gps tracker
Ahmadi Amrun May 3, 2021

Kali ini, kita coba menyimak pengalaman seorang kawan dalam berbisnis dengan modal sangat kecil bahkan tanpa modal sama sekali, semoga bisa mengispirasi:

Banyak  yang tanya usaha dengan modal kecil atau tanpa modal.  Ide usaha ini sebagian telah gw jalani, dan alhamdulillah dapat menambah income. Sebenarnya peluang itu ada dimana-mana, tinggal kita bisa melihat celah apa tidak. Dan gak semua usaha itu butuh modal gede, ada juga usaha yang tanpa modal tapi bisa ngasih penghasilan gede. Emang sich, kalo tanpa modal kita harus bekerja agak keras, dibandingkan ama yang pake modal gede. Yups….Kalo ada yang punya pengalaman bikin usaha nyaris tanpa modal, ntar di share di sini ya. Tapi dengan catatan, bukan member get member atau sejenisnya.

Jasa Sebar Brosur

Udah 2 taon ini gw ngejalani bisnis ini, tapi cuman gw jalani menjelang ajaran baru seperti saat ini. Berawal dari iseng, gw googling nama kampus swasta yang lokasinya jauh dari kota gw. Gw buat list, trus gw bikin surat penawaran untuk jasa peyebaran brosur dan tempel pamflet penerimaan mahasiswa baru di kota gw. Dan surat penawaran yang telah gw lampiri identitas dan list nama sekolah di kota gw, gw kirim via email kepada panitia penerimaan mahasiswa baru. Biar gak terkesan SPAM, gw kirim satu per satu.Beberapa hari kemudian gw dapat telpon, order perdana gw dari salah satu kampus swasta di kota Solo.

Gak nyangka, dari 75 email yang gw kirim gw dapat order 13 kampus. Mereka juga menawari untuk membuka pendaftaran di kota gw, wah double income nich mubazir kalo gw tolak. Yang lebih mengembirakan lagi tahun ini 11 kampus itu repeat order lagi. Jangan berpikir, wah capek tuch, wah panas-panas bagiin brosur, apa kata dunia? Y a namanya juga ini usaha gak pake modal gan, tapi kalo gw sich gak gw kerjain sendiri, gw juga gak mau berpanas-panas dibawah terik matahari.

Gw cari orang yang mau nyebarin brosur dan nempelin pamflet, biasanya anak kost giat banget kalo suruh ginian apalagi dengan iming-iming rupiah. Gw bikin team kecil, tiap team terdiri dari 2 orang yang gw lepas waktu pelaksanaan UAN. Sebelum penyebaran brosur dan penempelan pamflet, gw minta tolong ama team tadi untuk minta ijin dulu kepada pihak sekolah. Dan mengdokumentasikan pamflet yang dipasang, juga waktu penyebaran brosur.Setelah pelaksanaan UAN kelar tinggal bikin laporan pertanggung jawaban yang disertai foto-foto tadi, kepada kampus-kampus tersebut

Jasa membuat foto mozaik.

Sebenarnya ini bonus bagi buyer e-book gw, tapi biarlah gw share di sini. Kalo agan pernah main di FJB service other atau FJB desain, mungkin agan pernah menemui jasa membuat foto mozaik. Oh iya, foto mozaik itu foto yang di rangkai dari beberapa foto tapi kalo diliat dari jauh ntar seperti gambar biasa.

Tapi kalo di pelototi dari dekat merupakan kumpulan dari beberapa foto. Untuk yang gak tau and biar gak bingung, gw kasih contoh yang gw comot dari lapak seseorang di FJB.

Mungkin agan membayangkan betapa sulitnya membuat susunan foto-foto itu, perlu ketelitian dan harus pandai editing foto. Salah BESAR, asal bisa klik mouse agan bisa buat foto mozaik tersebut.Yang perlu disiapkan hanya sebuah foto utama dan kumpulan foto lainnya.

Trus download software-nya disini http://www.andreaplanet.com/andreamosaic/download/ .kecil kok cuma 8MB. Pelajari sampai agan benar-benar menguasai itu software, programnya simple kok. Tawarkan jasa agan ke teman sebagai percobaan, kalo dirasa udah cukup lihai bisa buka lapak di FJB atau FB. Rata-rata mereka pasang tarif 75 ribu – 150 ribu. Yups, 1 peluang lagi yang nyaris tanpa modal.

Bayangin kalo agan pasang tarif 50 ribu perfoto, dan 1 hari ada 1 order maka dalam 1 bulan akan mendapatkan Rp 1.500.000 tinggal gencar promosi aja. Gak butuh modal, paling cuman komputer gw yakin semua pasti ada komputer dirumah, kalo gak ada banyak warnet dan rental bertebaran disekitar rumah agan, samperin aja.

Artikel ini bersumber dari:
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=4036419


65 thoughts on “Bisnis dengan Modal Kecil Bahkan Tanpa Modal

  1. Bisnis modal kecil memang yang sedang dicari setiap orang, apalagi jika bisnis tersebut mempunyai pangsa pasar yang luas

  2. IniLah bisnis bagi orang kita yang kebanyakan masih mentaL gratisan kayak saya.
    MakLum nos masih cekuLah.,.,

  3. Hehehe.. Emang bisnis modal kreatif hampir tak pernah butuh modal. Saya ada 1 ide lagi yang mungkin bisa dicoba yaitu jasa cetak + sebar brosur.

    Dulu pernah jalan waktu dengan teman2 remas. Satu folio bisa diisi beberapa iklan lalu dikasih artikel kecil berisi tips2 hemat rumah tangga dan disebarkan deh.

    Lumayan biaya iklannya bisa nutup biaya cetak + uang lelah. Tapi karena personilny sibuk akhirnya nggak diterusin

  4. mohon kiranya ide2.peluang bisnis dapat ditampilkan yg
    sesuai kapasitas dan kemampuan didlm melihat celah dan
    peluang yg ada sekian dan terimah kasih

  5. Ulasannya menarik & sngat inspiratif, tapi ada gak ide usaha yang bner2 bisa aku lakukan?. Slain gaptek, setaon lalu aku kclkaan n skr mengalami kterbatasan gerak(posisi cm bs bbaring),ditunggu ide, saran ,n masukannya, thx

  6. betul tuch….!
    yang penting bisa manfaatain dan membaca peluang itu.
    kuncinya buang rasa malu dan buang rasa takut selanjutnya action demi action.
    toh manusia hanya bisa berusaha dan berdoa.
    kalo mengenai hasil ma Tuhan yg menentukan.

    salam sukses

  7. Wow ide keren ni mas… gimana ya memunculkan ide sederhana tapi unik seperti ini dan menghasilkan pula.
    Buat bahasan mengenai teknik-teknik marketing usaha kita dengan modal seminimal mungkin (bukan teknik internet marketing lo…).

    1. oke terimakasih bos atas masukannya, kita carikan nanti sumbernya yang berkualitas agar nanti tips2nya juga keren…..

  8. Wah ide bagus banget niyy …. tanpa modal tapi punya nilai jual dan seni yang lumayan .. boleh dipelajari serius nih …

  9. terima ksih banyak atas info program mozaiknya.
    Insyaallah sangat bermanfaat buat saya pribadi, semoga Allah selalu melimpahkan rizky buat yg bikin artikel.
    kalau ada ide2 yg lain saya tunggu via e-mail kalau tdk keberatan.
    terima kasih dan sukses selalu

  10. Mau usaha tanpa modal? dtg ke workshop km…,tersedia banyak kain2 perca yg tak terpakai..,kami siapkan sarananya berupa mesin jahit,benang dll…anda ciptakan ide dan jd kan sesuatu yg bermanfaat…kami beli & km pasarkan hasil karya anda…usaha km butik & produksi pakaian jadi.. sdh berjalan 16thn..dimulai dari modal yg sangat kecil..boleh dibilang hampir tanpa modal..anda tertarik hub.08161883826( Ibu Dewi )..trmksh sucses selalu…

  11. yang mau usaha dengan modal cuma dengkul? gampang….!
    gak perlu keahlian kusus, coba perhatikan di seliling agan, atau temen / kenalan agan. pasti agan akan tahu kalau mereka ada yg jadi buka usaha cetak brosur, undangan dll, tukang gali sumur bor, renovasi rumah, mau jual tanah /rumah dll usaha yang sudah lama mereka lakukan. Nah agan tinggal jadi maklar mereka aja pasti dapat komisi.

  12. numpang sharing ide….usaha warnet CDMA/GSM
    setelah membaca beberapa artikel di blog ini saya juga jadi kepingin sharing ide sama-sama temen2 barang kali ada manfaatnya….
    buat temen temen yang masih bingung mo usaha apa dengan modal yang pas-pasan seperti saya mungkin pengalaman saya ini bisa di jadikan referensi ato apalah namanya ok langsung aja idenya sih mungkin ide ini bukan ide baru tapi gak ada salahnya di coba idenya sih sederhana cuman buka usaha warnet mungkin anda akan berpikir wah kalo buka warnet modalnya mesti gede dong puluhan juta paling nggak eit tunggu dulu tidak harus puluhan juta untuk bisa buka warnet emang iya sih kalo warnet yang standart t bisa sampe puluhan juta bahkan ratusan juta tapi saya memumulai usaha warnet saya hanya dengan modal 5 juta bagaimana dngan uang 5 juta bisa buka warnet begini caranya
    uang 5 juta tersebut saya belikan 4 buah komputer pentium 4 dengan mainbord baru Ram baru biar awet kalo meisnnya baru lainya itu second semua
    monitor casing second semua trus setiap komputer saya kasih modem cdma kenapa saya pilih modem cdma karena biaya unlimitednya paling murah dan kebetulan di tempat saya yang ada sinyalnya cuman flexy ada juga sih gsm cuman kan biaya unlimited internetnya mahal jadi saya pilih pake flexy dan ternyata kecepatanya juga lumayan bukan promosi flexy lho tapi karena yang ada sinyalnya cuman flexy jadi saya pake itu maklum saya hidup di daerah pedesaan ..alias wong ndeso hehehehe…..dan untuk menghemat biaya lagi warnet saya buat lesehan jadi gak perlu biaya untuk beli meja dan kursi dan sengaja tidak saya skat atau dinding pembatas karena user-usernya kebanyakan anak-anak jadi lebih mudah untuk mengawasi selain itu saya juga menghindari penggunaan internet untuk hal-hal negatif seperti pornografi dan lainya karena saya pribadi ingin warnet selain untuk mencari uang juga bisa buat belajar buat anak2 dan tetangga di sekitar saya sehingga meskipun orang desa tidak gaptek dan tidak keinggalan informasi dan saya juga tidak mematok tarif yang mahal dengan 2500 rupiah user sudah bisa mengakses internet selama 1 jam dan alhamdulillah muali dari saya buka bulan juli kemarin sampe sekarang tidak pernah sepi user karena kebetulan tempat saya deket dengan sekolahan MTSN dan MAN seperti kata pengarang buku The pawer of kepepet untuk memulai usaha tidak perlu menunggu kondisi yang ideal atau sempurna yang penting kita berani memulai dan mewujudkanya ……
    jadi buat temen temen yg suka otak atik komputer mungkin ide ini bisa di coba dan semoga bermanfaat …..

  13. SALAM KENAL … nama saya Muhamad Hakim ( GURU + ENTREPRENEUR / OWNER SEA B.BARU Kalimantan Selatan )
    Awal mula saya menjalankan usaha adalah 08 APRIL 2005 YAITU dengan membuka bimbingan belajar MATEMATIKA & FISIKA …. saya membuka bimbingan belajar awalnya
    hanya bermodalkan sebuah MEJA BELAJAR OSHIN BULAT KECIL …Tutornya adalah saya dan Istri saya … ….
    Saya terkadang heran SAMA ORANG LAIN ,orang tersebut
    sangat mampu permodalannya …. tapi tidak punya keberanian untuk membuka USAHA ….
    SAYA INGIN SEKALI UNTUK BISA MENJADI ORANG YANG
    MEMPUNYAI 2 KWADRAN YAITU ” JADI ORANG GAJIAN
    SEKALIGUS MAMPU MENGGAJI ORANG LAIN ”
    SAYA DALAM MENJALANI KEHIDUPAN INI SELALU BERUSAHA
    UNTUK MENYEIMBANGKAN PEMAKAIAN OTAK : **** OTAK KIRI **** OTAK TENGAH ***** OTAK KANAN ****
    SAYA PERNAH MENILITI KEHIDUPAN BEBERAPA ORANG YANG
    HANYA MENGANDALKAN : OTAK KIRI / OTAK KANAN SAJA ***** OTAK KIRI & KANAN *****
    SAYA BARU SADAR ( 6 BULAN ) TERNYATA UNTUK MENJADI ORANG YANG LEBIH SUCCES DUNIA AKHIRAT…. KITA HARUS SELALU BERUSAHA UNTUK MEMAKSIMALKAN KESEIMBANGAN PENGGUNAAN ANTARA KETIGA OTAK TERSEBUT…KIRI,KANAN & TENGAH ….
    SAYA sudah membuktikan hal ini sehingga ALHAMDULLILLAH saya bisa bercuap-cuap berbagi ILMU YANG DITITIPKAN ALLAH ( TUHAN YME ) kepada DIRI SAYA
    melalui GELAR SEMINAR & DIKLAT KILAT SEA B.BARU di beberapa daerah terutama wilayah KAL – SEL ….
    SAYA PUNYA NIAT UNTUK BERBAGI DENGAN SELURUH LAPISAN MASYARAKAT DI SELURUH PELOSOK TANAH AIR ( INDONESIA ) INFO : hakim09.wordpress.com

  14. sangat menarik,
    usaha warnet CDMA/GSM cuma saya melum tahu kecepatanya berapa kbps? kalo sampe 1 mbps ya lumayan,tapi kalo dibawah itu kita kalah sama warnet yg menggunakan speedy

  15. Mantap Sedare….
    nak cobe lah…
    tapi awas mike e…
    kalau tak berhasil
    acah-acah je…
    jangan di ambil hati pulak….

  16. bagi2 rejeki nie…
    “” saat ini saya cuma punya modal 1 komputer ama uang 200rb aja… nah dengan modal segitu aku lagi ngebut bkin Biro Perjalanan Wisata…. ada temen yang bilang “MANA CUKUP MODAL SGITU????” hehehehe…. jawabannya adalah “BANYAK JALAN MENUJU MEKKAH”
    DUIT 200rb saya bagi2 untuk bkin proposal penawaran ama ongkos transport saat aku presentasi di sekolah2… alhamdulillah skarang udh 5 sekolah yg nge-job BIRO ku, udh balik modal nie…..
    SIAPA YANG MAU NYUSUL???????????

  17. ide’a bagus-bagus…,ingin bisa mencobanya !!
    tapi masih bingung bagaimana memulai’a…
    bisa tolong di share ga tips & trik memulainya ???

  18. saya kerja dslh satu bengkel mobil yg ada di banjarmasin,
    saya ingin berwirausaha seperti yg skarang saya jalani
    tp saya tidk mempunyai modal untuk mmbangun wirausaha itu…

  19. salam sokses…
    aku jadi semakin semangat ne buat usaha sendiri sebelum awalnya aku tak yakin dengan kemampuanku ini,,,, thankss sarannya kampong wira usaha….

    salam sokses…

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.