gps tracker
Ahmadi Amrun April 29, 2021

SERABI, JAJANAN KHAS YANG DISUKA SEMUA KALANGAN

Mendekati Pasar, Serabi Pun Kini Difranchiseskan

Bagi kebanyakan orang, Serabi tentu bukanlah jajanan yang asing. Hampir semua orang bisa jadi pernah merasakannya. Ya, karena makanan ini sudah ada sejak berabad-abad silam. Sejak jaman kerajaan dan nenek moyang kita tempo dulu. Entah kapan bermulanya.

Kini jajanan Serabi tampaknya akan dapat dinikmati masyarakat dengan cara lebih mudah dan tetap murah. Dengan konsep gerai, kini serabi tidak harus didapatkan di pasar-pasar tradisional. Namun, serabi bakal bisa masuk ke tempat-tempat modern seperti mall, swalayan, dan tempat-tempat keramaian umumnya. Ini karena sudah ada yang secara kreatif mengemas serabi kraton dalam bentuk waralaba gerai.

“Kami berpikir, serabi ini adalah makanan semua orang. Tidak peduli suku, ras, dan agamanya apa. Juga usia, tua, muda, anak-anak pun suka. Serabi bisa  dimakan dimana saja, di rumah, kantor, acara resmi maupun keluarga, sebagai suguhan serabi tetap bisa menjadi camilan favorit. Artinya, pangsa pasar jajanan ini sangat luas dan tak terbatas. Apalagi dipastikan halal. Dan yang jelas, tidak mengenal musim. Cocok dimakan kapan saja dan di mana saja,” jelas Among Kurnia Ebo, Riyanto Coriel, dan Usman Widodo, trio pemilik waralaba Serabi Kraton.

Sebagai makanan rakyat, sudah selayaknya Serabi juga dekat dan mendekati rakyat. Lebih gampang didapatkan dimana-mana. Itu yang mendasari kenapa serabi ini kemudian dikonsep dalam bentukwaralaba. Cara jualannya dengan gerai-gerai mungil ukuran 150 cm x 60cm yang bisa ditempatkan secara fleksibel di tempat-tempat yang ramai pengunjung dengan kosntruksi  gerai knock down.

“Kami sudah sukses dengan 9 gerai di Yogya. Karenanya ingin kami kembangkan ke kota-kota lain dengan mengajak  masyarakat yang mau bergabung untuk mengembangkan Serabi Kraton di berbagai kota. Kelebihan Serabi Kraton adalah mempunyai 13 varian rasa. Ada rasa original, keju, coklat, pisang, nangka, abon, pandan, nano-nano, tape ketan dan sebagainya. Dengan banyaknya varian itu serabi Kraton memungkinkan untuk memanjakan lidah konsumen semaksimal mungkin.

Harganya juga terjangkau semua lapisan masyarakat, karena hanya Rp1.000 – 1.500 per biji sehingga anak-anak pun bisa membelinya,” jelas Among. Kepada para franchisee, Serabi Kraton ini ditawarkan dengan harga Rp7,5 juta per gerai. Modal yang cukup terjangkau oleh siapapun yang hendak memulai bisnis, apalagi dengan sistem operasional yang sudah jelas dan pangsa pasar yang sudah pasti. Gerobak itu sudah termasuk 24 item peralatan di dalamnya. Mulai kompor, tungku, elpiji, ember, tampah, sampai suthil dan peraalatan yang kecil-kecil lainnya. Pokoknya, begitu gerai datang, karyawan detraining 2 hari sampai mahir, gerai sudah bisa dibuka melayani konsumen,” tambah Riyanto. Khusus untuk masa promo bulan ini, per tiga gerai ditawarkan hanya Rp 20 juta. Analisa usahanya dengan tiga gerai tersebut maka keuntungan bersih per bulannya rata-rata mencapai Rp 6 juta.

Yang menarik adalah masa BEP (Break Event Point) dari usaha gerai Serabi Kraton ini terhitung sangat singkat. Paling cepat 3 bulan, paling lama 6 bulan. Perhitungannya diambil dari omset gerai setengah hari rata-rata 2,5 kg menghasilkan omset 250 ribu, sehingga satu bulan mencapai Rp 7.5 juta. dari omset tersebut, keuntungan bersihnya mencapai 1,8 juta. Sehingga dalam rata-rata empat bulan saja, modal sudah kembali utuh.

Artinya, sebagai sebuah jenis usaha atau bisnis, Serabi Kraton sudah punya merek terdaftar di Dephukham RI,  sehingga selain dapat
dijalankan dengan nyaman dan aman karena secara payung hukumnya kuat, ini juga merupakan ladang bisnis yang cukup prospektif serta aman. Modalnya tidak terlalu besar, apalikasinya mudah, mendapatkan training dan supervise rutin dari pemilik waralaba, bisnisnya tidak mengenal musim, sementara keuntungannya cukup menggiurkan.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang Serabi Kraton dan prospeknya sebagai sebuah usaha bisnis, tidak perlu bingung mendapatkannya. Mereka pun sudah mempunyai website sendiri. Anda bisa buka di www.serabikraton.com. Bisa juga datang langsung ke dapur produksinya di Jl Waringin 6 Geplakan, Banyuraden, Gamping,  Sleman, Jogjakarta. atau telepon saja ke hotlinenya (0274) 7167070 dan 0819 0424 0282

“Lewat Serabi Kraton ini, kami juga ingin berperan dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat bawah lewat bisnis kuliner tradisional yang keberadaannya juga harus kita lestarikan. Jadi, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampau. Ya bisnisnya, ya misi sosialnya, ya melestarikan tradisinya. Apalagi modal awalnya sangat terjangkau. Target kami, nantinya di semua kota di Indonesia akan ada gerai Serabi Kraton. Sekarang sudah ada di 16 kota. Oke bukan?,”  tandas Among Kurnia Ebo.***

ANALISA USAHA PER GERAI SERABI KRATON
PEMASUKAN
Omset minimal per hari (2 kg) Rp 250.000
Omset per bulan Rp 7.500.000

PENGELUARAN
Pembelian Bahan Baku (27%) Rp 2.025.000
Gaji & Komisi Pegawai (15%) Rp 1.125.000
Sewa Lokasi Gerai (4%) Rp 300.000
Biaya Operasional (22%) Rp 1.650.000
Penyusutan peralatan (2%) Rp 150.000
Operasional Lain-lain (5%) Rp 375.000

KEUNTUNGAN BERSIH PER BULAN
Minimal 25 % atau Rp 1.875.000

jika punya 3 Gerai keuntungan yang didapat sekitar Rp 5-6 jutaan.
*bUKANYA HANYA JAM 4 SORE SAMPE 8 MALAM

OUTLET2 SERABI KRATON;
KUDUS ; Alfamart Jl Sunan Muria, 0813 2671 8799
SUKABUMI, samping BCA Jl A Yani, 0856 5957 2855
BOGOR, samping S Wall Pemda, 0813 1466 0384.
PONOROGO, swalayan MAKO Juanda, 0813 2800 2596…
PURWOKERTO ; alfamart Jl Bunyamin, 0858 6979 3524.
SEMARANG; jL Jangli Tlawah, 0815 760 8966
KUDUS ; Alfamart Jl Sunan Muria, 0813 2671 8799
KEBUMEN; pojok alun-alun pemda, 0817288444
KUTOWINANGUN : indomaret Kutowinangun, 087837591122
MAGELANG ; Indomart Jl majapahit, 085643207697

PREMBUN ; indomaret Prembun, 0878 37591122
BANJARNEGARA; pojok alun-alun Pemda, 0852271 66656
AJIBARANG ; pojok alun-alun, 0857265 66608
PURBALINGGA ; swalayan Kandanggampang, 081228234700
SURABAYA : Endra, 0813 3000 5018
dan dalam persiapan launching di kota-kota sbb:
Jombang, Mojokerto, Batu, Sidoarjo, Pati, Depok, Pacitan, Purworejo,
Ungaran, dan Prambanan Klaten….

MOHON DOASEMUANYA agar SRABI KRATON
SEMAKIN MEKROK MAJU BERSAMA

info franschise: 0274- 716 707
HP 0819 0424 0282 MAS RIAN
www.serabikraton.com

67 thoughts on “Serabi Pun Kini Difranchiseskan

  1. Betul-betul bisnis yang merakyat. Modal terjangkau, harga terjangkau, dan rasa serabinya menyentuh segala selera rakyat. Semoga bisnis yang merakyat ini tetap selalu merakyat, terutama harganya.

  2. Selamat sore dan saya ucapkan salam-salam kepada saudaraku disana. Mohon dengan kedamaian hati, saya persembahkan KB-nya D3pd untuk semua teman-teman blogger. Terima kasih, salam D3pd 😀

  3. saya sudah lihat di Indo maret. walau tak serame franchise “mister burger” setidaknya masih ada beberapa pelanggan yang membelinya.

  4. wah makanan gue dulu waktu kecil setiap pagi sehabiz subuh langsung ngantri membeli serabi kini denger kata serabis disini jadi ingin mencicipinya kembali..hmmmm

  5. Wah memang tuh Serabi di SOlo juga dah ada frenchise juga…
    Emang kalo segala bisnis di tekuni akan jadi suatu kesempatan Emas…

    Gede juga ya Frenchisenya… Keren dehh

  6. sebelum di franchise kan, harus ditonjolkan dulu apa kelebihan nya dibanding serabi-serabi lain baik itu rasa , kemasan, atau pelayanan. apalagi kue itu kata dia “makanan semua orang” yang berarti banyak diminati = banyak dijual .

    Tapi cerita soal tella tella : franchise singkong goreng boleh jadi acuan sih 😀

  7. Big Burger : murah, enak : beef burger-nya cuma 6000, dagingnya tebel banget
    Jogja : Giant Supermarket seberang bioskop XXI jl. solo, Colombo sebelah UPN, jl. Demangan Baru ( seberang Mister Burger), Seturan deket STIE depan futsal Forza, Magistra Timoho, Taman Pintar, dekat perempatan Ahmad Dahlan ( sebelah sekolah Muhamadiyah)

    Semarang banyak, yg sy tau di Mal Ciputra – Simpang Lima, dipojokan ( dekat Mister Burger )
    Tasik di jl Siliwangi, info-nya segera buka di Kudus, Balikpapan, Samarinda, Jakarta, Solo.

    Biaya : Jogja/Semarang: 10jt, Solo/Magelang 12jt, luar kota 15jt.

    Hub aja P.Abiyan : 0818.0400.2800

    1. Saudaraaku Zara, Beriklan lewat komentar seperti ini sepertinya kurang asiik….
      Justru saya menawarkan untuk njenengan, kalo mau usahanya saya tampilkan di situs ini, buatlah press rilis seperti model serabi kraton ini, lalu hubungi saya via email atau telepon saya di 081229877757 agar saya muat dengan editing seperlunya….
      Biaya? Terserah anda..nah enak toh? Tersera mau ngasih berapa..seribu perakpun saya terima sebagai donasi untuk web ini……
      Mantap kan?

  8. kemarin2 tmn sy nawarin bisnis serabi keraton,krn cukup murah modalnya cuma 7,5 juta…tapi saya agak ragu soalnya belum kenal bgt, mudah2an prospekny bagus spy sy bs ambil keputusan, mksh infonya 🙂

  9. saya tertarik… kebetulan saya lg pingin mulai belajar bisnis… n saya suka serabi…tp pikir” dulu coz msh ragu ni…

  10. A.Wr. Di Aceh belum ada yang menjual SERABI, kalo ada pengusaha yg pengen masuk Banda Aceh ini saatnya. Banda Aceh dan ACEH menunggu. terima kasih

  11. Dear Mr,

    Apakah di daerah cilacap saat ini sudah ada?
    Dan klo untuk membeli bahan baku pembuatannya agak sulit?

      1. Saya tertarik sudah hubungi nomor HP pak rian tapi katanya salah
        Telp jogja juga sibuk terus
        Saya dari jakarta apakah bisa?

  12. klo mw ikt gabung untuk usaha ini bagaimana yaa??
    saya trtarik sekali dngn usaha ini..
    mohon bantuan..
    thx 4 all..

    1. silahkan dihubungi bos, diatas ada kontak personalnya…….
      kampung wirausaha sebagai wadah penyampai saja Gan……silahkan bernegosiasi sendiri ya?

    1. apa sih yang tidak mungkin? apalagi untuk bos Addy…..
      silahkan ke webnya atau telepon langsung kontak personnya, kampung wirausaha hanya sebagai wadah…..

  13. saya tertarik dg bisnis Serabi Kraton, sy baru saja purna bhakti memang ingin bisnis yang tdk jelimet tapi aman dan bisa memberi keuntungan yang menyenangkan.
    sy tinggal di komplek perumahan yg sdh dikenal di bogor, dipinggir jalan besar (jalan raya komplek), serabi kraton akan menjadi pertimbangan saya utk berbisnis krn sy lihat di bogor blm ada yg buka counter, wassalam

  14. jujur…saya tertarik, kebetulan saya tinggal di cimahi yg notabene deket bandung yg sdh ada surabi imut & surabi enhai, tapi pasti dari DIY, Jateng/Jatim pasti punya rasa yg berbeda. Gimana cara beli franschisenya?

  15. saya jg trmasuk penghobi srabi,dan udh lm pengen punya toko jajanan termasuk serabi…posisi saya skrng d kaltim tepate bontang, kira2 apa saya bs ikut mengembangkan bisnis bapak disini.?makasih.

  16. Jajanan Serabi dengan sajian lebih variatif dan mudah dijangkau baik dr segi tempat maupun harga cukup menjanjikan terlebih makanan ini sangat digemari dan bahkan sulit ditemukan.

    Bgm proses pengajuan u bergabung, saat ini sy berada di Kota Makassar, apa dr pihak pemegang lisensi melakukan survey lapangan sebelumnya.
    mohon info via email.
    makasih

  17. saya tertarik dg bisnis Serabi Kraton, memang ingin bisnis yang tdk rumit tapi aman dan bisa memberi keuntungan yang menyenangkan.
    sy tinggal di tangerang serabi kraton akan menjadi pertimbangan saya utk berbisnis, mohon info via e-mail saya wassalam herman terima kasih .(Quote)

  18. serabi kraton?? apa sama aja dng serabi notosuman ya?? mantaappzz, jd ide bisnis nih, apalagi d luar jawa, kalo utk d luar jawa, d curup-bengkulu, brp ya francaise-nya??

  19. saya lmyn tertarik..disemarang masih jarang kayanya
    modalnya jg ga gede..pgn deh nyoba..
    no yg bisa dihub brapa ya..??

  20. mau tanya, kalau kita di luar kota, bahan bakunya bagaimana ? apakah dikirim dari yogya atau kita menyediakan sendiri ? Trims

  21. Bersama ini saya tertarik mengenai serabi notosuman khususnya dalam hal waralaba. Dan untuk mendapatkan informasi waralaba ini saya harus menghubungi siapa dan apa saja persyaratannya.

    Demikian perkenalan dari saya dan untuk selanjutnya saya membutuhkan informasi yg jelas.

    Cirebon, 10 Maret 2012

    Andi Purwanto

  22. Mohon info lebih jelas untuk waralaba serabi Kraton:
    _ Investasi Awal ?
    -Isi Paket Inves awal
    -cara pesan bahan
    -tata cara bergabung sbg mitra

    saya bermaksud membuka di Denpasar

    Terimakasih

  23. mohon kesediaannya untuk mengirim proposal kemitraan via email .. 🙂
    dan kalau saya membuka gerai di Medan, apakah training akan dilaksnakan di medan atau saya yang datang ke sleman ..,
    makasiih sebelumnya ..

  24. Saya irwan dari banjarmasin mohon petunjuk kalo sy mau buka gerai dikota saya banjarmasin gimana ya Bu / Pak demikian yg mau sy tanyakan trima kasih sebelumnya

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.