama, Mitra wajib membeli bahan baku kopi dalam masa kerja sama, Mitra wajib membeli bahan baku kopi dalam bentuk sachet kepada pewaralaba (pemilik merek) seharga Rp 2.800 lengkap dengn cup berlogo.

Pewaralaba Ceetro Coffee menargetkan mitra bisa balik modal paling cepat bulan ketiga dan paling lama pada bulan ketujuh. Adapun Asumsi Omset yang dapat diraih Mitra tiap bulannya sebesar Rp 8,4 juta untuk Paket Hemat, Rp 13,2 juta untuk Paket Hebat, dan Rp @ 15,3 juta untuk paket Dahsyat. Keuntungan yang bisa didapat dari paket tersebut mulai dari Rp 1,3 sampai Rp 3,6 juta perbulan.

Disamping tawaran menjadi Mitra, Ceetro Coffee juga menawarkan investasi sebagai Master Franchise yang memiliki hak ekslusif disatu daerah/wilayah dengan syarat memiliki tiga outlet milik sendiri. Adapun keuntungan menjadi master franchise, yaitu berhak mencari mitra di wilayahnya dan mendapat keuntungan 15 % tiap kali ada pembukaan gerai serta penjualan bahan baku bagi mitra di daerah/wilayah tersebut.

Kendala dan promosi

Disebutkan Andi, kendala yang umm di hadapi calon mitra adalah sulitnya mencari lokasi yang strategis. Sedangkan untuk kami kendala yang jerap timbul adalah keterlambatan pengiriman bahan baku kepada Mitra oleh pihak ekspedisi. “Tapi hal itu nggak begitu berpengaruh karena kami terus memperbaikinnya, yang jadi masalah penentuan lokasi yang tepat bagi calon Mitra,” Ujar pria yang gemar membaca dan olahraga ini.

Sementara itu kesuksesan menjaring banyak mitra dalam waktu yang singkat dikatakan Andi lantaran ia gencar berpromosi, melalui media cetak, elektronik, maupun aktif mengikuti bazar dan pameran waralaba. 

ilustrasi pendapatan mitra cetroo coffee

ilustrasi pendapatan mitra cetroo coffee

 

Informasi  Franchise
Management Cetroo Coffee
Jl.Pagerdawung No.5  2/3 Ringinarum, Kendal – Jawa Tengah
081.215.1234.80 / 081.805.999.202
Pin BB : 314B32C8
Email : admin@cetroocoffee.com
www. cetroocoffee.com

 

 

sabun cair goats milk Aneila