Menghasilkan Uang dari YouTube

5+ Cara Menghasilkan Uang dari YouTube di Tahun 2022

Menghasilkan Uang dari YouTube – Tidak hanya untuk berbagi konten video, YouTube juga bisa menjadi ladang penghasilan uang, lho. Simak cara menghasilkan uang dari YouTube berikut ini.


Dewasa ini, semakin banyak orang yang menghasilkan uang dari internet, termasuk salah satunya dari YouTube. Tentunya, kamu sudah akrab dengan platform berbasis web video sharing satu ini.

Didirikan oleh tiga orang mantan karyawan PayPal pada Februari 2005, YouTube kini menjadi salah satu media online yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Awalnya, para founder membuat YouTube sebagai situs kencan online. Namun, setelah menganalisa pasar, YouTube pun beralih menjadi situs berbagi video online.

Siapa sangka, sekarang YouTube bahkan menjadi wadah bagi banyak orang untuk menghasilkan uang pula. Nah, bagaimana sajakah caranya? Yuk, simak cara menghasilkan uang dari YouTube selengkapnya di bawah ini, Toppers!

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Apakah kamu merasa nyaman dan bersemangat saat tampil di depan kamera? Jika iya, mungkin kamu bisa mencoba berbagai cara untuk menghasilkan uang dari YouTube.

Menghasilkan Uang dari YouTube

Pasalnya, terdapat banyak cara yang bisa dilakukan, yakni dengan bergabung YouTube Partner Program (YPP), menjadi influencer di YouTube, dan masih banyak lagi. Untuk lebih detailnya, yuk, baca cara menghasilkan uang dari YouTube selengkapnya di bawah ini!

1. Gabung YouTube Partner Program (YPP)

Partner YouTube Program (YPP) adalah program yang dirancang khusus sehingga memungkinkan kreatornya mendapatkan uang dari berbagai video yang telah diunggah.

Sebagai kreator dalam YPP, kamu bisa memperoleh pendapatan dari iklan.

Selain itu, Toppers juga bisa mendapatkan akses Merch Self (galeri merchandise), Super Chat & Super Stickers, Channel Memberships, hingga YouTube Premium. Namun, perlu diketahui bahwa ada kriteria yang harus kamu penuhi terlebih dahulu.

Kriteria tersebut mencakup:

  • Tinggal di negara/wilayah Program Partner YouTube (YPP) tersedia.
  • Memiliki lebih dari 4.000 jam waktu tonton publik selama setahun terakhir.
  • Memiliki lebih dari 1.000 subscriber.
  • Memiliki akun AdSense yang bisa ditautkan.

Lebih lengkapnya lagi, Toppers bisa mengikuti cara mudah mengaktifkan monetisasi untuk mendapatkan bayaran YouTube di bawah ini:

  • Masuk ke akun YouTube yang ingin kamu monetisasi.
  • Klik ikon untuk akun di sudut kanan atas.
  • Pilih YouTube Studio.
  • Setelah masuk YouTube Studio, pilih “Monetization” di menu sebelah kiri.
  • Baca dan setujui persyaratan YouTuber Partner Program.
  • Buat akun Google AdSense baru, atau hubungkan yang sudah ada. Akun AdSense sendiri digunakan untuk menerima pembayaran
  • Tetapkan preferensi monetisasi.

2. Jualan Merchandise

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan bergabung Partner YouTube Program (YPP), kamu bisa mendapatkan akses galeri merchandise. Melalui galeri tersebut, YouTuber bisa menjual merchandise merek resmi miliknya di YouTube.

Meskipun galeri ini tidak muncul di semua halaman video, tapi nyatanya banyak YouTuber yang telah menghasilkan uang dalam jumlah banyak dari sini. Galeri merchandise sendiri akan menampilkan hingga 12 produk kepada penontonmu di berbagai halaman video channel yang sudah memenuhi syarat.

3. YouTube Premium

Jika Toppers adalah pengguna setia dari YouTube, pasti kamu sudah mengetahui program YouTube Premium, yakni layanan berbayar yang ditawarkan oleh YouTube. Dengan membayar YouTube premium, penonton bisa mendukung content creator favoritnya sekaligus menonton video YouTube tanpa harus melihat iklan.

Nah, jika Toppers sudah terdaftar di YPP, kamu berkesempatan untuk dibayar oleh YouTube pula. Cukup buat konten yang bisa dinikmati pengguna YouTube premium dan kamu akan dibayar berdasarkan seberapa banyak pelanggan yang menonton kontenmu.

4. Fan Funding

Layaknya crowdfunding pada umumnya, kamu juga bisa mendapatkan donasi dari audiens atau penggemarmu di YouTube.

Apabila kamu sudah memberikan konten yang bagus dan audiens menyukai serta mendukung kontenmu, ada kemungkinan bahwa mereka juga dapat secara sukarela memberikan dana untukmu.

Jika sudah mendapatkan pendanaan, sebaiknya kamu juga menawarkan dan berjanji untuk membuat konten video yang lebih baik serta bermanfaat lagi. Dengan demikian, donatur pun merasa tidak sia-sia telah menjadi penggemarmu yang setia.

5. Menjadi Influencer

Influencer marketing adalah salah satu strategi pemasaran online yang kerap digunakan oleh banyak merk ataupun perusahaan. Tidak hanya di media sosial seperti Instagram dan Tiktok, kamu juga bisa menjadi influencer di YouTube, apalagi jika subscribers-mu sudah banyak!

Dari profesi inilah, YouTuber bisa mendapatkan tawaran endorse produk maupun jasa. Jumlah uang yang didapatkan dari endorse ini sebetulnya tergantung dengan kesepakatanmu dengan klien.

Akan lebih baik lagi, jika dari awal, Toppers sudah menetapkan rate card sehingga pendapatanmu dari endorse lebih jelas. Sekedar informasi, rate card sendiri adalah daftar tarif yang ditawarkan oleh influencer kepada kliennya.

6. Menjadi Affiliate Marketer

Tahukah Toppers, bahwa sudah banyak affiliate marketer yang menghasilkan uang ratusan ribu hingga jutaan rupiah per bulannya. Sebagai YouTuber, Toppers juga bisa menjadi affiliate marketer dengan membagikan link dalam video unggahanmu.

Cukup buat konten yang selaras dengan link produk affiliate marketing yang ingin kamu bagikan. Buat konten soft-selling sehingga para penontonmu pun akan merasa percaya dan juga berkeinginan untuk membeli produk atau jasa dari link tersebut. Alhasil, kamu bisa mendapatkan sejumlah komisi dari affiliate marketing tersebut. Ini sangat menguntungkan bukan?

Nah, bagi Toppers yang ingin mencoba affiliate marketingTokopedia Affiliate Program merupakan salah satu program affiliate yang menawarkan komisi paling menarik saat ini!

7. Lisensikan Konten YouTube

Cara mendapatkan uang dari YouTube selanjutnya adalah dengan memberi lisensi konten yang diunggah di YouTube. Ini sangat cocok bagi orang yang bisa membuat video viral dengan daya tarik massal.

Media TV, online, dan pembuat konten lainnya mungkin akan menghubungimu mengenai hak menggunakan video viral tersebut. Bahkan, kamu juga bisa mendaftar videomu di beberapa platform seperti Jukin Media agar konten lebih mudah untuk ditemukan dan dibeli, Toppers.


Nah, itulah berbagai kumpulan cara menghasilkan uang dari YouTube, Toppers. Dari deretan cara di atas, mana yang ingin kamu coba duluan?

Baca juga Artikel Menarik Kami lainya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.