5 TAHAPAN CLOSING : Jangan Lakukan 5 Hal ini

Penjualan dimulai sejak calon pembeli “DATANG” ke “Toko/warung” kita.
Apa aja DO and DON’T yang perlu disiapkan?

  1. Tempat yang bersih dan rapi.
    Ini adalah langkah untuk memanjakan mata customer. Semua orang menyukai kebersihan dan kerapian, walaupun dirinya jorok..??
    Kerapian ini tidak hanya penyusunan barang, tapi juga pakaian tenaga penjualnya.
    • Tips: pakailah parfum yang lembut, tidak berlebihan. Wangi yang bisa diterima banyak orang..
  2. Tata krama.
    Semua orang menyukai sambutan yang baik, ramah, dan melayani, walopun orang yang galak/kasar sekalipun. Tapi jangan sok akrab yaa.. Baru datang pertama sudah dipeluk, cipika-cipiki.
    • Tips: pilih tenaga penjual dengan kombinasi karakter: I (influence) dan S (steadyness). Karakter D (dominance) boleh, TAPIIII.. harus yang sudah bisa mengontrol emosinya, dan sadar/berorientasi akan tujuan, TERJUAL. Hindari orang dengan karakter C (compliance) sebagai tenaga penjual.
  3. Membangun TRUST.
    Caranya? Dengan lebih banyak mendengar. Melayani dengan ketulusan. Dan menjawab/menjelaskan sesuai dengan yang ditanyakan/dibutuhkan. Buatlah orang NYAMAN dan AMAN dengan Anda.
    1. Tips: #1 HINDARI kata: Tidak, Jangan, Bukan, Salah. Prinsipnya, tidak ada orang yang mau disalahkan.
    2. #2 Jangan TERLALU banyak ngomong. Banyak ngomong, kemungkinan akan banyak kesalahan. Banyak salah, akan dianggap sebagai Pembohong. Clue-nya: Penjahat sekalipun, tidak suka dibohongi.
  4. Memberi SOLUSI.
    Menyesuaikan produk dengan yang dibutuhkan. Katakan dengan jujur jika tidak punya produk yang sesuai. Dan berikan petunjuk ke “toko terdekat dan terpercaya”.
    • Tips: miliki wawasan dan jaringan sebanyak mungkin.
  5. CLOSING.
    CLOSING adalah timing yang tepat. Cara tau timing-nya sudah tepat atau belum adalah dengan memahami bahasa tubuh. Bahasa tubuh adalah kerja pikiran bawah sadar (subcontious mind).

    Ada banyak SINYAL yang dapat ditangkap dari bahasa tubuh seseorang yang “sudah siap” untuk di-CLOSING.
    Contohnya: dari duduk bersandar menjadi duduk condong ke depan. Dari tangan melipat jadi terbuka. Dari jaga jarak menjadi lebih dekat. Mendengarkan dengan serius, sambil manggut-manggut (menganggukkan kepala).

    Dari sisi verbal, contoh orang yang SUDAH SIAP di-closing adalah menanyakan ongkir, setelah pertanyaan tentang produk selesai.

    Artinya, produk dia sudah cocok, tinggal solusi pengirimannya.

    Tips: bayangkan dan perhatikan bahasa tubuh Anda sendiri. Seperti apa saat Anda nyaman dengan seseorang. Pasti pengen deket. Klo Anda mendekat, dia menjauh, itu namanya Anda NYOSOORRR.. ??

    Oke.. Gitu dulu.. Lavaaaarr.. ?Selamat Nyosor, eehh.. Selamat Beraktivitas.
    Jaga kesehatan badan, dompet, dan usaha Anda.. ?

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.