Zulkifli Hasan, Keluar dari PNS untuk Jadi Pengusaha

Dulu, pernah Zulkifli Hasan menjadi PNS. Menteri Kehutanan ini memilih keluar dari PNS dan berwirausaha karena merasa bahwa jadi PNS tidak cukup membuatnya berkembang lebih besar. Jadi pengusaha menjadikan kita merdeka dan insya Allah, bonusnya kaya raya, katanya suatu waktu. Kebetulan, keinginannya jadi seorang pengusaha ini medapat dukungan penuh dari ayahnya. Ayahnya lah justru yang menyarankan seorang Zulkifli Hasan untuk berani keluar dari PNS, saat itu.

“Ayah pernah berpesan pada saya, kalau mau jadi ‘orang’ sebisa mungkin tidak menjadi ‘follower’. Jadi ‘kepala jauh lebih baik, meski kecil. Saya teringat betul perkataan Ayah saya ini, sehingga saya berani mengundurkan diri dari PNS”, ujarnya.

Waktu itu, kata Zulkifli, ketika beliau memutuskan mundur dari PNS, banyak teman-temannya mencibir kalau seorang Zulkifli Hasan otaknya sudah ‘miring’ dan stress. “Tapi saya tetap keluar dari PNS, karena saya bertekad untuk memperoleh hasil yang lebih besar, dan semua anggapan ‘miring’ itu saya acuhkan”, Katanya lagi.

Kunci Wirausahawan Sukses

Setidaknya ada 2 hal yang harus dimiliki seorang wirausaha untuk menjadi sukses. Yaitu BERANI, dan PEKA terhadap LINGKUNGAN. Selanjutnya, Zulkifli Hasan membagi-bagikan ilmunya tentang bagaimana menjadi wirausahawan sukses. Menurutnya, kunci sukses utamanya adalah “BERANI”. Seorang wirausaha harus berani dan punya tekad yang kuat untuk maju. Kegagalan adalah suatu keniscayaan dan hal yang sangat biasa. “Jika orang tidak pernah gagal, dia tidak akan mengerti bagaimana memperbaiki dirinya untuk menjadi lebih baik’, ujarnya.

Untuk menjadi pengusaha sukses, seorang wirausahawan harus peka terhadap perubahan yang ada. Kepekaan itu berguna untuk menangkap setiap peluang dan bisa memahami apa sebenarnya kebutuhan masyarakat yang menjadi pangsa pasarnya. Seorang pengusaha sukses harus paham apa yang akan dia jual, dana bagaimana pangsa pasarnya. Ini intuisi. Intuisi ini tidak ada sekolahnya. Tapi kabar baiknya, itu bisa dilatih.

Pengusaha, Bukan Melulu Soal Modal Uang

Mempunyai uang sebagai modal awal dalam berwirausaha sangat baik. itu akan memudahkan. Tapi tidak semuanya harus dengan uang. Yang terpenting dari uang adalah modal jaringan dan kreatifitas. Dengan kreatifitas, kekurangan modal uang bisa diatasi. Karena diluar sana banyak orang, lembaga, baik lembaga pemerintah atau swasta yang mau meminjami modal dan diajak kerja sama. Maka, luaskanlah jaringan pergaulan sehingga akses informasi cepat kita terima.

Mengapa Kini Jadi Menteri, Pak?

Dengan menjadi pengusaha seperti dirinya, akses informasi akan mudah dijangkau. Menurut Zulkifli Hasan, memang sebaiknya yang menjadi menteri itu punya background seorang pengusaha dan kalau bisa sudah kaya raya, sehingga ketika jadi menteri atau pejabat, tidak sibuk lagi untuk memperkaya dirinya sendiri. Tapi fokus pada program kerja departemennya.

“Untuk bisa menjadi menteri yang baik dan terihindar dari penyelewengan tentu menteri tersebut harus mempunyai ekonomi yang kuat sehingga bisa fokus menjalankan programnya. Modal yang kuat didapat dari mana? Ya tentu lewat berwirausaha. Jadi kan ketika menjabat kita sudah tidak perlu lagi memperkaya diri sendiri”,jelasnya.

Mau tau siapa sebenarnya Zulkifli Hasan ini? Silahkan KLIK DISINI.

franchise keren cafeos

11 Comments

JANUAR

salut….berani mengambil keputusan……….saya juga
seorang pns……tapi kurang diperhatikan pimpinan……pengen wirausaha tapi ide belum dapat

Reply
deti dei sartika

😛 semoga saya adalah orang berikutnya yang akan menyusul RESIGN dari PNS dan sukses menjadi seorang pengusaha.amin!!

Reply
bagyono

Saya bulan Juni 2013 yang lalu keluar dari PNS..Cerita lengkapnya di facebook saya: bagy bagyono

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *