gps tracker
Ahmadi Amrun April 1, 2021

Tau gak sih sebenarnya ada beberapa hal yang harus kamu pelajari untuk menjadi seorang entrepreneur pemula?

Yap! Tentu saja ada banyak hal yang harus kamu pelajari saat baru menjadi seorang entrepreneur pemula. Hal-hal tersebut mulai dari trik marketing, trik design agar produk menarik, trik promosi, sampai trik keuangan juga harus dipelajari.

Karena, jika kamu salah dalam mengatur keuangan bisnis, maka bisa saja bisnis kamu akan terus menerus merugi lho. Oleh karena itu, kita akan kasih tau 5 tips untuk bagaimana caranya mengatur keuangan bisnis kamu agar tidak merugi. Yuk disimak baik-baik ya!

1. Bedakan keuangan pribadi dan bisnis

Pisahkan keuangan pribadi dan bisnis agar keduanya tidak tercampur serta meminimalisir keuangan kamu menjadi amburadul. Usahakan untuk memisahkan keuangan pribadi dan bisnis ke dalam rekening bank yang berbeda (jika kamu menggunakan rekening bank untuk bisnis kamu).

2. Disiplin

Kamu harus menerapkan sifat disiplin dalam mengatur keuangan bisnis untuk meminimalisir terjadinya masalah pada keuangan bisnis kamu. Misalnya dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan secara teratur baik itu harian, mingguan atau bulanan. Tujuannya supaya kamu mudah untuk mengontrol jika ada penurunan atau ada yang salah pada bisnis kamu. Dalam mengatur keuangan jangan sampai malas ya Entrepreneurs!

3. Mengurangi pengeluaran

Jika kamu baru memulai usaha, pasti dong ada keinginan untuk upgrade ini dan itu yang berhubungan dengan bisnis kamu. Tapi sebaiknya kamu menahannya terlebih dahulu dan memastikan dengan baik apakah kamu sudah balik modal, apakah bisnis kamu memberikan keuntungan secara konstan dan sebagainya. Jangan sampai kamu membeli ini dan itu tanpa memperhatikan keuangan bisnis kamu ya!

4. Jangan mudah tergiur

Ketika bisnis kamu sudah mendapatkan keuntungan yang lumayan besar, pasti ada keinginan dari dalam diri kamu untuk membeli barang-barang keluaran terbaru untuk keperluan pribadi. Membeli boleh tetapi jangan sampai impulsif atau membeli yang sebenarnya tidak terlalu penting dan mendesak. Sebelum membeli, pikirkan terlebih dahulu apakah barang-barang ini sifatnya mendesak untuk segera dibeli atau tidak.

5. Tabung keuntungan yang didapat

Tips ini berkaitan dengan tips sebelumnya. Daripada kamu membeli barang-barang yang tidak terlalu penting atau mendesak, sebaiknya kamu menabung hasil uang dari keuntungan bisnis yang didapatkan. Kamu bisa menabung dalam bentuk deposito atau pun investasi jangka panjang untuk berjaga-jaga kedepannya.

Nah itu dia 5 tips dalam mengatur keuangan yang kamu bisa terapkan pada bisnis kamu ya…..

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.