Ahmadi Amrun May 7, 2021

Pintar vs Bodoh ala Bob Sadino

Terlalu Banyak Ide – Orang “pintar” biasanya banyak ide, bahkan mungkin telalu banyak ide, sehingga tidak satupun yang menjadi kenyataan. Sedangkan orang “bodoh” mungkin hanya punya satu ide dan satu itulah yang menjadi pilihan usahanya

Miskin Keberanian untuk memulai –Orang “bodoh” biasanya lebih berani dibanding orang “pintar”, kenapa ? Karena orang “bodoh” sering tidak berpikir panjang atau banyak pertimbangan. Dia nothing to lose. Sebaliknya, orang “pintar” telalu banyak pertimbangan.

iklan mulai 010214 hingga 040314

Telalu Pandai Menganalisis –Sebagian besar orang “pintar” sangat pintar menganalisis. Setiap satu ide bisnis, dianalisis dengan sangat lengkap, mulai dari modal, untung rugi sampai break event point. Orang “bodoh” tidak pandai menganalisis, sehingga lebih cepat memulai usaha.

 

Ingin Cepat Sukses –Orang “Pintar” merasa mampu melakukan berbagai hal dengan kepintarannya termasuk mendapatkahn hasil dengan cepat. Sebaliknya, orang “bodoh” merasa dia harus melalui jalan panjang dan berliku sebelum mendapatkan hasil.

Tidak Berani Mimpi Besar – Orang “Pintar” berlogika sehingga bermimpi sesuatu yang secara logika bisa di capai. Orang “bodoh” tidak perduli dengan logika, yang penting dia bermimpi sesuatu, sangat besar, bahkan sesuatu yang tidak mungkin dicapai menurut orang lain.
Bisnis Butuh Pendidikan Tinggi – Orang “Pintar” menganggap, untuk berbisnis perlu tingkat pendidikan tertentu. Orang “Bodoh” berpikir, dia pun bisa berbisnis.

Berpikir Negatif Sebelum Memulai – Orang “Pintar” yang hebat dalam analisis, sangat mungkin berpikir negatif tentang sebuah bisnis, karena informasi yang berhasil dikumpulkannya sangat banyak. Sedangkan orang “bodoh” tidak sempat berpikir negatif karena harus segera berbisnis.

Maunya Dikerjakan Sendiri – Orang “Pintar” berpikir “aku pasti bisa mengerjakan semuanya”, sedangkan orang “bodoh” menganggap dirinya punya banyak keterbatasan, sehingga harus dibantu orang lain.

Miskin Pengetahuan Pemasaran dan Penjualan – Orang “Pintar” menganggap sudah mengetahui banyak hal, tapi seringkali melupakan penjualan. Orang “bodoh” berpikir simple, “yang penting produknya terjual”.

Tidak Fokus – Orang “Pintar” sering menganggap remeh kata Fokus. Buat dia, melakukan banyak hal lebih mengasyikkan. Sementara orang “bodoh” tidak punya kegiatan lain kecuali fokus pada bisnisnya.

Tidak Peduli Konsumen – Orang “Pintar” sering terlalu pede dengan kehebatannya. Dia merasa semuanya sudah Oke berkat kepintarannya sehingga mengabaikan suara konsumen. Orang “bodoh” ?. Dia tahu konsumen seringkali lebih pintar darinya.

Abaikan Kualitas -Orang “bodoh” kadang-kadang saja mengabaikan kualitas karena memang tidak tahu, maka tinggal diberi tahu bahwa mengabaikan kualitas keliru. Sednagnkan orang “pintar” sering mengabaikan kualitas, karena sok tahu.

Tidak Tuntas – Orang “Pintar” dengan mudah beralih dari satu bisnis ke bisnis yang lain karena punya banyak kemampuan dan peluang. Orang “bodoh” mau tidak mau harus menuntaskan satu bisnisnya saja.

Tidak Tahu Pioritas – Orang “Pintar” sering sok tahu dengan mengerjakan dan memutuskan banyak hal dalam waktu sekaligus, sehingga prioritas terabaikan. Orang “Bodoh” ? Yang paling mengancam bisnisnyalah yang akan dijadikan pioritas

Kurang Kerja Keras dan Kerja Cerdas – Banyak orang “Bodoh” yang hanya mengandalkan semangat dan kerja keras plus sedikit kerja cerdas, menjadikannya sukses dalam berbisnis. Dilain sisi kebanyakan orang “Pintar” malas untuk berkerja keras dan sok cerdas,

Mencampuradukan Keuangan – Seorang “pintar” sekalipun tetap berperilaku bodoh dengan dengan mencampuradukan keuangan pribadi dan perusahaan.

Mudah Menyerah – Orang “Pintar” merasa gengsi ketika gagal di satu bidang sehingga langsung beralih ke bidang lain, ketika menghadapi hambatan. Orang “Bodoh” seringkali tidak punya pilihan kecuali mengalahkan hambatan tersebut.

Melupakan Tuhan – Kebanyakan orang merasa sukses itu adalah hasil jarih payah diri sendiri, tanpa campur tangan “TUHAN”. Mengingat TUHAN adalah sebagai ibadah vertikal dan menolong sesama sebagai ibadah horizontal.

Melupakan Keluarga – Jadikanlah keluarga sebagai motivator dan supporter pada saat baru memulai menjalankan bisnis maupun ketika bisnis semakin meguras waktu dan tenaga

Berperilaku Buruk – Setelah menjadi pengusaha sukses, maka seseorang akan menganggap dirinya sebagai seorang yang mandiri. Dia tidak lagi membutuhkan orang lain, karena sudah mampu berdiri diatas kakinya sendiri

 

By: Bob Sadino

9.5/
10

Average – 5441 Total votes

113 thoughts on “Bisnis Sukses: Jadilah Bodoh

  1. Sedikit keluar dari inspirasi “pintar” dan “bodoh” yang bagus diatas. Anda sekalian terlalu memuji Mr Bob persis seperti orang pintar. Beliau tidak mengharapkan pujian dari kita semua, tapi sebuah tindakan..
    Lagipula beliau bukanlah orang bodoh apalagi orang pintar seperti yang anda semua bayangkan. Mr Bob apapun adanya, sebesar atau sekecil apapun hanya mencoba mengutarakan bahwa dia telah telah “berbuat sesuatu” tepat seperti yang Tuhan perintahkan padanya yaitu : menjadi Mr Bob.

    Lalu sudahkah anda berbuat?

  2. P. BOB SADINO INI MENURUT SAYA ADALAH ORANG YG SANGAT PANDAI DAN BUKAN BODOH DLM BERBISNIS. PANDAI DALM PERHITUNGAN/KALKULASI BISNIS, PEKERJA KERAS, ISTIQOMAH, ULET,BERANI MENGAMBIL RESIKO DAN TIDAK SOMBONG. KALO AKU BOLEH KASIH GELAR “BELIAU ADALAH PENDEKAR JURUS MABUK YG SEPERTINYA LEMAH DAN BODOH TP SEJATINYA SANGAT KUAT DAN HEBAT……….BELIAU SOSOK YG PATUT DIJADIKAN INSPIRASI.

  3. org yg sukses berbisnis sebenarnya tdk sepenuhnya bodoh.
    org yang sukses berbisnis merupakan org yg pandai.
    pandai melihat peluang.

  4. Om bob emang inspirasi dari mereka yang hidup penuh mimpi dan berani melangkah tidak berpikir tentang result tapi dijalankan menurut yang kita sukai dan pasti mampu mengerjakan. Lihat peluang di sekitar dengan modal awal kemauan bukan uang beliau menikmati hidup dengan tantangan dan tantangan yang membuat hidup lebih bersemangat.Karena keyakinan terhadap Sang Pencipta yang akan menuntun kepada keberhasilan.Terima kasih OM Bob

  5. bravo… om bob
    ide nya cemerlang,
    keyakinan harus punya dasar, tidak semua usaha mengandalkan ( modal dan keberanian )
    om bob sosok orang indonesia sukses yang patut diteladani

  6. ternyata saya salah lagi dalam melangkah..lambat bergerak ketika jatuh,malas bangun ketika tertidur,shingga para penggiat usaha terus manancapkan kuku-kuku bisnisnya..sepertinya aku tertinggal jauh..ini krn perasaan pintar yg aku miliki,kebanyakan rencana,egois shg tdk satupun usaha yg di jalankan saat ini memberikan hasil yang optimal…thanks Mr Bob atas alinea-alinea terbaiknya

  7. Mondana: Bantu kami mereferensikan program “Wirausaha Online Modal Nol Rupiah” di website http://www.ti.co.id. Komisi yang anda dapatkan untuk setiap anggota baru yang mendaftar atas referensi anda adalah Rp 1000,- (seribu rupiah).Maaf khusus program yg ini komisinya minim/kecil karena tidak didasarkan pada bagi hasil penjualan. Klik Disini Atau Klik Banner dibawah. Semoga Sukses  

    1. mantap om bob bs buat inspirasi ide2 bg kami wirausha muda
      n jadikan u motivasi setiap kalimat2 yg om bob sampaikan
      ada yg tau alamt website om bobsadino
      thanks before n after
      SEHAT,KUAT,DAHSYAT

  8. sekolah tinggi-tinggi percuma klo tidak punya ide-ide cemerlang…..hampir mayoritas org yang sekolah tinggi mempunyai pikiran ingin kerja dan menjadi karyawan perusahaan …

    ide : tidak bisa dibeli dgn uang, contoh owner

    skill : bisa dibeli dengan uang ,,contoh jago akuntan, tehnik, psikologi…..dll…..dan perusahaan tinggal bikin saja lowongan kerja…sesuai kemampuannya

    ajieeb bob sadino

  9. aku tertegun dan malu pada diri sendiri………… BAIKlah……. bangun dan jadilah BODOH… BISNIS IS REAL

  10. DOSA terbesar adalah KETAKUTAN…

    REKREASI terbaik adalah BEKERJA…

    MUSIBAH terbesar adalah KEPUTUSASAAN…

    KEBERANIAN terbesar adalah KESABARAN…

    GURU terbaik adalah PENGALAMAN…

    MISTERI terbesar adalah KEMATIAN…

    KEHORMATAN terbesar adalah KESETIAAN…

    KARUNIA terbesar adalah ANAK SHALEH…

    SUMBANGAN terbesar adalah BERPARTISIPASI…

    MODAL terbesar adalah KEMANDIRIAN…di kutip dari nasehat Ali BIn Abu Tholib JADIALH BODOH YG berani,breaksi,tdk putus asa dan mandiri….serta sabar&ikhlas

  11. Salut Om BOB!, semoga Kita tidak menjadi Orang Bodoh yamg ‘Minterin’ Orang & Menjadi Orang Pinter yang ‘Bodohin’ Orang. SEBODOH APAPUN KITA ATAU SEPINTER APAPUN KITA, TETAPLAH BERFIKIR POSITIF.

  12. dulu ataw jaman dulu orang pintar selalu merendah dengan bahasa,aku ini orang bodo,tetapi sejatinya dia orang pandai,jaman sekarang banyak orang mengaku pintar dan serba bisa,pokoke akulah……akan tetapi kenyataannya dia iswil alias bego…..Nah kayanya abah sadino ini kata gori orang jaman ………tapi pandai.

  13. Btw,saya ini telah mencoba wirausaha tapi belum pernah sukses,gagal lagi gagal lagi,pertanyaan saya nih sama abang bob sadino,ini karena suratan takdir apa karena suratan tangan,apa karena memang aku ini bodoh……..

  14. Kerja keras V Pemalas kadang dua sisi yang menentukan qt akan kemajuan atu kemunduran ttp kdang2 kesuksesan muncul tanpa qt ketahui itu rahasia Allah swt ttp Qt sebagi umatnya usaha mutlak dikerjakan hasilnya biar yang menentukan yang diatas …. yg pintar atau yg bodoh syukuri & nikmati

  15. klo mau usaha, just do it “ga sah banyak cing cong”. Begitu melihat ada peluang, sikat, hajar tar kburu diambil orang. Jangan kira om bob,org bodoh. Beliau brpikir sederhana lalu bertindak, urusan tehnis + tetek mbengek lainnya ga pernah beliau urus…(baca Biografi BOb Sadino dari ABK menjadi pengusaha ).

  16. Rajin pangkal Pandai ,
    Hemat pangkal Kaya ,
    Olahraga Pangkal Sehat ,
    Ramah pangkal Banyak Kawan ,
    Doa pada Tuhan Pangkal Sukses segala Bidang…!

  17. Ass,
    wah, wah repot juga nih…enaknya jadi orang apa ya??
    orang pinter kalo gak sukses ya dibilang kok “keminter”, jadi orang bodoh kalo gak sukses terlebih lagi, dilecehkan “sampai mati lu gk bakalan sukses”. ya mungkin enaknya jadi orang setengah-setengah aja, setengah pinter setengah goblog, setengah waras setengah gak waras… :p

    kawan-kawan silakan mampir di blogku yach…

  18. mencari mitra usaha agen penjualan air minum sehat reverse osmosis yg diperkaya kandungan ektra oksigen+heksagonal.
    dgn modal kecil insya Allah anda bisa menjalankan usaha ini.

    #setiap usaha dimulai dari yg terkecil…

  19. 1000 rumus yang di terapkan p bob, terangkum dalam satu kata yaitu bergerak. semua yang ada di dunia ini terjadi karena sebuah pergerakan, jadi tunggu apalagi mari kita BERGERAK..BERGERAK..dan BERGERAK..!!!

  20. YANG BANYAK DI SEKITAR KITA INI BANYAK TEORI,MENGKAMBING HITAMKAN ORANG LAIN,
    DI DAERAH KITA CUMA BISA MENGEKOR USAHA TIDAK BISA MEMBUAT IDE…..KONSUNTIF…..
    MUDA ===SUKA-SUKA
    TUA ===KAYA RAYA
    MATI ===MASUK SURGA

  21. totlong ada ulasan tentang foto studio dong…… saya mau buka tapi masih belum punya pengalaman tentang studio foto…. mungkin ada yang mau bernagi pengalaman

  22. S.I.I.P…
    OK banget nich…sangat positif dan memotifasi saya.
    Saya sangat sering menemukan orang-orang yg disebutkan di atas “seorang pengusaha yang merasa paling pintar” hingga terlalu banyak menghitung gengsi dan menganggap remeh hal kecil, menganggap bodoh karyawan karena mereka adl ‘tuan’ yg mampu menggaji, sementara mereka menjalankan strategi bisnisnya sudah campur-aduk dan carut-marut amburadul tidak karuan, wah…sayang sekali orang seperti itu yg tidak mau belajar. Mungkin Tuhan nanti yg akan memberi mereka pelajaran.

  23. orang yang bodoh adalah “orang pintar” hanya pintar berkomentar tentang orang lain. orang yang pintar adalah “orang bodoh” yang tidak banyak tau akan hal lain sehingga dia selalu fokus dengan apa yang dilakukanya.

  24. pedapat yang bermakna luas dan bagus tuk dipikirkan karena tak semua orang bisa berfikir seperti layaknya seseorang yang memiliki keterbatasan dimana dia harus mengalahkan smua tantangan hidup yang dia hadapi didunia ini tanpa meninggalkan resiko dalam menjalankannya,karena setiap orang pasti menghadapi rintangan dikehidupannya masing2

  25. salam om kalau menurut anda enak jadi orang yg bodoh atau orng yang pandai kalau dari analisa saya tadi seakan-akan ornang bodoh justru orang yang lebih sukses di banding dengan orang yang pintar padahal berdasarkan realita banyak orang yang pintar dan pendidikan tingi justru yang banyak sukses di segala bidang dan negri ini banyak di pimpin orang-orang yang pintar bukan orang yang bodoh.ya ada orang yang bodoh tapi sukses paling satu atau dua…itupun mungkin paktor x.

    1. dari cara anda mengomentari saya rasa anda termasuk orang yang pintar mungkin dengan pendidikan yang tinggi pula,tapi sangat disayangkan sekali karna anda tidak tahu kesan,pesan,maksud&tujuan dari si penulis
      SEMANGAT!!!

  26. salam buat teman semua…saya ingin berbagi info untuk kalian tentang kesuksesan orang orang yang telah ikut bergabung menjalani bisnis ini, jika kalian berminat dan ingin mencoba silahkan kalian baca dan pelajari dengan baik website saya diatas.
    selamat mencoba dan bergabung, salam sukses dari saya hiba, terima kasih.

Leave a Reply to Fitriah Endan Indaryati Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.